Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat, Mulai dari Rp30 Ribuan

Lifestyle

Sisca Christina・18 Sep 2024

detail-thumb

Tak hanya melindungi dari paparan sinar matahari, sunscreen untuk kulit berjerawat berikut juga diformulasi untuk membantu menenangkan kulit berjerawat.

Pilah-pilih sunscreen buat pemilik kulit berjerawat memang agak tricky. Pasalnya, kebanyakan produk sunscreen, terutama physical sunscreen dengan SPF tinggi, bertekstur creamy dan berat, yang kurang cocok untuk kulit berjerawat. Padahal, menurut dokter spesialis kulit, pemilik kulit berjerawat lebih sesuai menggunakan skincare (termasuk sunscreen) berbahan dasar gel, air atau losion.

Kabar baiknya, kini banyak merek skincare yang mengeluarkan sunscreen untuk kulit berjerawat. Selain bertekstur gel atau losion, juga diformulasi dengan bahan-bahan yang bisa merawat kulit berjerawat. Setidaknya, ini pilihan delapan merek sunscreen untuk kulit berjerawat yang bisa mommies pertimbangkan.

Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berjerawat

sunscreen untuk kulit berjerawat

1. Erha Acneact Acne Protection Sunscreen SPF 45 PA+++

Ini adalah salah satu sunscreen yang dikembangkan dengan formula dermatologi, dan juga direkomendasikan para dermatologist Indonesia untuk kulit berjerawat. Formulanya non-comedogenic & non-acnegenic yang dilengkapi dengan oil absorben sehingga cocok untuk kulit berminyak. Selain melindungi wajah dari efek buruk sinar matahari, sunscreen ini juga mengandung antibakteri yang mampu melawan bakteri penyebab jerawat, serta mengontrol produksi minyak berlebih. Kandungan utamanya yaitu niacinamide, zinc gluconate, Japanese knotweed root extract dan prebiotic. Teksturnya cepat menyerap, ringan dan tidak meninggalkan whitecast.
Harga: Rp100.000

sunscreen untuk kulit berjerawat2. Dear Me Beauty Acne Care Sunscreen Gel SPF 50+ PA++++

Berdasarkan hasil self-assessment Dear Me Beauty, sebanyak 81% orang yang sudah mencoba sunscreen ini membuktikan bahwa Acne Care Sunscreen Gel ini tidak membuat breakout. Ini berkat kandungan 1% succinic acid yang membantu perawatan kulit berjerawat, kombinasi 1% ekstrak centella asiatica + 1% ekstrak Canadian willowherb sebagai kandungan antibakteri dan membantu menenangkan kulit, serta polyglutamic Acid + 4D hyaluronic acid yang menjaga kulit tetap terhidrasi sekaligus memperkuat skin barrier. Bertekstur ringan, cepat meresap, tidak lengket dan memiliki cooling sensation sehingga nyaman di kulit. Tentunya non komedogenik, fungal acne friendly dan sudah uji dermatologi juga, ya.
Harga: Rp89.000

Baca juga: Rekomendasi Sunscreen Anti-aging untuk Usia 40 dan 50,  Melindungi Sekaligus Cegah Penuaan

sunscreen untuk kulit berjerawat3. Wardah UV Shield Acne Calming Sunscreen Moisturizer SPF 35 PA+++

Sunscreen untuk kulit berjerawat dari Wardah ini mengandung kombinasi bahan yang ampuh buat melawan bakteri penyebab jerawat yaitu salicylic acid, panthenol, dan vitamin B3. Teksturnya ringan, segar dan lebih cair sehingga tidak  meninggalkan white cast. Formulanya non komedogenik dan non acnegenic, serta sudah diuji dermatologi. Cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.
Harga: Rp30.000

sunscreen untuk kulit berjerawat4. LABORE Sensitive Skin Care BiomeProtect Physical Sunscreen SPF 50 PA+++

Sunscreen keluaran LABORE diperuntukkan bagi pemilik kulit sensitif, termasuk berjerawat. Diformulasikan dengan 100% mineral filter yaitu zinc oxide dan titanium oxide, sunscreen memiliki SPF 50 dengan proteksi spektrum luas sehingga efektif untuk menangkal efek buruk dari paparan sinar UVA, UVB, sinar biru, hingga radikal bebas. Diperkaya dengan Microbiome TechnologyTM yang membantu menjaga keseimbangan skin microbiome sehingga menjaga kekuatan skin barrier dan untuk kulit tampak lebih sehat. Sunscreen ini juga non comedogenic, non acnegenic, hypoallergenic, serta sudah diuji secara dermatologi.
Harga: Rp175.000

5. Azarine Calm My Acne Sunscreen Moisturiser SPF35 PA+++

Bagi pemilik kulit berminyak, kombinasi, sensitif dan berjerawat, tabir surya Azarine Calm My Acne Sunsreen patut dicoba. Berbentuk gel atau water base sehingga teksturnya ringan, nyaman dan tanpa whitecast. Sunscreen ini mengandung ectoin yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA, UVB, sinar biru dan polusi. Selain itu, juga diperkaya dengan kombinasi pionin, bakuchiol dan Canadian willowherb yang mampu meredakan jerawat, meredakan kemerahan, menenangkan kulit serta memperkuat skin barrier.
Harga: Rp39.000

6. DERMIES Clear Me Acne Smooth Sunscreen SPF30 PA++

Sunscreen ini cocok digunakan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Selain mengandung titanium dioxide yang berfungsi untuk melindungi kulit wajah dari efek buruk paparan sinar matahari, juga diformulasikan dengan salicylic acid dan zinc gluconate yang berfungsi untuk menjaga produksi sebum untuk mencegah timbulnya jerawat. Teksturnya ringan, mudah menyerap dan tidak menimbulkan white cast. Bisa dipakai juga oleh remaja mommies.
Harga: Rp35.000

7. Dorskin Hydra Moiscreen SPF 50 PA+++

Ini adalah sunscreen moisturizer yang bertekstur ringan, cocok untuk kulit berjerawat. Selain melindungi dari paparan sinar UVA, UVB, blue light dengan hybrid UV filternya, Dorskin Hydra Moiscreen juga memiliki kandungan centella asiatica sebagai antiperadangan dan menenangkan kulit kemerahan akibat jerawat. Kandungan juara lainnya yaitu probiotik yang menjaga kesehatan microbiome pada kulit, menguatkan skin barrier, serta sodium hyaluronate sebagai hydrating agent yang menjaga kelembapan kulit.
Harga: Rp109.000

sunscreen untuk kuilt berjerawat8. Amaterasun Transparent Sunscreen SPF 43 PA+++

Bertekstur gel (watery), Amaterasun Transparent Sunscreen ini bisa digunakan oleh semua jenis kulit, yang berjerawat sekalipun. Sebab, formulanya non komedogenik, non acnegenic dan sudah diuji dermatologi. Diformulasikan dengan Intelligent DNA Guardian yang melindungi kulit dari paparan sinar UVA, UVB, kerusakan DNA, blue-light, radikal bebas dan polusi. Kandungan di dalamnya juga melindungi skin barrier. Nyaman digunakan setiap hari, tidak lengket dan tidak meninggalkan white cast.
Harga: Rp89.000

Baca juga: Hindari Kulit Terbakar, Ini 7 Sunscreen dan Sunblock untuk Anak Laki-laki

Cover: Image by lookstudio on Freepik