banner-detik
PARENTING & KIDS

Tips Parenting Veronica Tan, Kini Lepas Anak Sekolah ke Luar Negeri

author

Katharina Menge30 Jan 2024

Tips Parenting Veronica Tan, Kini Lepas Anak Sekolah ke Luar Negeri

Veronica Tan baru saja melepas anak perempuannya untuk belajar ke luar negeri. Yuk, kita intip gimana tips parenting yang dia terapkan.

Lewat unggahannya di media sosial, Sabtu (27/1), Veronica Tan terlihat melepas putrinya, Nathania, untuk melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat. Dia pun mengungkapkan pesan bahwa menuntut ilmu bisa dimana saja, dan akan lebih baik lagi jika bisa kembali untuk membangun negeri.

Sebagai single mom, Vero pun bersyukur karena anak-anaknya tumbuh besar dan sehat. Dia mengatakan bahwa itu akan menjadi anugerah yang lebih besar ketika anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab serta mandiri.

Tentu masa depan anaknya tak lepas dari peran Veronica Tan sebagai orang tua yang membimbing dan memberikan contoh kepada ketiga anaknya, Sean, Daud, dan Nia. Apalagi menjaga kedekatan dengan anak usia remaja dan dewasa bukanlah hal yang mudah. Tentu ada tips yang diterapkan sosok Vero.

Lalu bagaimana tips parenting yang diterapkan Veronica Tan dalam membesarkan anak-anaknya yang sudah remaja dan dewasa tersebut. Yuk, intip di bawah ini!

BACA JUGA: Tips Parenting Orang Tua Taylor Swift: Tidak Memberikan Tekanan pada Anak

Tips Parenting Veronica Tan

Bisa jadi panutan, berikut deretan tips parenting Veronica Tan mendidik anak-anaknya yang sangat menginspirasi!

1. Mengontrol dari belakang

Saat tampil di acara FYP tahun 2022 lalu, Vero mengatakan bahwa dia selalu berusaha mengerti masing-masing kepribadian anak serta pergaulannya. Namun dia menjelaskan bawah dia berusaha untuk terus mengontrol dari belakang.

“Sebenarnya cara mendidik (anak) sekarang, mau gak mau, kita mengerti mereka seperti apa, pergaulan mereka seperti apa, tapi di belakang kita kontrol,” jelasnya.

2. Wajib komuniaksi dua arah

Di era digital dengan segala gempuran teknologi membuat gadget jadi andalan semua orang. Veronica Tan pun sadar bahwa dirinya dan anak-anak pasti akan lekat dengan gadget. Walau pun begitu, bagi vero komunikasi dua arah adalah hal yang wajib dilakukan.

Menurutnya orang tua perlu tahu apa yang dilakukan anak-anaknya, baik di sekolah atau lingkungan sekitar. Dia pun rutin bertanya pada ketiga anaknya mengenai aktivitas mereka di sekolah. “Nah dari situ sebenarnya kita bisa tahu, di sekolah ada kejadian apa dan nilai-nilai apa yang diajarkan di sekolah. Kita membangun komunikasi,” ungkap Vero, dikutip dari HaiBunda.

3. Tak masalah dibilang bawel

Ego orang tua seringkali berharap bahwa anak-anaknya yang akan mendatangi dan membangun usaha agar hubungan baik terbangun. Namun belajar dari pengalaman, menurut Vero setiap orang tua harus tetap menjaga komunikasi dengan anak.

“Saya rasa bagaimana pun orang tua harus keep in touch sama anak-anak, terus-menerus nanya. Meskipun dibilang bawel, ya, enggak apa-apa, toh, mereka juga besok lupa,” ungkap mantan istri Ahok itu.

4. Harus rela capek

Masih bicara tentang komunikasi, Vero sadar bagwa di era digital ini anak-anak seringnya berkomunikasi satu arah dengan gadget mereka. Anak-anak bisa berkomunikasi dengan sesuatu yang tidak tampak, sementara generasi orang tua zaman dulu lebih banyak berkomunikasi intra personal.

Jadi, penting untuk orang tua tahu mengetahui dunia dimana anak-anaknya berada. Caranya adalah dengan berusaha membangun komunikasi di tengah gencatan gadget dan kegiatan favorit anak.

Pasti banyak orang tua yang merasa kesulitan mengajak anak-anaknya keluar rumah dan menghabiskan waktu bersama. Ditambah orang tua seringkali sudah keburu lelah di akhir pekan dan maunya beristirahat. Menurut Veronica Tan itu adalah tantangan berat bagi para orang tua. Meski begitu dia mengatakan bahwa orang tua harus siap capek dan memaksakan diri agar bisa menjalin komunikasi dan mengenal lebih dekat anak-anaknya.

5. Dukung pilihan anak

Seperti ungkapan yang dituliskan dalam foto saat melepas Nia sekolah ke California, Amerika Serikat, Vero mendukung anaknya untuk mengenyam pendidikan di mana pun, termasuk di luar negeri. Dia juga mendukung pilihan Sean untuk mengambil jurusan Kedokteran dan kini sudah lulus.

“Menuntut ilmu boleh dimanapun tetapi berharap mereka bisa kembali lagi untuk membangun negeri sendiri,” tulis Vero.

Tak hanya memberikan dukungan pada pilihan pendidikan, Veronica Tan juga mendukung karier yang tengah dijalankan anaknya. Hal itu bisa dilihat dari dukungan yang diberikan untuk bisnis kopi milik Sean.

Sean diketahui tengah merintis bisnis kopi yang dimulainya sejak tahun 2020 lalu yang diberi nama Kopi Se-Indonesia. “Having coffee with my mom @veronicatan_official at the heart of the city. Here’s to more moments like this for @kopiseindonesia,” tulis unggahan video terbaru Sean dengan sang ibu.

Itu dia deretan tips parenting Veronica Tan dalam membesarkan ketiga anaknya. Siapa yang punya tips parenting serupa?

BACA JUGA: Tips Parenting Ryan Gosling: Biarkan Anak Merasakan Semua Emosi

Foto: Instagram/veronicatan_official

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan