banner-detik
EDUCATION

9 Sekolah yang Punya Program Akselerasi di Pulau Jawa, Ada Sekolahmu?

author

Dhevita Wulandari28 Nov 2023

9 Sekolah yang Punya Program Akselerasi di Pulau Jawa, Ada Sekolahmu?

Beberapa sekolah di Pulau Jawa ini memberikan peluang melalui program akselerasi hingga membantu murid mengejar prestasi akademis lebih cepat. Apa saja?

Jawa, pulau yang kaya akan sejarah dan budaya, juga menjadi pusat pendidikan yang menonjol di Indonesia. Di tengah perkembangan dunia pendidikan, program akselerasi menjadi pilihan menarik bagi para pelajar yang bersemangat untuk mengejar prestasi. Program akselerasi dalam pendidikan adalah suatu program yang dirancang untuk mempercepat proses pembelajaran bagi murid yang memiliki kemampuan belajar di atas rata-rata.

Tujuan utama dari program akselerasi adalah memberikan tantangan yang sesuai dengan kemampuan dan kecepatan belajar murid yang lebih tinggi, sehingga mereka dapat mengejar dan menyelesaikan materi pembelajaran dengan lebih cepat daripada rekan-rekan sekelas mereka. Di beberapa sekolah, program akselerasi dikenal atau disebut dengan SKS (Sistem Kredit Semester)

Berikut adalah sekian sekolah di Jawa yang memberikan kesempatan kepada murid untuk mengikuti program akselerasi, baik SD, SMP, maupun SMA.

BACA JUGA: Kemenag Buka Program Persiapan Beasiswa untuk Santri, Berikut Infonya!

1. International Islamic Boarding School

Alamat: Kawasan Industri Hyundai, Jl. Raya Industri Lippo No.1, Sukaresmi, Cikarang Sel., Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530
Telepon: 0811346 767 / 0811116114
Website: iibs-ri.com

International Islamic Boarding School atau IIBS adalah sekolah berasrama yang menjunjung ajaran Al-Quran dan Sunnah ke dalam kurikulum pendidikan internasional. Salah satu keunikan IIBS adalah program SKS (Sistem Kredit Semester) atau serupa dengan akselerasi yang memungkinkan murid menyelesaikan waktu pendidikannya lebih singkat. Dengan SKS, murid SMP dan SMA bisa menyelesaikan pendidikan masing-masing dengan hanya 2 tahun.

2. SDIT AL Azhar BSD

Alamat: Jl. Puspita Raya No.2, Lengkong Gudang, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten
Telepon: (021) 5375647
Website: sd.alazhar-bsd.sch.id

Berdasarkan informasi dari Titik Kata, SDIT AL Azhar BSD menyelenggarakan Program Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI) yang terbuka bagi murid terpilih, dimulai dari kelas 3. Untuk bergabung dalam kelas akselerasi ini, murid harus memiliki prestasi akademik di atas 80, IQ di atas 130, dan melewati tahapan wawancara. Murid PDCI menerima materi pelajaran yang sama, tetapi juga mendapatkan materi pengayaan dan sesi praktik tambahan.

3. SD AL Azhar Syifa Budi

Alamat: Jl. Kemang Raya No.7, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Telepon: (021) 71793333
Website: alazhar.syifabudi.sch.id

SD AL Azhar Syifa Budi adalah sekolah unggulan dengan muatan Kurikulum Nasional dan Edexcel, juga  mengedepankan nilai-nilai Islam, pendidikan penguatan karakter, dan mengedepankan penguasaan sains, teknologi dan kemampuan multi bahasa. Sekolah ini juga memfasilitasi muridnya dengan kelas akselerasi, yaitu program pembelajaran 5 tahun bagi peserta didik yang memiliki potensi dan bakat istimewa.

4. SD Laboratorium UPI Tasikmalaya

Alamat: Jl. Dadaha No.18, Kahuripan, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat
Telepon: 085220284474
Website: sdlab-upitasik.sch.id

menyediakan program pendidikan akselerasi bagi murid kelas 5 yang memenuhi persyaratan tertentu, juga telah menempuh program pembelajaran sepadan dengan standar kelulusan tingkat pendidikan sekolah dasar berdasarkan hasil seleksi kemampuan akademik di tingkat kelas 4. Sementara itu, murid tingkat kelas 5 yang tidak mengikuti program akselerasi diberi peluang untuk menuntaskan program reguler sampai ke tingkat kelas 6. SD Laboratorium UPI Tasikmalaya juga memiliki program CIMIPA (Cerdas Istimewa Matematika dan IPA) untuk mempersiapkan murid mengikuti olimpiade IPA. 

