banner-detik
FINANCIAL WELLNESS

Hari Tua Terjamin, Pelajari Cara Mengelola Dana Pensiun yang Tepat

author

Mommies Daily09 May 2024

Hari Tua Terjamin, Pelajari Cara Mengelola Dana Pensiun yang Tepat

Dana pensiun harus disiapkan dari sekarang agar masa tua aman dan terjamin secara keuangan. Yuk, pelajari cara mengelola dana pensiun di sini!

Seiring bertambahnya usia, banyak orang yang mulai menyiapkan masa depan finansial mereka dengan cara mengatur dan mengelola dana pensiunnya dari sekarang. Dana pensiun adalah dana yang dikumpulkan saat masa produktif dan akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama pensiun. Ketika pensiun, Mommies akan menghadapi perubahan besar dalam sumber penghasilan, karena jumlahnya jadi sangat terbatas dan tidak sebanyak dulu.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki dana pensiun yang memadai agar keuangan tetap stabil dan masa pensiun terjamin. Tanpa perencanaan keuangan yang matang dan benar, Mommies bisa saja menghadapi risiko kekurangan dana di masa depan. Untuk mengatasi hal tersebut, Mommies Daily berkesempatan untuk bertanya pada F.D.V. Wulansari, CFP, Financial Trainer – QM Financial mengenai cara mengelola dana pensiun dengan benar. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: Tips Beli Rumah Bekas, Ini Kata Certified Financial Planner!

Kenapa Dana Pensiun Itu Penting?

Dalam sesi wawancara bersama Mommies Daily, Financial Trainer Wulansari menjelaskan alasan kenapa dana pensiun itu penting sebagai berikut.

  1. Kita ingin pensiun dengan tenang, tidak wajib bekerja, karena sudah ada dana yang akan dipakai untuk masa pensiun.
  2. Kita ingin pensiun sejahtera, mempertahankan gaya hidup yang kita mau saat pensiun.
  3. Kita ingin pensiun tanpa mengandalkan anak atau orang lain untuk tetap bisa hidup layak, mencegah anak jadi sandwich generation.
  4. Inflasi yang terjadi membuat biaya hidup semakin meningkat dari tahun ke tahun.
  5. Usia harapan hidup semakin panjang sehingga kebutuhan selama masa pensiun juga semakin besar.

Foto: Karolina Grabowska on Pexels

Fungsi Dana Pensiun

Berikut ini adalah beberapa fungsi dana pensiun yang wajib Mommies ketahui.

Fungsi dana pensiun adalah untuk memenuhi biaya hidup selama masa pensiun, termasuk biaya kesehatan dan gaya hidup yang diinginkan. Dana Pensiun yang disiapkan mandiri bisa membantu kita mencapai standar gaya hidup yang kita inginkan saat pensiun nanti. Jika hanya mengandalkan program dari kantor atau pemerintah, bisa jadi tidak cukup, oleh karena itu kita harus cek perhitungannya.

Cara Menghitung dan Mengelola Dana Pensiun

Dana Pensiun bisa dikumpulkan sejak masa produktif dengan cara berikut:

  1. Hitung estimasi pengeluaran bulanan saat pensiun nanti dengan memperhitungkan inflasi.
  2. Asumsikan usia harapan hidup dan perkirakan total kebutuhan biaya selama masa pensiun tersebut. Jika sudah ada dana pensiun dari kantor (DPPK/DPLK) dan/atau program pemerintah (BPJS-TK), maka hitung kekurangan yang harus disiapkan secara mandiri.
  3. Hitung berapa dana yang harus tersedia di awal masa pensiun untuk mencukupi kebutuhan selama pensiun.
  4. Asumsikan target return investasi yang realistis dan hitung berapa yang harus disisihkan untuk investasi sejak masa produktif saat ini.

Dana yang terkumpul di awal masa pensiun kemudian bisa diinvestasikan di produk berisiko rendah, seperti Deposito atau Obligasi Pemerintah yang memberikan bunga/bagi hasil bulanan. Metode lain menghitung Dana Pensiun yang juga cukup populer adalah 4% rule, tetapi perlu ada penyesuaian perhitungan dan asumsi yang digunakan supaya lebih tepat.

BACA JUGA: Bukan Matre, 5 Persiapan Keuangan Ini Harus Dipahami Sebelum Menikah

Itulah cara mengelola dan mengatur dana pensiun yang benar. Yuk, siapkan dana pensiun dari sekarang agar finansial di masa tua lebih terjamin.

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Tristan Le on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan