banner-detik
PARENTING & KIDS

5 Tips Parenting Mahfud MD, Sukses Besarkan Anak yang Sederhana

author

Mommies Daily20 Feb 2024

5 Tips Parenting Mahfud MD, Sukses Besarkan Anak yang Sederhana

Mahfud MD membesarkan anaknya tanpa mendompleng nama besar sang ayah. Hasilnya? Anaknya tumbuh sederhana dan sempat disangka miskin!

Mahfud MD sudah dikenal sebagai politisi andal, tetapi bagaimana sosoknya sebagai orang tua khususnya sebagai seorang ayah. Apakah pria yang saat ini menjabat sebagai Menko Polhukam mempunyai tips parenting tersendiri saat membesarkan anak-anaknya?

Bisa dibilang Mahfud MD termasuk sosok politisi yang privat akan kehidupan keluarganya. Tak banyak yang tahu siapa anak-anak beliau. Sampai pada acara deklarasi dukungan dari kalangan anak muda di Gedung Arsip Nasional, Jakarta, Rabu (18/10/2023) lalu ia memperkenalkan istri dan juga anak-anaknya.

Dalam kesempatan tersebut, Mahfud MD pun mengenalkan dua orang putra putrinya, Mohammad Ikhwan Zein dan Vina Amalia. Dari ceritanya tentang cara membesarkan kedua anaknya, Mommies juga bisa belajar banyak dari tips parenting Mahfud MD, loh.

mahfud md

BACA JUGA: Tips Parenting dr Aisah Dahlan, Pola Asuh untuk Tiap Anak Berbeda

Tips Parenting Mahfud MD

Apa saja tips parenting salah satu cawapres 2024 ini? Intip tips parenting Mahfud MD yang mungkin bisa jadi panutan!

1. Membesarkan anak secara privat

Kita tentu tahu bagaimana perhatian publik dan media yang terlalu besar bisa menjadi masalah bagi anak-anak yang masih terlalu muda. Mungkin ini sebabnya Mahfud MD selama ini tidak berbagi identitas keluarganya secara bebas. Toh, buktinya, kedua anaknya sekarang sukses lulus kuliah di bidang kedokteran.

Anak lelakinya sudah menyandang gelar Dokter Ikhwan Zein dan sedang menyelesaikan PhD programnya di Amsterdam University. Sementara putrinya, Vina Amalia juga berprofesi sebagai dokter.

Sebenarnya, ia juga memiliki anak bungsu bernama Royhan Akbar. Sepertinya Royhan juga dibesarkan dengan cara sama karena dirinya tidak mau mendompleng nama sang ayah dalam pendidikan dan mengejar cita-citanya.

2. Melarang anaknya memakai nama besar sang ayah

Mahfud MD mengatakan, jika dirinya sejak dulu selalu menekankan pada anak-anaknya untuk tidak memakai nama besarnya untuk memuluskan jalan mereka meraih impian dan kesuksesan.

Menurutnya anak pejabat kerap diberi kemudahan untuk menempuh jalannya. Sementara, ia tak mau hal tersebut terjadi pada anak-anaknya.

mahfud md

3. Mendidik anak dengan mandiri

Meskipun Mahfud MD memiliki nama dan pengaruh besar, ia membesarkan anak-anaknya secara mandiri. Ia ingin anaknya juga mencapai apa yang mereka cita-citakan secara mandiri.

Hal ini terlihat dari sosok Ikhwan yang sejak lulus sekolah langsung mencari beasiswa sendiri dan dapat sendiri hingga mendapatkan prestasinya sendiri.

“Sejak sekolah dia mencari beasiswa sendiri, tidak menggunakan nama saya. Orang malah tidak tahu kalo dia anak saya. Ya dia cari sendiri, dia dapat sendiri dengan prestasinya sendiri,” ujar Mahfud seperti dikutip dari Liputan6.

Dikutip dari Psychology Today, membesarkan anak secara mandiri mendatangkan banyak manfaat. Ini bisa mengarah pada potensi kepemimpinan yang lebih tinggi pada anak-anak. Anak-anak juga akan memiliki kualitas yang membuat mereka menjadi karyawan, pemimpin, dan pasangan hidup yang ideal.

4. Membesarkan anak hidup sederhana

Dengan kepopulerannya, rasanya tak terbayangkan jika kedua anak Mahfud MD hidup secara sederhana. Namun, hal itu benar terjadi, loh.

Mahfud MD membesarkan anak tanpa embel-embel anak pejabat yang membuat anak mereka juga menjalani sekolah seperti anak biasa. Hal ini terlihat saat putrinya, Vina bahkan pernah disangka oleh dosennya sebagai anak yang berasal dari keluarga miskin, karena hidup sederhana.

5. Mendidik hidup anak secara jujur

Sebagai cawapres 2024, Mahfud dibesarkan sang ibunda agar menjadi anak jujur dan hidupnya lurus. Hal ini ia utarakan juga saat diumumkan mendampingi Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

Mahfud mengatakan, ibundanya berpesan agar ia tetap menjadi seorang anak yang lurus, jujur, dan berbakti kepada orangtua. Tak berlebihan rasanya jika ia juga menerapkan hal yang sama untuk anak-anaknya.

mahfud md

Itu dia lima tips parenting Mahfud MD yang membuat anak-anaknya tumbuh sederhana dan hidup jujur. Mommies dan Daddies bisa tiru juga, lho!

BACA JUGA: Tips Parenting Veronica Tan, Kini Lepas Anak Sekolah ke Luar Negeri

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Foto: Instagram/mohmahfudmd

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan