5 Cara Bekerja Lebih Efisien Menggunakan Google Docs

Fitur Google Docs ini akan membuat pekerjaan mommies lebih mudah dan cepat. Apa saja dan bagaimana caranya?

Sebetulnya Google Docs bukan barang baru untuk saya dan Tim MD, kami sudah lama menggunakannya. Salah satunya menu Google Docs, khususnya Google Sheets, untuk penjadwalan artikel harian kami. Di mana pun dan kapan pun, kami bisa mengakses halaman tesebut. Lengkap dengan tanggal berapa artikel tersebut terbit, berikut dengan jamnya.

5 Cara Bekerja Lebih Efisien Menggunakan Google DocsImage: www.spanning.com

Secara, kantor kami berbasis online, jadi yaaa…memang sudah seharusnya bisa memanfaatkan dengan maksimal segala sesuatu yang berbau online, agar pekerjaan kami lebih terorganisir. Malu dong, sama anak-anak zaman sekarang yang sudah melek gadget, ibu-ibu juga harus bisa selangkah lebih maju *ibu-ibuuuu, mana suaranya???

Nah, beberapa waktu lalu, saya mendapatkan undangan dari Google Indonesia, di programnya mereka yang bernama “Women Will”. Kali ini membahas Productivity Tools For Women at Work, kami diskusi dan praktik langsung, menggunakan fitur-fitur yang ada di Google, salah satunya ya, Google Docs ini. Saya jabarkan satu-persatu ya, mommies.

  1. Membuat bahan untuk presentasi

Sebelum ikut workshop ini, saya nggak tahu kalau Google Docs juga bisa membuat slide presentasi yang kecenya sama seperti PPT (Power Point). Asiknya, ada fitur yang memungkinkan mommies mencari gambar dari Google, dan langsung memindahkannya ke slide, sesuai dengan kebutuhan. Dan tambahan lainnya, berupa grafik, atau fitur-fitur animasi lainnya untuk mempercantik slide presentasi Anda.

  1. Lebih mudah dengan Google Sheets

Poin ini sempat saya singgung di atas, tapi tidak terbatas pada pekerjaan, karena menu ini juga bisa mommies manfaatkan untuk mengatur cash flow keluarga. Nggak ada tuh, istilah mencatatat manual di agenda Anda. Semua bisa terekam rapih di Google Sheets, ramah lingkungan, karena tidak menggunakan kertas, dan pastinya bisa diakses di mana saja. Bagi mommies, yang job desc-nya akrab dengan angka-angka, fitur ini cocok banget. Secara otomatis bisa menerjemahkan data angka Anda ke dalam bentuk grafis. Silakan cek selengkapnya di sini.

  1. Presentasi lebih mudah dengan Google Slide

Sering kali ketika mommies wawancara, terbentur dengan masalah kabel, untuk menghubungkannya ke layar. Dengan menu ini, ada tambahan fitur untuk memproyeksikan presentasi mommies Anda langsung dari ponsel, laptop atau tablet. Ada pula fitur Q &A di mana mommies bisa mengumpulkan pertanyaan secara bersamaan. Caranya dengan membagikan link pada audiens, dan mereka bisa langsung mengirim pertanyaan atau komen dari ponsel dan laptop mereka. Untuk lebih jelasnya, silakan tonton video ini, ya, mommies.

  1. Bekerja tanpa internet? Mungkin kok.

Saat Anda tidak terhubung Internet atau koneksi tidak stabil, Google Docs akan terus memastikan perubahan file akhir Anda tetap tersimpan. Docs, Spreadsheet, dan Slides dapat digunakan secara offline di Chrome maupun aplikasi Android dan iOS, jadi tak perlu khawatir hasil pekerjaan Anda akan hilang.

  1. Google Docs bisa terhubung dengan banyak aplikasi lain

Banyak orang menggunakan kombinasi aplikasi dan layanan yang rumit untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Fitur API dalam Google Sheets, Slides, Salesforce, SAP, Anywhere, Sage, Anaplan, Asana, Trello, Prosperworks dan yang lainnya, akan segera diintegrasikan dalam Google Docs, membuat proses kolaborasi tim Anda lebih mulus dan praktis. Kesimpulannya, tidak perlu membukan halaman lain, untuk fitur manajemen work flow yang disebutkan tadi, saat mommies mengerjakan sesuatu di Google Docs. Semua bisa terintegrasi di dalam fitur Google Docs.

FYI,mommies…Menu Google Docs, bisa diakses secara bersamaan oleh beberapa orang sekaligus. Caranya, mommies simpan dan beri nama dulu file-nya. Lalu invite email rekan kerja yang mommies inginkan untuk terlibat dalam mengedit pekerjaan tersebut. Cara ini bisa lebih efisien, daripada bolak balik email atau mencetak dokumen berkali-kali.

Selamat mencoba, mommies!

Baca juga:

10 Best Font for Your Resume

4 Kunci Rahasia Sukses Presentasi Kerja


Post Comment