10 Skills You’ll Need in The Workplace by 2020

Pastikan mommies mempunyai 10 skill ini, jika ingin tetap bisa bersaing dalam dunia kerja hingga tahun 2020.

Dari judulnya sudah tampak serius, ya? Nggak apa-apa kok, karena untuk bertahan di era yang serba kompetitif ini, harus ditangani dengan serius. *lalu tiba-tiba kepala saya juga pusing, ahahaha. Jadi mommies, menurut situs www.weforum.org tahun 2020 masuk ke revolusi industri ke-4. Artinya era ini akan banyak bermunculan mesin-mesin yang bisa jadi akan menggantikan banyak peran manusia.

10 Skills You’ll Need in The Workplace by 2020Pengaruh lainnya, sebagian pekerjaan akan hilang – atau digantikan dengan mesin-mesin tadi. Tak hanya itu, cara bekerja bahkan bagaimana seseorang menjalani kehidupannya juga akan berubah. Sebagian pekerjaan mungkin saja tergantikan dengan mesin, tapi di sisi lain ada bidang pekerjaan akan berkembang dengan pesat. Artinya, dari sekarang, mommies, saya dan kita semua sebaiknya harus bersiap menyambut era ke-4 dari revolusi industri. Sudah siap? Yuk, intip 10 skill yang wajib dimiliki saat masuk tahun 2020, nanti.

  1. Pemecahan Masalah yang Kompleks

Dalam dunia bekerja, mommies pasti dihadapkan dengan begitu banyak job desc. Tidak semua berjalan mulus dan wajar saja kalau menemukan masalah di tengah perjalan momies mengerjakannya. Biasanya satu masalah dengan masalah yang lain akan saling terkait, semakin canggih mommies menganalisis masalah, nantinya akar permasalahan  yang sesungguhnya akan ditemukan. Sehingga solusi masalah lainnya juga bisa diatasi

  1. Berpikir Kritis

Poin ini berkaitan erat dengan yang pertama, kemampuan berpikir kritis mutlak dibutuhkan untuk pengambilan keputusan yang tepat. Tujuan berpikir kritis sebetulnya untuk mendapatkan gambaran utuh dari sebuah masalah, dan akhirnya akan ditemukan akar permasalahannya dan cara menyelesaikannua. Untuk melatihnya, mommies bisa coba mendengarkan dan menganalisa masalah teman, dengan begitu Anda akan terbiasa berpikir lebih dalam tentang suatu masalah.

  1. Kreativitas

Hari gini nggak kreatif? Bisa-bisa kita terlibas oleh mesin atau robot yang bekerja lebih cepat. Mesin boleh saja cepat, tapi benda tersebut tidak bisa berpikir dengan kreatif bukan? Inilah yang nanti industri butuhkan. Sebaiknya tidak tertuju pada satu cara (kalau sudah sangat mentok), pikirkan alternatif lain supaya mendapatkan sudut pandang yang lebih luas. Banyak baca – baik online maupun dari buku, bisa mengasah dan memperkaya pengetahuan mommies.

  1. Manajemen SDM

Sumber Daya Manusia atau SDM dalam sebuah perusahaan tentu menjadi aset paling penting. Karyawan dengan skill mumpuni jadi modal utama sebuah perusahaan. Nggak hanya itu, para pelaku industri manapun juga harus bisa memahami karyawan dari segi psikologi mereka, karena masing-masing orang unik dan membutuhkan treatment berbeda.

  1. Koordinasi

Nggak bisa dipungkiri, masalah koordinasi ini memengaruhi produktivitas perusahaan. Koordinasi yang baik juga bertujuan meminimalisir terjadinya distorsi informasi, ujung-ujungnya agar sistem yang dibuat bisa dilaksanakan dengan baik.

  1. Kecerdasan Emosional

Hal ini berfokus pada bagaimana seseorang bereaksi terhadap sebuah masalah yang menimpa dirinya. Kecerdasaran emosional yang rendah, berpotensi  memunculkan sentimen. Sebaliknya, pembawaan seseorang dengan kecerdasaran emosional yang baik, akan membuat dirinya bisa membawa diri dengan baik. Bahkan semakin mudah berprestasi baik dalam tim atau individu.Namanya juga bekerja banyak orang, kan? Memang harus pandai-pandai membawa diri.

  1. Pertimbangan dan Pengambilan Keputusan

Adakalanya kita dihadapkan pada situasi genting dan harus cepat mengambil keputusan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Apalagi dalam sekian tahu mendatang, akan semakin banyak jenis usaha baru. Pengambilan keputusan dengan cepat dan tepatm mutlak dibutuhkan supaya tetap bisa bersaing dengan pelaku usaha lain maupun sesama karyawan.

  1. Berorientasi pada Layanan

Di era sekarang, performa kerja yang baik saja tidak cukup, harus ada sesuatu yang membedakan Anda dengan yang lainnya. Boleh saja Anda disiplin dan berprestasi, di sisi lain kemampuan empati Anda dalam mengayomi juga sebaiknya dikedepankan. Dengan begitu, Anda kan, juga akan dikenal sebagai pribadi yang ramah. Nilai plus juga untuk perusahaan mempunyai karyawan seperti Anda.

  1. Negosiasi

Bekerja dengan banyak orang, berarti juga harus siap dengan semua bentuk perbedaan. Keadaan ini berpotensi menimbulkan konflik, negosiasi adalah kunci untuk mencari jalan tengah, supaya semua pihak mencapai kata sepakat.

  1. Flelsibilitas Kognitif

Berbahagialah pada perempuan, karena “dari sananya” sudah punya kemampuan ini. Skill ini mirip-mirip dengan istilah multitasking, atau kemampuan berpikir lebih dari satu topik bahasan atau fokus. Di masa mendatang, dibutuhkan kemampuan ini untuk berpikir lintas bidang dan menguasai berbagai ilmu pengetahuan.

Bagaimana mommies, sudah siap menghadapi tahun 2020?

Baca juga:

5 Keterampilan yang Perlu Diasah untuk Mencapai Puncak Karier

5 Tipe Rekan Kerja yang Membantu Anda Mengembangkan Karier


Post Comment