banner-detik
EDUCATION

10 Mata Pelajaran di Luar Negeri yang Bisa Diterapkan di Indonesia

author

Mommies Daily28 Apr 2024

10 Mata Pelajaran di Luar Negeri yang Bisa Diterapkan di Indonesia

Mulai dari yoga sampai kelas hutan, beberapa mata pelajaran di luar negeri ini bisa diterapkan di Indonesia. Simak juga manfaatnya!

Pendidikan merupakan hal penting yang dapat mengembangkan potensi serta pengetahuan anak. Selain dapat melatih kemampuan kognitif, pendidikan juga dapat mengembangkan kemampuan afektif anak. Setiap negara tentunya memiliki sistem pendidikannya masing-masing. 

Sistem pendidikan tersebut juga salah satunya adalah mengatur mata pelajaran yang diberikan oleh setiap sekolah. Di Indonesia sendiri terdapat banyak mata pelajaran yang tentunya sudah umum diketahui oleh masyarakat. 

Meskipun mata pelajaran di Indonesia sudah banyak, namun ternyata masih ada beberapa mata pelajaran yang ada pada sekolah-sekolah di luar negeri yang tidak ada di Indonesia. Padahal mata pelajaran tersebut memiliki manfaat yang berperan penting jika diterapkan di Indonesia. 

Lantas apa saja mata pelajaran di luar negeri yang dapat diterapkan di Indonesia? Simak selengkapnya di bawah ini yuk, Mommies!

Sistem Pendidikan di Luar Negeri yang Bisa Diterapkan di Indonesia beserta Manfaatnya

Berikut ini beberapa sistem pendidikan khususnya mata pelajaran di luar negeri yang bisa diimplementasikan di Indonesia.

1. Kecerdasan Buatan

Foto: Freepik

Mata pelajaran yang ada di China ini merupakan mata pelajaran pertama yang bisa diterapkan di Indonesia. Kelas kecerdasan buatan ini diterapkan pada Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas di China. 

Pada kelas ini, anak diajarkan tentang sejarah perkembangan Artificial Intelligence sampai dengan penggunaannya. Kelas ini dapat diterapkan di Indonesia karena bisa membantu daya kreativitas dan ketelitian anak. Selain itu, penerapan kelas ini juga dapat dilakukan secara praktek dengan membuat robot dan yang lainnya. 

2. Moral

Mengenalkan nilai moral pada anak sangatlah penting untuk dilakukan sedini mungkin. Di Vietnam sendiri terdapat mata pelajaran wajib yang disebut “Moral”. Pada mata pelajaran ini, selain guru menjelaskan hal yang boleh serta tidak boleh dilakukan, mereka juga turut menjelaskan alasan dibaliknya. 

Tentunya kelas ini bisa diterapkan di Indonesia. Manfaat yang akan didapat apabila kelas “Moral” diterapkan di Indonesia sendiri adalah bisa membantu membentuk karakter anak, membimbing perilaku mereka, dan cara mereka berinteraksi dengan orang di sekitarnya. 

3. Yoga

Tentunya Mommies gak asing dengan yang satu ini bukan? Ya, yoga. Di negara Australia, AS, serta Inggris terdapat kelas yoga yang diadakan selama dua kali dalam seminggu yang berlangsung pada 40 menit terakhir sekolah. 

Kelas Yoga ini bertujuan untuk membantu tubuh anak menjadi lebih rileks, mendorong kebiasaan sehat pada anak, serta dapat meningkatkan pengaturan diri sehingga anak bisa mengelola emosi mereka. Kelas yang satu ini sangat menarik untuk diterapkan di Indonesia bukan, Mommies?

BACA JUGA: Talents Mapping, Bantu Kenali Bakat Anak untuk Anak Maupun Orang Dewasa

4. Eksplorasi

Melakukan study tour ke tempat edukasi seperti museum dan tempat bersejarah memang sudah umum dilakukan oleh beberapa sekolah di Indonesia. Namun, apa jadinya jika hal ini dijadikan mata pelajaran? 

Di Amerika Serikat “Eksplorasi” merupakan kelas praktek dimana siswa berkunjung ke beberapa tempat di sekitar kota, yakni seperti restoran, pabrik pengolahan limbah, sampai dengan pertanian lokal. 

Kelas ini diadakan selama satu kali dalam seminggu. Pastinya kelas ini bisa diterapkan di Indonesia guna menumbuhkan rasa tertarik pada anak untuk mempelajari hal baru seperti sejarah, profesi, sampai dengan latar belakang tempat yang dikunjunginya tersebut. 

5. Debat

Foto: pressfoto on Freepik

Mata pelajaran berikutnya yang dapat diterapkan di Indonesia adalah kelas “Debat”. Kelas ini diadakan di negara Belanda. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), debat merupakan pertukaran dan pembahasan pendapat terkait suatu hal dengan saling menyampaikan argumentasi atau alasan dengan tujuan mempertahankan pendapat bahkan memenangkan pendapat. 

Pada kelas ini tentunya guru tetap memantau dan menilai debat yang dilakukan oleh dua tim. Selain dapat memperoleh sudut pandang yang baru, debat juga bertujuan untuk mengembangkan sikap toleransi anak pada orang lain.

6. Kebahagiaan

Kebahagiaan memang perlu diajarkan di sekolah? Kelas tersebut benar ada lho, Mommies. Kelas kebahagiaan ini sendiri ada pada 100 sekolah di negara Jerman. Berbeda dengan mata pelajaran yang umumnya ada tes pada akhir semester, mata pelajaran kebahagiaan yang diajar langsung oleh kepala sekolah ini tidak ada ujiannya. 

Meskipun begitu, selama tahun ajarannya setiap siswa membuat proyek kebaikan menjadi kenyataan. Salah satunya adalah mengadakan acara amal. Jika diterapkan di Indonesia, kelas kebahagiaan ini tentunya dapat menumbuhkan rasa empati anak kepada orang lain, menghargai orang lain, dan mengembangkan moral anak. 

7. Ilmu Kehidupan

Mata pelajaran yang satu ini diterapkan oleh negara Turki. Uniknya, pada tiga tahun pertama Sekolah Dasar di Turki, kelas ini menjadi salah satu mata pelajaran wajib selain Matematika, bahasa asing, bahasa Turki. 

Kelas yang bernama lain “Hayat Bilgisi” ini bertujuan untuk mengajarkan anak tentang peristiwa yang ada di negara dan dunia, menjaga kesehatan dan alam, sampai dengan menghormati orang lain. Kelas yang memiliki manfaat banyak ini patut diterapkan di Indonesia. 

8. Komunikasi

Pada umumnya, komunikasi sendiri banyak ditemukan pada jurusan perkuliahan. Namun, apa jadinya jika mata pelajaran ini diterapkan pada anak berusia 3-11 tahun ya Mommies? Mata pelajaran komunikasi sendiri merupakan pelajaran wajib yang ada di negara Spanyol. 

Serunya dalam mata pelajaran ini adalah anak akan disajikan sebuah film terlebih dahulu dan setelah itu mereka akan diskusi terkait topik dalam film yang diputar sebelumnya. Diskusi tersebut dapat berupa pemecahan masalah yang ada pada film. 

Mata pelajaran ini sangat menarik diterapkan di Indonesia karena bisa meningkatkan daya berpikir kritis si kecil. 

9. Kekaguman Alam

Foto: Freepik

Kelas berikutnya yang dapat diterapkan di Indonesia adalah kekaguman alam. Kelas yang ada di Jepang ini menginginkan agar anak tidak hanya mempelajari alam saja, tetapi juga mengapresiasi atau mengagumi alam yang ada di sekitarnya. 

Selain dapat menumbuhkan rasa peduli dan cinta pada dunia di sekitarnya, anak juga diajarkan untuk turut menjaga alam. 

10. Sekolah Hutan

Berbeda dengan kelas yang pada umumnya ada di Indonesia. Inggris justru memiliki kelas sekolah hutan. Di kelas ini, siswa diajarkan untuk mengenal cabang ranting, membangun gubuk, membuat api, dan lainnya. 

Kelas yang satu ini sangat menarik untuk diterapkan di Indonesia karena dapat meningkatkan daya kreativitas anak, melatih kerja sama tim, membangun karakter anak, serta melatih jiwa sosial anak. 

BACA JUGA: Terbaru 2024, Daftar Sekolah Inklusi di Pulau Jawa

Itulah beberapa mata pelajaran luar negeri yang bisa diterapkan di Indonesia. Sangat menarik untuk mengasah daya terampil si Kecil bukan, Mommies?

Ditulis oleh: Nariko Christabel

Cover: prostooleh on Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan