Now Reading
8 Rekomendasi Air Purifier dengan HEPA Filter yang Ampuh Bunuh Virus Covid-19 Mulai dari 400 Ribu!

8 Rekomendasi Air Purifier dengan HEPA Filter yang Ampuh Bunuh Virus Covid-19 Mulai dari 400 Ribu!

Dhevita Wulandari

Air purifier dengan HEPA filter menjadi salah satu produk “must have” untuk mematikan virus Covid-19 dan memurnikan udara di dalam rumah.

Berdasarkan penelitian terbaru dari Centers of Disease and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit yang berbasis di Amerika Serikat, air purifier dengan HEPA filter dapat mengurangi risiko penularan Covid-19 melalui partikel aerosol hingga 65 persen. Apabila penggunaan HEPA Filter ditambah dengan penggunaan masker di dalam ruangan, maka efektivitas mengurangi aerosol Covid-19 dapat mencapai hingga 90 persen.

HEPA (High Efficiency Particulate Air) adalah standar efisiensi filter udara yang bekerja dengan menyaring debu dan partikel lain yang terdapat di udara. Juga dikenal sebagai filter penyerap dan filter penahan partikel dengan efisiensi tinggi, penggunaan air purifier dengan HEPA filter di dalam ruangan menjadi salah satu langkah untuk mencegah penularan Covid-19. Pemilihan air purifier dengan HEPA filter pun harus memperhitungkan dan menyesuaikan luas ruangan.

Air purifier dengan HEPA filter bukanlah hal baru di Indonesia karena sudah banyak dijual bebas dan mudah didapatkan.

Berikut rekomendasi Air Purifyer dengan HEPA Filter

  1. LEKA AP8000 Super Air Purifier – HEPA13 Filter UVC Ion Negatif HEPA UV

Leka AP8000 Super Air Purifier mampu membunuh 99,97% bakteri, kuman, dan virus dengan True HEPA13 filter UV C dan ion negatif yang membuat udara lebih segar. Air purifier ini terbukti mampu menyaring partikel halus, debu, bulu hewan peliharaan dan menghilangkan asap sehingga keluarga aman terlindungi serta cocok sekali untuk orang yang memiliki alergi dan asma. Memiliki smart sensor yang dapat mendeteksi suhu ruangan, kecepatan kipas yang dapat disesuaikan, dan terdapat remote control untuk bisa mengoperasikan alat dari jarak jauh. Ketika digunakan alat ini tidak berisik dengan hanya 30db dan mampu menjangkau ruangan hingga 50 m2. Alat ini juga dapat digunaan hingga 30 jam dengan hanya 1 kwh.

Harga: Rp 2.129.900

2. LG PuriCare™ 3600 Air Purifier


Tersedia dalam 4 jenis, semua rangkaian LG PuriCare™ 3600 Air Purifier sudah memiliki lapisan True HEPA filter yang mampu menangkap 99,97% bagian dari partikel dengan ukuran minimum 0,3, menangkap debu halus, debu ultra-halus dan allergen. Lapisan filter penghilang baunya dapat menghilangkan bau dari karbon aktif, kabut asap, dan bahan kimia di udara. Sesuai dengan namanya, pemurnian udara dilakukan dengan metode 3600 yang unik dan mampu menjangkau tempat bayi dan anak-anak sehingga memberikan udara bersih saat mereka beraktivitas.

Terdapat alarm yang bisa disambungkan ke smartphone yang akan memberitahu pengguna saat tiba waktunya untuk membersihkan dan mengganti filter. Aman juga untuk diletakkan dan digunakan di ruangan yang ada bayi karena sudah memiliki child lock untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan ataupun perubahan pengaturan yang tidak disengaja.

Kisaran harga: Rp 13.409.000

3. Philips Air Purifier AC1215/20

Air Purifier dari Philips ini memiliki Vitashield IPS dengan desain aerodinamis dan Filter NanoProtect Pro yang dapat menghilangkan partikel ultra-kecil hingga 0,02m secara efektif dan mampu menyaring gas berbahaya seperti formaldehida dan TVOC. Pemurnian udara dengan alat ini dapat digunakan di ruangan dengan luas maksimal 63 m2.

Dengan daya 50 watt, keunggulan lain air purifier ini adalah mesinnya yang tidak berisik (hingga 35db) pada sleep mode dan punya night sensing mode konstan yang memonitor kualitas udara kamar tidur. Terdapat indikator kualitas udara real-time yang akan berubah menjadi biru ketika kualitas udara baik, hingga dapat berubah menjadi merah jika kualitas udara buruk.

Aman diletakkan di ruangan yang ada anak kecil karena sudah memiliki mode child lock untuk mencegah perubahan pengaturan yang tidak diinginkan.

Kisaran harga: Rp 3.799.000 (saat ini sedang turun harga e-commerce)

4. Samsung AX60R Air Purifier with 3 Way Airflow

Dapat menjangkau area ruangan yang lebih luas dan memurnikan udara lebih cepat, Samsung AX60R air purifier ini memiliki kipas dengan daya distribusi udara yang cepat menggunakan aliran udara 3 arah dan mampu menghilangkan bau karbon aktif, gas berbahaya, dan debu berukuran 0,3 µ֋ hingga 99,97%.

