Now Reading
Anak Pindah Sekolah, Apa Saja yang Perlu Orangtua Siapkan Supaya Tidak Berujung Trauma

Anak Pindah Sekolah, Apa Saja yang Perlu Orangtua Siapkan Supaya Tidak Berujung Trauma

RachelKaloh
Jenis-jenis Metode Pendidikan

Anak pindah sekolah adalah hal yang umum, tetapi bukan berarti anak bisa bebas trauma kalau orangtua tidak membantu menyiapkan mental anak.

Bicara soal anak pindah sekolah, yang paling saya ingat adalah adegan dari film Inside Out, di mana Riley, si pemeran utama yang kebetulan juga memasuki usia pre-teen, terpaksa harus pindah rumah dan pindah sekolah. Hal ini membuat emosinya menjadi tidak stabil bahkan sampai timbul keinginan untuk kabur dari rumah. Ya, memang meski terlihat sederhana, atau mungkin di mata orangtua, pindah sekolah adalah pilihan yang terbaik, buat anak belum tentu. Namun, ada cara untuk membuat hal ini tidak berujung trauma pada anak.

Kunci utamanya adalah melibatkan anak, bahkan dari awal Mommies dan suami memutuskan untuk pindah tempat tinggal atau pindah sekolah. Hindari berdiam-diam dan merahasiakan fakta bahwa Anda sekeluarga akan pindah, baik domisili maupun hanya pindah sekolah. Dengan melibatkan anak sebanyak mungkin dalam proses pindahan ini, anak akan merasa bahwa dirinya didengar, anak akan paham bahwa perasaannya bukanlah hal yang sepele. 

Selebihnya, list berikut ini bisa Anda terapkan.

Photo by Kuanish Reymbaev on Unsplash

Persiapan sebelum anak pindah sekolah

  • Komunikasi dengan pihak sekolah

Pastikan Mommies sudah terlebih dahulu berbicara dengan kepala sekolah maupun guru kelas anak, baik di sekolah lama maupun sekolahnya yang baru. Hal ini akan membantu Mommies mengurus proses transfer. 

  • Buat jurnal digital atau scrapbook berisi kenangan

Jangan anggap remeh kenangan manis yang anak sudah bina di sekolah lamanya, meskipun perpindahan ini adalah hal yang terpaksa dilakukan. Anak berhak menyimpan kenangan atas hal-hal yang selama ini ia nikmati bersama teman-teman dan guru-gurunya. 

  • Simpan data-data teman dekatnya agar anak tetap bisa menjaga silaturahmi

Jaman sekarang, semua serba dimudahkan, Anda bisa menyimpannya secara digital, termasuk alamat rumah, email, nomor telephone, bahkan akun media sosial. 

  • Pindah demi perubahan yang lebih baik

Bila proses pindah sekolah ini karena pindah domisili, tentu Mommies pasti sudah merencanakan sekolah baru untuk anak yang mendekati dengan sekolahnya sekarang, baik dari segi kurikulum maupun nilai-nilai yang ada di sekolah tersebut. Namun, bila perpindahan terjadi karena hal yang terpaksa dilakukan, misalnya anak mengalami masalah yang membuatnya harus mencari sekolah baru, maka pastikan perpindahan ini dilakukan untuk masa depan anak yang lebih baik. 

  • Hal-hal yang mendukung proses belajar mengajar di sekolah yang baru

Termasuk mencari fasilitas yang mendukung persiapan anak di sekolah barunya, misalnya kalau anak harus pindah ke luar negeri, ia perlu dibantu dengan mengikuti kelas bahasa pengantar sebelum masuk sekolah.

Baca juga: 23 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Memilih Sekolah Dasar

Persiapan ketika masuk sekolah baru

  • Bantu anak settle in

Ketika sudah beres dengan proses pindahan, luangkan waktu untuk bantu anak beradaptasi, termasuk mengurus beberapa hal di sekolah barunya.

  • Pertemuan dengan kepala sekolah dan wali kelas

Meski mungkin proses transfer ke sekolah yang baru berjalan mulus tanpa hambatan, Anda wajib mengatur pertemuan dengan kepala sekolah dan wali kelas anak dalam 1-2  minggu pertama untuk memantau keadaan anak ketika mengikuti pelajaran. 

  • Pijakkan kaki di fasilitas sekolah anak!

Seperti apa kantin, perpustakaan, lapangan olahraga sekolah anak? Meski rata-rata semua ini terpampang di dalam situs online sekolah anak, tidak ada salahnya untuk mengunjunginya secara langsung agar Anda benar-benar tahu lingkungan yang anak hadapi sehari-hari.

  • Bantu anak memilih kegiatan di luar sekolah

Anak mungkin masih perlu bimbingan dalam memilih kegiatan yang ia inginkan. Memulainya lagi dari 0 juga pasti tidak mudah, apalagi kalau di sekolah sebelumnya anak sudah banyak menggandeng prestasi. Yang pasti, tetap dukung anak menjalani kegiatan yang ia gemari.

PENTING: Menjamin kehadiran Anda, bukan menjamin kebahagiaan anak

Hal yang penting tetapi sering terabaikan akibat terlalu fokus pada proses pindahan sendiri adalah kehadiran orangtua. Memang, Anda tidak bisa menjamin anak akan lebih bahagia di sekolahnya yang baru, tetapi kehadiran Anda yang bisa mengerti perasaan tidak nyaman anak ketika menjadi “orang baru”, jauh lebih penting dan lebih ia butuhkan.

Image by freepik – www.freepik.com

Baca juga: Ternyata, Ini Hal yang Jadi Penghalang Kemampuan Anak Beradaptasi

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top