banner-detik
EDUCATION

Link Soal PAS SMP Kelas 7 Semua Pelajaran, Ada Tips Belajar!

author

Mommies Daily03 Dec 2023

Link Soal PAS SMP Kelas 7 Semua Pelajaran, Ada Tips Belajar!

Soal-soal ini bisa meningkatkan pemahaman materi dan meraih hasil terbaik dalam ujian anak SMP kelas 7. Berikut beberapa link soal PAS untuk kelas 7.

Menjelang akhir tahun, murid-murid di Indonesia akan menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS). Tak terkecuali, murid SMP kelas 7. Salah satu cara paling efektif dalam belajar adalah dengan latihan soal. Maka itu, Mommies Daily i hadirkan kumpulan soal Pas kelas 7 SMP yang dirancang untuk membantu anak mempersiapkan diri dengan baik.

Soal-soal ini mencakup berbagai mata pelajaran dan dirancang sesuai kurikulum yang berlaku. Mommies bisa menggunakan soal ini sesuai kebutuhan untuk mengukur kemampuan anak dalam mempersiapkan PAS. 

BACA JUGA: 35 Soal Matematika Kelas 1 SD Kurikulum Merdeka Beserta Kunci Jawaban

Tips Mendampingi Anak Belajar Menjelang PAS

Sebelumnya, berikut adalah tips mendampingi anak belajar menjelang PAS, ataupun ujian lainnya. 

1. Jadwal Belajar yang Teratur

Ajak anak membuat jadwal belajar yang terstruktur dengan memperhatikan waktu belajar dan istirahat secara seimbang. Tentukan prioritas pada mata pelajaran yang sulit dan memerlukan waktu belajar yang banyak. Pastikan semua materi yang akan muncul di ujian ter-cover tanpa menimbulkan kelelahan pada anak. 

2. Motivasi Positif

Dibandingkan mengancam anak agar tidak mendapat nilai jelek, cobalah dukung anak dengan motivasi positif. Fokus pada pencapaian mereka dan berikan pujian ketika meraih kemajuan. Hal dapat meningkatkan kepercayaan diri dan semangat belajar. Jangan sampai anak stres menjelang PAS, ya! 

3. Pahami Gaya Belajar Anak

Sebagai orang tua, coba kenali gaya belajar anak. Apakah mereka lebih suka membaca, belajar melalui praktik, atau dengan diskusi? Sesuaikan metode pembelajaran dengan preferensi mereka. Misal, anak yang butuh pendampingan saat belajar bisa saja mengikuti kerja kelompok atau les bimbel. Ada juga anak yang suka belajar sendiri tanpa gangguan di kamarnya. Tentunya, setiap anak harus merasa nyaman belajar dengan cara mereka sendiri. 

4. Variasi Sumber Belajar

Gunakan sumber belajar yang beragam, seperti buku teks, video pembelajaran, dan materi online. Pendekatan ini dapat membantu pemahaman konsep secara holistik. Mommies bisa membantu menyediakan materi berupa kumpulan  latihan soal untuk menjadi bahan pembelajaran.

5. Beri Target dan Reward

Mommies juga bisa memberikan reward jika anak sukses menyelesaikan target nilai tertentu ujiannya. Misal, jika semua nilai PAS anak sesuai KKM, dia bisa liburan ke luar kota bersama keluarga. Hal ini memotivasi mereka untuk tekun belajar dan memiliki target nilai. Namun, Mommies juga patut mengapresiasi anak yang tidak berhasil mencapai targetnya dan jangan merendahkannya. 

BACA JUGA: Kumpulan Link Soal PAS SMA Kelas 12 Jurusan IPA

Kumpulan Link Soal PAS Kelas 7

Semua Pelajaran

Matematika

Bahasa Indonesia

Bahasa Inggris

IPA

IPS

PKN

BACA JUGA: Kumpulan Link Soal PAS SMA Kelas 10, untuk Jurusan IPS

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Photo by RDNE Stock project on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan