Now Reading
5 Aplikasi Masa Kini untuk Bikin Materi Presentasi

5 Aplikasi Masa Kini untuk Bikin Materi Presentasi

RachelKaloh

Biar materi presentasi Mommies nggak membosankan, cobain 5 aplikasi berikut ini!

Presentasi adalah salah satu cara menyampaikan informasi. Namun, bagi sebagian orang, presentasi adalah momen “jualan”, alias meyakinkan calon klien supaya bisa jatuh cinta dengan strategi yang disampaikan dalam bentuk presentasi. Oleh karena itu, materi presentasi wajib dibuat se-kece mungkin supaya yang menyimaknya tidak mudah bosan. Sekarang ini, makin banyak aplikasi yang bisa digunakan supaya tampilan presentasi Mommies lebih dinamis dan menarik. Tentunya, dari segi look dan mood yang disajikan juga mengikuti tren masa kini. Cobain, ya!

Canva

Sudah familiar, dong, sama aplikasi yang satu ini? Tepatnya, aplikasi inilah yang membantu para creator di Instagram dalam membuat konten. Iya, termasuk konten microblog yang berisi teks panjang tapi enak buat diikutin itu, lho, yang sering banget Mommies temuin kalau lagi scrolling di IG.

Selain menawarkan ratusan desain dan elemen (gambar maupun icon pendukung) yang dapat dipakai secara gratis, Canva termasuk aplikasi yang sangat user friendly alias mudah digunakan. Bahkan, tampilannya jauh lebih sederhana dari Power Point maupun Adobe Ilustrator, tinggal pilih aja mau masukkin apa ke dalam materi presentasi. Nggak punya waktu buat bikin dari nol? Tinggal pilih free templates yang kira-kira paling sesuai dengan isi materi. 

Google Slide

Saya yakin sekarang ini sudah banyak sekali pengguna Microsoft Office yang beralih ke aplikasi andalan Google, seperti Google Docs, Google Sheets dan Google Slides. Ya, nggak semua, sih, karena beberapa perusahaan masih menutup akses aplikasi yang sifatnya online.

Selain tampilan tab-nya yang sangat mirip dengan Power Point, malah menurut saya sedikit lebih sederhana, Google Slides ini sangat memudahkan Mommies yang bekerja dalam tim. Satu file dapat dikerjakan oleh lebih dari satu orang secara bersamaan, tinggal share link saja. Nggak perlu repot-repot pencet tombol save karena sudah akan tersimpan secara otomatis selama terhubung dengan jaringan internet.

Over Web

Pernah dengar aplikasi Over? Mirip sekali dengan Canva dari segi fungsi, hanya saja lebih sering digunakan di smartphone. Padahal, sudah ada versi web-nya, meski masih beta version.

Buat yang senang menyajikan presentasi yang sifatnya infografis, yakni lebih banyak menggunakan gambar atau grafis sebagai informasi, aplikasi ini wajib dicoba. Namun, sepertinya kurang cocok buat materi presentasi yang lebih banyak menyajikan data berupa tabel panjang maupun chart

Wepik

Merupakan aplikasi untuk membuat desain karya creator Freepik, situs yang menawarkan grafis dalam bentuk vector yang dapat digunakan oleh para designer. Hampir sama dengan Canva, Wepik juga dapat membantu kita membuat presentasi. Berbagai template gratis juga tersedia di sini, tinggal pilih mau yang mana, lalu isi dengan materi presentasi kita.

Visme

Selain pilihan di atas, Mommies juga bisa menggunakan Visme, yaitu situs untuk membuat presentasi secara gratis, hanya perlu sign up menggunakan email atau akun Facebook. Karena dibuat khusus untuk presentasi, Visme memiliki fitur untuk membuat chart dan infografis. Banyak juga template gratis yang bisa Mommies gunakan, tinggal pilih template, lalu klik menu edit saja.

Mommies sudah pernah cobain yang mana, nih? Yang jelas, sekarang nggak ada lagi alasan nggak bisa bikin presentasi kece karena 5 aplikasi ini bisa dibilang sangat membantu memfasilitasi mereka yang tidak memiliki kemampuan untuk mendesain. Sekarang, semua orang pasti bisa menghasilkan materi presentasi yang simpel tapi tetap catchy. Selamat mencoba!

Baca juga:

25 Kiat dari Google Agar Remaja Tangkas Berinternet

13 Template Google Docs yang Memudahkan Hidup dan Pekerjaan

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top