6 Bahan Alami Untuk Pembersih Rumah

Sekarang kan gaya hidup back to nature lagi trend banget ya….., nah gimana kalau kita gunakan bahan-bahan alami ini untuk urusan bersih-bersih rumah.

1. Lemon

6 Bahan Alami Untuk Pembersih Rumah - Mommies Daily

Kandungan asam di dalam jus lemon dapat menghilangkan kotoran serta noda karat. Akan semakin efektif jika dicampur dengan garam. Bisa digunakan untuk membersihkan:

a. Talenan: Tuang perasan lemon di atas permukaan talenan yang kotor, gosok lalu diamkan selama 20 menit sebelum kemudian dicuci.
b. Piring/gelas kotor: Tambahkan satu sendok teh perasan lemon ke dalam sabun cuci piring.
c. Tempat sampah: Iris lemon kemudian sebar di dalam kantong sampah. Ini bisa mengurangi aroma tidak sedap.
d. Laundry: Untuk mencerahkan pakaian berwarna putih, tambahkan ½ cup perasan lemon ke deterjen pencuci.

2. Minyak Goreng

6 Bahan Alami Untuk Pembersih Rumah - Mommies Daily

Minyak goreng dengan plant-based oils, seperti minyak zaitun atau bunga matahari, ampuh mengusir kotoran, mengurangi goresan serta melempabkan kayu yang sudah mulai mengering. Bisa digunakan untuk membersihkan:

a. Sepatu berbahan kulit: bersihkan kotoran dengan sponge basah, lalu pada sehelai kain lembut berikan satu tetes vegetable oil untuk menggosok bagian-bagian yang lecet. Sepatu kulit pun akan mengilap kembali.
b. Furnitur berbahan rotan dan anyaman: Untuk mencegah furniture berbahan rotan dan anyaman menjadi kering dan cracking, secara perlahan sikat dengan menggunakan lap kain yang sudah diteteskan vegetable atau sunflower oil. Sebelumnya, panaskan minyak di atas kompor agar lebih mudah diaplikasikan.
c. Permukaan berbahan stainless-steel: Agar tetap mengilap, sikat dengan kain yang sudah dibasahi dengan olive oil.
d. Furniture kayu: Campur 2 cups olive oil dengan perasan satu buah lemon, lalu tuang ke kain lembut untuk mengelap bekas-bekas goresan halus.

3. Cuka

6 Bahan Alami Untuk Pembersih Rumah - Mommies Daily

Bumbu dapur yang satu ini dapat menyingkirkan noda, bekas sabun, dan banyak lagi. Dari semua pembersih berbahan alami, cukalah juaranya. Bisa digunakan untuk membersihkan:

a. Mesin pencuci piring: Sebagai disinfektan, tuang ½ cup cuka ke dalam mesin dan operasikan mesin dalam keadaan kosong.
b. Lantai: Tambahkan ¼ cup cuka ke dalam satu ember berisi air hangat untuk membersihkan berbagai jenis lantai kecuali lantai marmer atau kayu.
c. Barang pecah belah: Tambahkan satu cup cuka ke dalam air cucian.
d. Jendela: Campur ¼ cup cuka, 2 cup air dan sabun cair ke dalam spray bottle. Semprotkan ke jendela lalu lap dengan menggunakan lembaran koran.

4. Baking dan Washing Soda

6 Bahan Alami Untuk Pembersih Rumah - Mommies Daily

Baking soda a.k.a sodium bicarbonate masih sodaraan dengan washing soda alias sodium carbonate, dua-duanya menyerap bau. Namun, karena washing soda lebih keras, pastikan kita menggunakan sarung tangan karet. Bisa digunakan untuk:

a. Peralatan berkebun: Rendam berbagai macam sikat, pemangkas, gunting kebun dan teman-temannya. Keringkan di area yang terkena panas matahari. Namun jangan gunakan washing soda untuk peralatan yang terbuat dari aluminium.
b. Peralatan memanggang dan barbecue: Untuk menghilangkan noda, gosok dengan washing soda.
c. Cangkir the atau kopi yang memiliki bekas-bekas teh dan kopi: Isi dengan baking soda serta air, dengan perbandingan 1:2, lalu diamkan semalaman, gosok dengan sponge lalu keringkan.

5. Pasta Gigi

6 Bahan Alami Untuk Pembersih Rumah - Mommies Daily

Kombinasi antara mild abrasive, detergent dan anti bacterial membuat pasta gigi menjadi penghilang noda yang ampuh. Gunakan untuk membersihkan:

a. Benda-benda berbahan acrylic: Tuangkan pasta gigi di atas sikat gigir dan sikat hingga noda berkurang. Lalu lap dengan kain.

6. Garam meja

6 Bahan Alami Untuk Pembersih Rumah - Mommies Daily

Tekstur garam yang berupa butiran-butiran sangat sempurna untuk menggosok. Garam meja, garam laut, semuanya bisa digunakan. Namun tentu saja garam meja lebih murah daripada garam laut. Bisa digunakan untuk membersihkan:

a. Pecah belah: Garam tidak akan menimbulkan goresan di peralatan pecah belah Anda. Untuk menghilangkan noda membandel, tambahkan ekstra garam dalam sabun cuci Anda.
b. Meja kayu: Percikkan permukaan meja untuk menyerap kotoran sebanyak mungkin. Tunggu sekitar satu jam lalu sikat bersih garam-garam tersebut.


Post Comment