5. Budi Cendekia Islamic School 

Alamat: Jl.Boulevard, Kalimulya Grand Depok, Jawa Barat
Telepon: 0877-7444-8811
Website: bcischool.sch.id

Budi Cendekia Islamic School adalah lembaga pendidikan swasta yang mengusung konsep pendidikan Islam dan juga menyelenggarakan program percepatan. Dalam lingkungan sekolah ini, program percepatan dikenal dengan sebutan kelas SKS 4 Semester. Program Sistem Kredit Semester (SKS) ini dirancang untuk memberikan wadah bagi murid dengan kemampuan akademik yang termasuk dalam kategori superior atau istimewa. Budi Cendekia Islamic School meyakini bahwa murid dengan potensi tersebut diperkirakan mampu menyelesaikan masa studi mereka dalam waktu yang lebih singkat. 

BACA JUGA: 10 Sekolah yang Menerapkan Kurikulum Cambridge, dari SD hingga SMA

6. SMA Al Masoem Bandung

Alamat: Jl. Raya Cipacing No. 22, Jatinangor – Sumedang
Telepon: (022) 7798204
Website: almasoem.sch.id

Berikutnya, ada SMA Al Masoem yang memberikan fasilitas untuk kelas akselerasi bagi murid cerdas pilihan agar bisa belajar lebih singkat yakni selama dua tahun saja. Murid akselerasi akan dipilih berdasarkan tes uji hasil murid dan prestasi yang ditunjukkan selama menjalankan pendidikan di asrama maupun di kelas reguler. SMA Al Masoem sendiri merupakan boarding school yang berdedikasi mendidik murid dengan kecerdasan spiritual, intelektual, dan emosional.

7. SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT

Alamat: Jl. Rejoso Peterongan Jombang Jawa Timur
Telepon: (0321) 865265
Website: smulandu2-jbg.sch.id

SMA Darul Ulum 2 Unggulan BPPT menawarkan program andalan yang disebut Program Sistem Kredit Semester (SKS). Menurut informasi dari situs NU Jombang, murid yang memiliki kecepatan dalam proses pembelajaran dapat mengambil jalur SKS 3 tahun plus. Sementara itu, bagi murid yang belajar dengan cepat dan memiliki kemampuan menghafal Al-Qur’an, dapat mengikuti jalur SKS 3 tahun plus Hafidz Qur’an.

Untuk bisa mengikuti program SKS 3 tahun plus atau SKS 3 tahun plus tahfidz, terdapat masa orientasi di awal semester, baik di pondok maupun di sekolah. murid harus mengikuti tes matrikulasi yang menilai bakat ekstrakurikuler, kemampuan bahasa asing, tes akademik, keterampilan membaca dan menulis Al-Qur’an, serta bakat mereka dalam mengikuti olimpiade. 

8. SMAN 3 Surakarta

Alamat: Jl. Prof. Yohanes No.58, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Telepon: (0271) 648681
Website: sman3-slo.sch.id

Selanjutnya, terdapat SMAN 3 Surakarta yang menerapkan program akselerasi yang disebut Program SKS. Program ini merupakan layanan cepat yang memungkinkan murid menyelesaikan kurikulum dalam waktu dua tahun. Dilansir dari Solo Pos, murid yang ingin mengikuti program ini harus memenuhi persyaratan, termasuk nilai tes intelegensi dan nilai SMP yang sesuai dengan standar tertentu. Pada pertengahan semester satu, murid akan menjalani asesmen, dan setelah itu mereka akan diberikan kesempatan untuk mengikuti program akselerasi belajar. 

9. MTsN 2 Ponorogo

Alamat: Jl. Ki Ageng Mirah No. 79 Ponorogo, Jawa Timur
Telepon: (0352) 461227
Website: www.mtsn2ponorogo.sch.id

Terakhir, ada MTsN 2 Ponorogo sebagai sekolah berbasis pendidikan Islam yang menyediakan kelas akselerasi, yaitu layanan kelas dengan peserta didik cerdas istimewa. Murid yang memasuki kelas ini harus memenuhi kriteria hasil nilai belajar dan IQ peserta didik yang sudah ditempuh satu semester, sesuai ketentuan yang berlaku. Program ini bertujuan untuk memberi kesempatan kepada murid untuk menyelesaikan program reguler dalam jangka waktu yang lebih singkat dibanding teman-temannya.

BACA JUGA: 5 Daftar Sekolah yang Menerapkan Kurikulum IPC untuk Siswa SD Mereka

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Photo by Max Fischer on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan