Ini Dia Strategi Menghadapi Teman yang Menghambat Karier

Kalau karier terhambat bukan karena salah kita, itu rasanya dongkol maksimal deh. Apalagi kalau penyebabnya karena rekan kerja. Iya, rekan kerja yang nggak senang melihat karier kita berkibar. Gimana cara menghadapinya?

Kalau karier kita mandeg karena kinerja kita yang nggak bagus, mungkin kita nggak terlalu kesal-kesal amat ya. Beda cerita kalau yang menjadi penyebab karier kita jalan di tempat adalah kehadiran rekan kerja yang nggak rela banget melihat kita melesat dan menanjak kariernya. Kalau ketemu rekan kerja macam ini bawaannya ingin menghempaskan aja, nggak sih :D.

Model rekan kerja yang begini bisa bermacam-macam sih. Ada yang mungkin menyebarkan hal-hal buruk tentang Mommies kepada rekan kerja lain, atasan atau manajemen. Alias orang-orang yang bermuka dua!

Ini Dia Strategi Menghadapi Teman yang Menghambat Karier - Mommies DailyImage: www.ecaformacion.com

Model lainnya yang bisa menghambat karier adalah yang hobi “mengucilkan” kita dari pertemanan. Namun ada juga yang berani terlibat konflik secara terbuka dan melakukan berbagai cara untuk menghalangi kemajuan kita.

Baca juga: Banyak Intrik di Kantor? Nggak Perlu Takut

Ada beberapa strategi yang bisa kita lakukan untuk mengatasi situasi ini.

  1. Bicara langsung

Berbicara langsung dengan rekan kerja yang menghambat karier kita. Jika memang pernah terjadi konflik, maka ada baiknya masalah ini dapat diselesaikan. Ajukan keberatan yang selama kita rasakan. Sampaikan dengan kalimat yang sopan dan cara yangsantun. Bisa saja, rekan kerja kita melakukan hal ini tanpa sadar. Seringkali masalah komunikasi dan perbedaan persepsi yang tidak terselesaikan menjadi akar masalah yang semakin membesar jika dibiarkan saja.

  1. Berikan bukti nyata

Ada banyak faktor yang menentukan perjalanan karier kita di kemudian hari. Persepsi atasan dan manajemen terhadap prestasi dan reputasi kerja kita juga sangat menentukan. Sedapat mungkin kita harus menjaga reputasi tetap positif di mata mereka yang berwenang untuk menentukan karier kita. Hasilkan prestasi terbaik, jalin komunikasi positif dengan atasan, juga bagian SDM dan top manajemen. Ciptakan branding yang kuat di mata mereka sehingga hambatan karier dari rekan kerja tadi dapat diatasi. Seburuknya-buruknya hambatan yang diciptakan bisa dikalahkah dengan prestasi dan bukti nyata kontribusi kita bagi perusahaan.

Baca juga: 5 Tipe Rekan Kerja yang Membantu Anda Mengembangkan Karier

  1. Berteman dengan siapa saja

Sedapat mungkin jalinlah pertemanan dengan banyak orang. Dengan demikian kita dapat dengan cepat mendeteksi hambatan karier yang diciptakan oleh rekan kerja. Dengan networking yang luas maka banyak orang akan membantu kita dengan memberikan masukan, umpan balik yang positif dan bahkan “update” tentang berita miring seputar diri kita. Kalaupun hambatan sudah menjadi sangat menganggu dan destruktif maka networking bisa menjadi jaring pengaman yang menyelamatkan karier kita ke depan. Kita bisa bergerak, dan move on dari lingkungan kerja yang kurang kondusif dengan memanfaatkan pertemanan.

Baca juga: Alasan Kenapa Perlu Basa Basi di Lingkungan Kantor

Artikel ini ditulis oleh: Billy Latuputty Psi., LCPC, Professional Career Coach dari Experd Consultant


Post Comment