Now Reading
Tips Bersihkan Rumah Setelah Selesai Isoman

Tips Bersihkan Rumah Setelah Selesai Isoman

Bagaimana cara yang aman membersihkan rumah setelah isoman agar virus corona tidak tertinggal di ruangan? Berikut langkah-langkahnya. 

Pasien COVID-19 dengan gejala ringan, diperbolehkan untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) selama beberapa hari di rumah. Ini dilakukan untuk menghindari penumpukan pasien di rumah sakit.

Aturan isoman yang paling utama adalah anggota keluarga yang positif COVID-19 harus dipisahkan di ruangan tersendiri agar tidak menularkan virus. Bahkan, ketika isoman sudah selesai, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menghilangkan jejak-jejak virus.

Berikut langkah-langkah membersihkan rumah setelah digunakan untuk isoman:

Siapkan peralatan

Sebelum membersihkan rumah, sediakan dulu peralatan yang dibutuhkan. Mommies mungkin perlu masker, sarung tangan, dan kacamata, untuk melindungi diri dari paparan virus. SARS-CoV-2 diketahui bisa menular melalui droplet atau cipratan air liur dan bisa bertahan beberapa waktu di udara dalam kondisi tertentu.

Selain yang sudah disebutkan di atas, peralatan lain yang harus disediakan adalah kain lap, tisu, pembersih ruangan dan cairan disinfektan.

BACA JUGA: INFOGRAFIK: To Do List untuk Pasien COVID-19 yang Isoman

Sirkulasi udara yang baik

Pastikan rumah dan ruangan yang ingin dibersihkan mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Mommies bisa membuka pintu dan jendela dengan agak lebar. Diamkan selama beberapa waktu agar terjadi perputaran udara di dalam rumah. Mommies juga bisa menyalakan kipas angin untuk membantu meningkatkan aliran udara.

Pilah sampah dan buang barang yang tidak perlu

Pisahkan sampah dari ruangan yang digunakan untuk isoman dengan yang lainnya ya, Mommies. Jangan lupa menggunakan masker dan sarung tangan saat memilah sampah-sampah tersebut. Jika ada barang bekas isoman yang dirasa tidak perlu dipakai lagi, Mommies bisa membuangnya sehingga mengurangi risiko paparan virus.

Foto dari sini

Bersihkan permukaan benda

Virus corona memang cenderung menular lewat droplet, tetapi ada kemungkinan itu akan menempel di permukaan benda yang ada di rumah. Oleh sebab itu, batasi kontaminasi dengan membersihkan permukaannya. Gunakan air yang dicampur dengan sabun atau cairan disinfektan yang ampuh membunuh virus. Fokus kepada permukaan yang sering disentuh seperti gagang pintu, meja, kursi dan sakelar lampu.

Cuci baju secara terpisah

Jangan campur pakaian yang digunakan saat isoman dengan cucian anggota keluarga lainnya. Baju kotor tersebut juga sebaiknya direndam dengan deterjen dan air hangat terlebih dulu selama beberapa waktu. Oh iya, waktu memisahkan dan mencuci baju ini, tetap gunakan masker ya, Mommies.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Layanan Homecare Covid di Jabodetabek

Perhatikan waktu membersihkan ruangan

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan cara membersihkan ruangan yang disesuaikan dengan waktu. Kurang dari 24 jam, gunakan masker saat memasuki ruangan, buka jendela, nyalakan kipas angin untuk sirkulasi udara, dan bersihkan permukaan barang dengan disinfektan secara teliti.

Selanjutnya, bersihkan lagi kamar antara 1-3 hari setelah pasien sembuh. Namun, pada tahap ini, rumah tidak perlu di-disinfektan lagi. Bersihkan permukaan dengan lap dan cairan sabun biasa sudah cukup.

Setelah 3 hari, tidak diperlukan pembersihan tambahan (seperti membersihkan rumah sehari-hari saja). Ruangan pun sudah bisa digunakan kembali.

Bersihkan alat elektronik

Selain permukaan benda, jangan lupa juga untuk membersihkan alat elektronik yang digunakan selama isoman. Misalnya seperti ponsel, remote TV dan AC, laptop, dan yang lainnya. Direkomendasikan untuk membersihkannya dengan cairan disinfektan. Namun, perhatikan juga kandungannya dan pastikan tidak akan merusak alat elektronik.

Menggunakan jasa disinfektan

Jika Mommies tidak memiliki waktu untuk membersihkan ruangan isoman atau khawatir terkait keamanannya, Mommies bisa menggunakan jasa disinfektan. Tenaga profesional ini akan membuat rumah Mommies kembali bersih dan bebas virus. Jika tertarik meminta bantuan jasa disinfektan, simak rekomendasinya di sini!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top