Terdapat roda tersembunyi yang memudahkan air purifier untuk dipindahkan dengan cara didorong atau ditarik ke lokasi yang membutuhkan pembersihan udara lebih intensif dan 4 indikator warna yang dapat mengidentifikasikan indikator kualitas udara.

Semakin canggih dengan aplikasi SmartThings yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol air purifier dari jarak jauh dengan menggunakan smartphone. Aman untuk digunakan di rumah dengan anak kecil karena ada mode child child lock untuk mencegah perubahan pengaturan yang tidak disengaja dan ada pengatur waktu untuk menjadwalkan on/off sehingga dapat menghemat listrik.

Selain AX60R Air Purifier with 3 Way Airflow, Samsung juga punya AX40R DLX Air Purifier with Air Sensing Light yang juga sudah dilengkapi HEPA filter.

Kisaran harga saat ini: Rp 3.299.999

5. Sharp FP-G50Y-W HEPA Filter Air Purifier

Teknologi Plasmacluster dari Sharp telah terbukti efektif dalam mencegah virus dan membuat udara jadi lebih jernih dan sehat. Selain dapat menjernihkan udara, air purifier dengan HEPA filter dari Sharp ini juga dapat menghilangkan jamur, virus, dan bakteri di udara, serta menghilangkan bau yang berasal dari asap rokok, bau hidangan, hingga bau binatang peliharaan.

Ion Plasmacluster yang terdapat pada alat ini memiliki kesamaan dengan ion positif dan negatif dengan yang ada di alam, dikelilingi oleh molekul-molekul air dan dilepas ke udara sehingga mampu mengurangi energi listrik statis, mencegah serbuk-serbuk sari, dan juga mempercantik kulit dari molekul-molekul air yang dihasilkan oleh PCI. Sharp juga memiliki beberapa air purifier lainnya yang sudah terdapat HEPA filter seperti FP-F30Y-A/C/H, FP-J30Y-B/P/A, FP-J30Y-B with Mosquito, dan FP-J40Y-B with Mosquito.

Kisaran harga: Rp 2.198.000

6. Kangaroo Air Cooler KG50F58
Dilengkapi dengan fitur pendingin ruangan, air purifier dengan HEPA filter dari Kangaroo ini telah melalui teknologi penyaringan elektrostatik dan ionisasi sehingga penyaringan HEPA akan lebih efektif menyaring partikel yang lebih halus dibandingkan dengan air purifier biasa. Kangaroo Air Cooler KG50F58 punya 3 mood angin yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna, dapat dijalankan dengan remote control, safety, dan hemat listrik.

Kisaran harga: Rp 1.201.000

7. Mi Air Purifier 3C

Mi Air Purifier 3C memiliki inti filter tiga lapis yang sangat efisien dengan filter True HEPA dan dilengkapi sistem sirkulasi saluran udara 3600. Alat ini bekerja dengan kecepatan tinggi yang berfungsi membersihkan dan menghasilkan udara bersih yang tahan lama sampai 99,99%. Selain itu, air purifier dari Xiaomi ini juga dapat secara efektif menghilangkan partikel PM2.5, bakteri, virus, serbuk sari, formaldehida, bau, dan mampu menjangkau ruangan dengan luas 106 m2. Layar LED digital yang telah disempurnakan dapat menampilkan informasi real-time yang akurat untuk kadar partikel, status Wi-Fi, dan mode pengoperasian. Tersambung dengan aplikasi Mi Home/Xiaomi Home + AI voice yang dapat membantu mengontrol pemurni udara dari jarak jauh, mengatur waktu menghidupkan dan mematikan, dan tentunya menjaga kualitas udara dalam ruangan sepanjang waktu.

Harga: Rp 1.649.000 .

Tersedia juga filter ganti yang sudah dilengkapi dengan filter True HEPA dan compatible dengan Mi Air Purifier 3C dengan harga Rp 399.000

8. LEKA AP7705 Portable Air Purifier Mini HEPA Filter Ion Negatif Anion

Ringan, praktis, bisa digunakan di dalam mobil dan dibawa sambil beraktivitas, LEKA AP7705 Portable Air Purifier Mini HEPA Filter Ion Negatif Anion dengan ukuran mini ini mampu membersihkan udara di sekitar dan efektif menyaring 99% kuman, bakteri dan virus di udara dengan jangkauan area 5 m2. Efektif juga menyaring PM2.5, HCHO, debu, serbuk sari, asap, bau tidak sedap, penyebab alergi dari jamur dan bau hewan sehingga cocok digunakan pada penderita asma dan alergi, serta cocok digunakan di kamar tidur, ruang tamu, dan kamar anak. Pengoperasian air purifier ini sangat mudah, bisa menggunakan socket atau usb mobil, powerbank, laptop, dan PC.

Harga: Rp 299.900

BACA ARTIKEL LAIN TENTANG REKOMENDASI:

Rekomendasi Slow Cooker Untuk MPASI dengan Harga Terjangkau

Rekomendasi Aplikasi Menyusui

Photo by Mor Shani on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top