Mommies Bijak, Mommies Shopalogic!

Ditulis oleh: Rosalia Titi Wening

Sering ‘terpeleset’ membeli barang-barang yang tidak perlu ketika berbelanja keperluan rumah tangga? (Ini saya banget). Ini 4 cara untuk menyiasatinya.

Kalau bicara tentang pengaturan keuangan keluarga, salah satu yang cukup menantang bagi saya pribadi adalah urusan belanja, hahaha. Masalahnya, aktivitas berbelanja itu rasanya menyenangkan dan bagi saya pribadi seperti merelease stress yang menumpuk, baik akibat kelelahan di kantor maupun di rumah. Rasa-rasanya dengan pergi berbelanja dan membeli apa yang kita suka dan inginkan, menjadi obat penawarnya…. dududu.

Dan tak jarang saya “terpeleset” membeli ini itu yang sebenarnya tidak saya butuhkan. Padahal ini salah satu hal yang dapat menjadi penyebab keuangan kita bocor halus. Biasanya yang menjadi polisi dari para mommies adalah suami, ya nggak?!

Bersama dengan ini PermataHeroCard mengajak semua mommies menjadi#Shopalogic, bagaimana menjadi mommies bijak dengan pilihan yang tepat.

PermataHeroCard_2

Buat listing
Semua mommies sudah pintar dalam menerapkan listing terlebih dulu sesaat sebelum berbelanja bulanan di awal bulan. Hal ini tentu saja sebagai pengingat apa saja yang akan kita beli dan berapa banyak yang kita butuhkan selama sebulan penuh. Walaupun terkadang meleset dan harus kembali ke supermarket setelah masuk dua minggu. Tidak apa mom, yang terpenting budget belanja tetap tertata rapih, karena itu biasakan membeli barang yang dibutuhkan saja, tidak lantas ada produk baru atau diskon kemudian tergiur untuk menyetoknya.

Membeli produk private label
Pasti ngeh dong, kalo sekarang ini hampir semua supermarket bahkan mini market, pun mengeluarkan produk private label-nya. Nah, berdasarkan ini kita juga musti jeli loch mom, produk private label juga tidak kalah bagusnya dengan brand ternama. Produk private label sendiri menawarkan barang-barang dengan kualitas setara produk-produk lain di pasaran namun dengan margin harga yang jauh lebih hemat, yaitu sekitar 29% dibandingkan dengan membeli produk brand ternama.

Gunakan kartu kredit yang memberikan cashback rewards
Nah, ini nih yang penting, membelanjakan uang kemudian mendapatkan cashback tentu menyenangkan, selain dapat digunakan kembali untuk belanja bulan berikutnya, bisa juga mommies kumulatif selama setahun dan belanjakan produk-produk senilai dengan cashback yang didapat, bisa untuk membeli televisi, kulkas dan elektronik lainnya, lumayan banget kan ya:D dan biasanya cashback masa berlakunya hingga setahun. Seperti yang dilakukan PermataBank yang bekerja sama dengan Hero Group.

Dengan menggunakan kartu kredit PermataHeroCard, yang belum hemat menjadi hemat, yang sudah hemat semakin hemat melalui tambahan diskon 5% untuk produk private label di Hero, Giant dan Guardian, belum lagi tambahan 3,5% cashback rewards untuk seluruh transaksi pembelanjaan di Hero, Giant dan Guardian. Dan satu lagi keuntungannya, berbelanja khususnya produk elektronik, pemegang kartu kredit ini dapat memanfaatkan program SimplePay 0% selama 24 bulan di Giant Ekstra.

Belanja diskon dengan wise
Kalo sudah judulnya diskon, siapa sih yang nggak suka? Nah yang ngejebaknya adalah saat yang diskon itu bukan yang kita butuhkan, karena modal “sayang lagi diskon” trus akhirnya kita jadi membelinya. Dan pada akhirnya hanya akan menumpuk saja. Di sinilah mommies bijak menerapkan sistem wise dalam memilih barang diskonan. Kita tetap berpatokan pada listing, ketika barang yang dilisting diskon, cukuplah membeli sesuai berapa banyaknya untuk satu bulan, tidak justru menyetoknya untuk bulan berikutnya, yang ada justru budget membengkak.

Bisa juga gunakan program PermataHeroCard, belanja diskon 20% Senin-Kamis. Seafood pada hari Senin, Selasanya untuk daging dan ayam segar, buah-buahan pada hari Rabu, dan Kamis untuk semua sayuran dan bakery. Dan nggak perlu khawatir mom, program diskon ini dapat dinikmati sepanjang tahun.

Jadilah mommies bijak dengan belanja logis! Selamat berbelanja :D.


Post Comment