4 Kunci Rahasia Sukses Presentasi Kerja

Lakukan 4 hal kunci rahasia sukses presentasi kerja berikut ini, agar mendukung kemajuan karier Anda.

bigstock-Business-Presentation-6847166

Gambar dari sini

Dalam dunia kerja, ada saja keadaan yang mengharuskan kita melakukan presentasi – entah itu kepada internal manajemen atau kepada klien. Dalam hal ini, diperlukan kelihaian berbicara di depan umum – Anda bisa melatihnya dengan 8 cara untuk meningkatkan kemampuan public speaking. Kalau dari pengalaman saya salah satu cara yang paling ampuh sih, sering-sering latihan di depan kaca, hehehe. Supaya tahu betul di bagian mana yang butuh improvement, atau malah dikurangi.  Seperti kata Allan Pease di atas, usaha-usaha seperti ini penting untuk menimbulkan kesan yang baik untuk kemajuan karier kita. Nah, ada lagi nig, Mommies yang tidak kalah menentukan perjalanan karier kita. Perhatikan, “kicauan” kita di social media, karena berpengaruh terhadapt perkembangan karier.

Bicara soal presentasi dalam dunia pekerjaan, baru-baru ini saya menemukan kiat dari Insinyur asal Arab Saudi. Beliau menjuarai kompetisi Public Speaking 2015 tingkat Internasional, Mohammed Qahtani mengatakan, sangat penting memilih kata-kata tepat untuk disampaikan kepada pendengar saat presentasi. Berikut kiat-kiat darinya lebih lanjut.

1. Katakan pada diri sendiri, “Aku lebih baik”

Memang tidak mudah menghadapi audience saat bicara di depan umum. Tapi motivasi mampu membuat Anda menaklukkan tantangan. Hapus rasa takut bakal dipermalukan. Ingat tujuan Anda bekerja untuk sebuah insentif besar bila berhasil melewati ketakutan ini.

2. Identifikasi gagasan utama

Ketika akan bicara di depan umum, pastikan Anda tahu gagasan utama yang akan disampaikan kepada hadirin. Pilih kata-kata yang memiliki kekuatan besar untuk menyihir pendengar. Sehingga mereka menangkap ucapan Anda.

3. Gaya bicara meyakinkan

Sebenarnya ini tak hanya sekadar meyakinkan tapi juga menginspirasi. Biarkan kata-kata yang ke luar dari mulut Anda tulus dari hati. Sebab, presentasi bukan hanya menyampaikan tapi harus membuat pendengar bentindak.

4. Kontrol emosi

Memulai presentasi dengan lelucon adalah cara menyiasati suasana agar lebih santai atau tidak tegang. Sebab, kalau terlalu serius pendengar akan sulit memahami. Ambil contoh-contoh kecil yang dekat dengan keseharian audience.

Wait, moms, belum selesai sampai di situ! Kalau sudah fasih presentasi jangan lupakan faktor penampilan dong ya :D Selain lipstick dan alis yang harus heitz, busana juga bisa mendongkrak kepercayaan diri Anda. Contek deh 3 gaya menggunakan kemeja putih dari MD, dijamin Mommies makin kece untuk tampil saat presentasi nanti. Good luck moms!

Artikel ini merupakan hasil agregasi Mommies Daily dengan Okezone.com


Post Comment