5 Tipe Rekan Kerja yang Membantu Anda Mengembangkan Karier

Kenali 5 tipe rekan kerja berikut ini yang dapat membantu Mommies mengembangkan karier.

5 Tipe Rekan Kerja yang Membantu Anda Mengembangkan Karier

Banyak faktor yang memengaruhi perkembangan karier seseorang, mulai dari bagaimana cara berkompetisi dengan generasi lainnya di kantor, misalnya generasi Y yang dikenal dengan generasi melek teknologi. Atau bagi Mommies yang berada di level lebih tinggi, harus punya kunci jitu memilih tim-nya.

Selain itu,  peningkatan karier pastinya dipengaruhi oleh semangat, komitmen dan kerja keras Mommies selama ini. Selain itu memang ada hal lain yang memberi andil dalam mendapatkan jenjang karier yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja di kantor. Berikut ini ada 5 tipe rekan kerja yang dapat membantu Mommies dalam meraih kesuksesan dalam berkarier.

  1. Pribadi yang Kompeten

Menjalin hubungan dengan rekan kerja yang kompeten akan membantu Mommies dalam bekerja dengan lebih baik. Mereka biasanya memiliki stamina untuk melakukan pekerjaan yang kuat dan menentukan laju pekerjaan yang dapat ditiru orang lain. Mereka mengambil inisiatif, memberikan banyak saran dan menjadi orang yang menyelesaikan berbagai tantangan dalam pekerjaan. Mommies juga akan termotivasi untuk ikut menangani tugas baru yang lebih sulit dan meraih yang terbaik. Selain dengan kecanggihan teknologi informasi, Mommies dapat menjadikan rekan kerja yang kompeten sebagai sumber yang membantu Anda dalam menyelesaikan tugas.

  1. Si Kreatif

Rekan kerja yang kreatif dan kaya akan ide biasanya mempunyai ide-ide segar dan pemikiran baru. Mereka senang belajar hal-hal baru untuk menghasilkan kinerja melalui cara kerja yang unggul dan out of the box. Mereka suka mengambil inisiatif dan mengajukan cara kerja yang berbeda dengan rekan kerja yang lain. Tipikal rekan kerja seperti ini akan mendukung Mommies untuk ikut berpikir besar, berbeda dan secara proaktif mendorong ide-ide yang inovatif.

  1. Sumber Informasi

Rekan kerja dengan tipikal seperti ini biasanya selalu update terkait beberapa topik yang saat ini tengah hangat dibicarakan. Mereka mengetahui perkembangan perusahaan dan paham betul dengan politik perusahaan. Namun perlu kita lihat bahwa berita yang dimiliki rekan kerja Mommies ini memang selalu akurat. Selain Mommies dapat memperoleh informasi ter-update dari rekan kerja dengan tipikal seperti ini, Mommies juga akan memperoleh wawasan yang baru dan juga isu-isu yang akurat yang sifatnya membangun.

  1. Karyawan Gaul

Rekan kerja yang pintar berbicara dan berkolaborasi, biasanya memiliki networking yang luas dan dapat membantu Mommies dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan. Mereka dapat membantu berkembangnya karier karena Mommies juga dapat mempelajari cara mereka dalam berinteraksi dan berkoordinasi dengan berbagai pihak. Hal ini tentunya dapat mengasah keterampilan interpersonal Mommies di tempat kerja. Mereka pun dapat menghubungkan Mommies dengan berbagai pihak, dan membuka banyak peluang dari segala jaringan yang mereka miliki.

  1. Sang Mentor

Masing-masing kita memiliki tokoh idola dan orang-orang tertentu yang memberi kita inspirasi. Atasan langsung kita, tokoh top management kantor maupun orang yang sudah lebih dulu meraih kesuksesan seperti yang Mommies inginkan. Tidak ada salahnya untuk mencoba mencari kesempatan untuk berdiskusi dengan mereka serta meminta masukan kepada mereka. Dalam kesempatan pertemuan formal maupun dalam perbincangan santai, sang Inspirator biasanya tidak sungkan-sungkan untuk membagi pengalaman saat menghadapi saat-saat yang sulit dan memberikan kiat-kiatnya. Jangan ragu untuk menjadikan mereka untuk menjadi mentor Anda, ya Mommies.

Mengetahui hubungan yang tepat dan berpengaruh di tempat kerja sama pentingnya dengan mengerti pihak mana yang harus didekati. Oleh karena itu Mommies, kenalilah tipe rekan kerja yang dapat mendukung kesuksesan Mommies dan mulailah mendekati dan menjalin hubungan dengan mereka.

Penulis: Gloria Dewi C.P. berkecimpung dalam dunia psikologi sejak tahun 2003. Saat ini beliau menjabat sebagai Chief Consultant divisi Assessment Experd Consultant.


Post Comment