banner-detik
LIFESTYLE

Rp100 Ribu Bisa Dapat Apa Saja di Pasar Baru? Yuk, Belanja Thrifting!

author

Katharina Menge16 Mar 2024

Rp100 Ribu Bisa Dapat Apa Saja di Pasar Baru? Yuk, Belanja Thrifting!

Salah satu tempat belanja thrifting yang paling digemari adalah Pasar Baru. Kira-kira belanja dengan budget Rp100 ribu bisa dapat apa saja, ya?

Belanja thrifting kini semakin digemari oleh banyak kalangan. Apalagi kini semakin banyak pilihan tempat belanja pakaian bekas yang masih layak pakai dan bahkan bermerek itu. Ada yang offline, ada pula yang kini merambah online.

Meski begitu, salah satu tempat belanja thrifting yang terkenal dan cukup digemari adalah Pasar Baru. Saat berkunjung ke sana pada akhir pekan lalu, tim Mommies Daily pun mencoba ikut berburu baju bekas di sana.

BACA JUGA: 10 Tempat Thrifting Terbaik di Jakarta, Surga Pakaian Murah Berkualitas

Harga Sangat Bersahabat

Menurut pantauan tim Mommies Daily, deretan pakaian yang dijual sangat beragam. Ada kaus, kemeja, blouse, blazer, hingga bawahan seperti celana panjang, celana pendek, dan rok. Deretan dress juga banyak dijajakan oleh beberapa penjual. Bahkan ada juga yang menjual coat musim dingin hingga pakaian olahraga.

Harga yang dijual pun sangat beragam, yaitu mulai dari Rp20.000 saja. Tentu saja beberapa tim Mommies Daily ikut kalap saat belanja deretan pakaian yang sesuai dengan gaya mereka. Ada yang mendapatkan celana seharga Rp20.000, lho.

Budget Rp100.000 Dapat Apa Saja?

Lalu kalau bawa uang Rp100.000 kira-kira bisa belanja apa saja, ya? Setelah Momin pantau, ternyata ada banyak pilihan yang bisa dibeli.

Untuk kaus, Mommies bisa mendapatkan 5 pasang dengan harga satuan Rp20.000. Jika ambil banyak dalam satu toko, maka ada kemungkinan dapat potongan hingga gratis satu potong lagi. Perlu diingat kalau semua kembali ke penjualnya, ya.

OOTD hasil belanja Kak Reti dan Ibu Fia di Pasar Baru!

Sedangkan jika belanja blouse atau kemeja, dengan budget Rp100.000 kalian bisa mendapatkan tiga pasang. Cukup banyak penjual yang membanderol koleksi kemeja dan blouse dengan harga Rp100.000 dapat tiga. Sedangkan jika dibeli satuan harus membayar Rp35.000.

Untuk dress, penjual membanderol harganya mulai dari Rp35.000-Rp100.000. Jika beruntung maka bisa mendapatkan dengan harga yang lebih murah. Namun tak jarang ada yang menjual dengan harga yang lebih mahal, yaitu sekitar Rp100.000-Rp150.000. Untungnya ada beberapa toko yang mempersilahkan jika pembeli mau menawar, tetapi jangan Afgan alias sadis.

Berbeda dengan celana jeans, jaket jeans, dan blazer yang kebanyakan dijual dengan harga di atas Rp100.000. Biasanya model dan kondisinya masih sangat bagus serta tidak memiliki cacat. Lain lagi jika jenis pakaian ini punya defect, maka harganya pasti akan lebih murah. Tim Mommies Daily sempat mampir ke toko yang menjual jaket jeans seharga Rp50.000, lho.

Namun dari pengalaman belanja di Pasar Baru, bisa dibilang bahwa berburu pakaian dengan ukuran besar agak cukup sulit. Sebab cukup banyak pakaian yang ukurannya kecil, terutama pakaian wanita. Ditambah, sekalinya ada ukuran besar maka harganya bisa dua sampai tiga kali lipat lebih mahal.

@mommiesdaily Berapa harga baju paling murah yang pernah kamu beli waktu thrifting di Metro Atom Pasar Baru? Ini hasil belanjaan Momin-Momin. Ada yang mau dispill juga hasil mix & match pakaiannya? #samasamabelajar #pasarbaru #thrfiting #spill ♬ Rindu Muhammadku – Haddad Alwi

Tips Belanja Thrifting

Catatan untuk yang pertama kali belanja thrifting, maka sebaiknya persiapkan deretan hal berikut ini!

1. Hindari menggunakan pakaian bagus

Bukan berarti terlihat kumal, tetapi ada baiknya hindai memakai pakaian bermerek atau padu padan yang membuat kalian terlihat ‘mahal’. Sebab nanti penjual tidak akan segan ‘nembak’ harga atau tidak mau ditawar.

2. Pakai busana nyaman

Tidak hanya menggunakan pakaian nyaman, tetapi perhatikan juga alas kaki. Sebaiknya gunakan sandal yang nyaman atau sepatu. Namun ingat untuk tidak terlalu mengenakan alas kaki yang menonjol atau mahal. Apalagi nanti Anda akan berkeliling dan berdiri terus yang bikin kaki pegal.

3. Pakai backpack

Saran dari Momin yang rutin belanja pakaian bekas, gunakan backpack. Selain lebih mudah dibawa karena bisa diletakkan didepan, backpack juga bisa jadi tempat untuk menyimpan belanjaan yang banyak. Jadi Anda tidak perlu ribet menenteng kantong plastik, atau bahkan kehilangannya karena lupa ditaruh di mana.

Selain itu, hindari pakai tote bag atau tas kain yang diletakkan di samping atau belakang. Hal ini untuk menghindari kecopetan. Momin sendiri pernah hampir kehilangan ponsel karena tas tote bag Momin disilet oleh jambret. Beruntung masih rezeki Momin dan jambretnya kabur dengan tangan kosong.

4. Pastikan cukup minum dan makan

Karena berburu pakaian thrifting itu sangat melelahkan. Di Pasar Baru sendiri sudah tersedia area khusus untuk makanan dan minuman. Di tambah pilihan tempat makan di sekitarnya. Namun akan lebih baik jika Anda sudah makan terlebih dahulu supaya ada energi untuk berburu.

5. Siapkan hand sanitizer

Karena Anda akan memegang banyak baju bekas, uang, hingga aneka benda lainnya, maka akan lebih baik sudah sedia hand sanitizer untuk membersihkan tangan. Jadi tidak perlu bolak balik kamar mandi.

Jadi, siapa yang berminat untuk thrifting di Pasar Baru dalam waktu dekat? Jangan kalap, ya!

BACA JUGA: 7 Surga Thrifting di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya, Mulai Rp10.000

Cover: Pexels

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan