5 Keterampilan yang Akan Membawa Anda ke Puncak Karier

Ditulis oleh: Ryeke Aksara,Project Manager Divisi Employment Solutions pada EXPERD Consultan.

Ada 5 keterampilan yang perlu dimiliki agar  karier Anda bisa melesat hingga menduduki puncak karier. 

B5 Keterampilan yang Perlu Diasah untuk Mencapai Puncak Karier

Sekarang, semakin banyaknya pesaing kita dalam dunia kerja membuat kita harus pandai ‘menjual’ diri. Nggak bisa lagi hanya mengandalkan waktu kerja yang sudah lama atau latar belakang pendidikan! Pernah melihat rekan kerja yang lebih tua namun kariernya mungkin sejajar atau bahkan berada di bawah Anda? Mungkin karena mereka melupakan 5 hal penting ini. Agar karier mommies tidak berujung jalan di tempat,EXPERD Consultan memberikan bocorannya.

  1. Keterampilan dalam berkomunikasi

Mau secerdas apapun kita tapi kalau kemampuan komunikasi kita nol besar, orang tidak akan mengetahui siapa kita. Komunikasi merupakan sarana yang penting untuk menjalin dan membangun kontak sosial. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang baik mommies dapat lebih mudah menyatakan identitas diri sehingga lebih mudah diingat dan dikenal oleh orang lain. Keterampilan komunikasi juga dapat membantu mommies dalam menyampaikan ide-ide demi kemajuan perusahaan.  Percuma ide cemerlang kalau rekan kerja atau atasan tidak bisa memahami maksud kita. Kemampuan komunikasi juga dapat memengaruhi lawan bicara untuk menerima dan menjalankan ide yang kita sampaikan.

  1. Keterampilan dalam manajemen waktu

Keterampilan manajemen waktu ini juga berhubungan dengan dapat menentukan skala prioritas. Kalau dua ini bisa dilakukan dengan baik, niscaya pekerjaan kantor akan lebih terorganisir. Namanya pekerjaan, nggak jarang dalam satu waktu kita dipaksa untuk berpikir tentang beberapa hal sekaligus. Nah, kalau kita nggak pandai mengatur waktu, yang ada kita akan keteteran dan orang menilai bahwa kita tidak mampu bekerja dengan maksimal. Bantuan paling mudah adalah dengan membuat timeline sehingga dapat bekerja sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

  1. Keterampilan untuk terus menambah wawasan alias update ilmu

Setiap jenis pekerjaan pasti memiliki cara yang berbeda untuk meng-update ilmu. Namun sebenarnya yang paling mudah adalah rajin-rajinlah membaca buku. Misal,  membaca buku-buku yang dapat meningkatkan karier. Setiap hari, pengetahuan, wawasan dan berita selalu berkembang, mommies harus jadi orang yang “kepo” agar tidak ketinggalan tentang pengetahuan, wawasan dan berita-berita baru tersebut. Pengetahuan baru tersebut dapat mommies aplikasikan dalam pekerjaan sehingga dapat meningkatkan kinerja.

  1. Keterampilan dalam menampilkan Diri

Jangan terus menerus ada di belakang meja. Terkadang perlu lho menjadi banci tampil :D,  tampil di depan layar, bertemu langsung dengan orang-orang dan menunjukkan langsung hasil kerja Mommies. Dalam menampilkan diri di depan orang lain Mommies dituntut untuk tampil percaya diri . Misalnya, pastikan mommies punya 4 fashion items yang wajib dimiliki oleh working mom, untuk menambah kepercayaan diri, sekaligus memudahkan mommies menjalanin peran sebagai working mom.

  1. Keterampilan dalam mengevaluasi diri

Evaluasi diri sangat penting untuk mengetahui sejauh mana penilaian tentang hasil kerja yang telah mommies lakukan. Evaluasi diri ini dapat dilakukan oleh diri sendiri dengan mengingat kembali hal-hal yang telah Mommies kerjakan dan hal apa saja yang terlewat Mommies lakukan. Selain itu, Mommies juga dapat bertanya kepada orang lain seperti rekan kerja maupun atasan tentang hasil kerja Mommies. Kritikan dan saran sangat Mommies perlukan untuk meningkatkan kemampuan diri.

5 poin di atas hanyalah sebagian kecil dari cara yang bisa mommies tempuh. Semakin banyak keterampilan yang diasah, maka semakin banyak keuntungan yang dimiliki dan mempermudah mommies meraih puncak karier.


Post Comment