Now Reading
Cara Daftar dan Beli Pertalite dan Solar, Berlaku Mulai 1 Juli 2022

Cara Daftar dan Beli Pertalite dan Solar, Berlaku Mulai 1 Juli 2022

Dhevita Wulandari
pertalite

Pembelian Pertalite dan solar harus melalui MyPertamina dan bagi yang berhak saja. Berlaku mulai 1 Juli 2022, cek link dan caranya di sini.

Per 1 Juli 2022, pembelian Pertalite dan solar akan diatur oleh pemerintah. Hal ini diberlakukan agar masyarakat yang benar-benar berhak yang bisa membelinya. Para pembeli yang berhak harus melakukan pendaftaran di MyPertamina.

PT Pertamina (Persero) melalui Pertamina Patra Niaga akan melakukan uji coba penyaluran Pertalite dan solar untuk pengguna yang berhak dan sudah terdaftar di MyPertamina. Pertamina mengatakan, pengaturan ini dilakukan agar konsumen yang tidak berhak mengonsumsi Pertalite dan solar. Jika terus dibiarkan, maka kuota yang telah ditetapkan setiap tahun akan lebih dan jebol.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution, menerangkan pada Senin (27/6/2022), “Kami menyiapkan website MyPertamina, yaitu https://subsiditepat.mypertamina.id yang dibuka mulai 1 Julii 2022. Masyarakat yang merasa berhak menggunakan Pertalite dan solar dapat mendaftarkan datanya melalui website ini, kemudian menunggu apakah kendaraan dan identitasnya terkonfirmasi sebagai pengguna yang terdaftar. Sistem MyPertamina ini akan membantu kami dalam mencocokkan data pengguna.” 

Jika sudah melakukan pendaftaran kendaraan dan identitasnya, pengguna akan mendapatkan notifikasi melalui email yang didaftarkan. Pengguna yang terdaftar juga akan mendapatkan QR code khusus yang menunjukkan data telah cocok dan membeli Pertalite dan solar.

Uji coba awal ini rencananya akan dilakukan di beberapa kota atau kabupaten yang tersebar di 5 provinsi, yaitu Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan di DI Yogyakarta.

BPH Migas juga telah mengusulkan revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM). Aturan pembelian Pertalite dan solar juga ditargetkan berlaku di Agustus. Namun, hal tersebut masih menunggu keputusan Presiden Joko Widodo.

Untuk detail selengkapnya, bisa dibaca di halaman selanjutnya.

BACA JUGA: 5 Tips Berburu Minyak Goreng Murah, Patut Dicoba Agar Tidak Kehabisan

Cover image: Photo by jcomp on Freepik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top