banner-detik
EDUCATION

5 Daftar Sekolah yang Menerapkan Kurikulum IPC untuk Siswa SD Mereka

author

Katharina Menge19 Nov 2023

5 Daftar Sekolah yang Menerapkan Kurikulum IPC untuk Siswa SD Mereka

Kalau Mommies ingin mencari sekolah dengan kurikulum IPC, maka wajib baca artikel ini sampai tuntas! Ada beberapa sekolah yang bisa jadi rekomendasi!

Kini ada banyak pilihan kurikulum yang diterapkan oleh berbagai sekolah swasta Internasional, salah satunya adalah IPC atau International Primary Curriculum.

Sebelumnya Mommies Daily pernah membahas lengkap mengenai kurikulum yang satu ini. Namun tidak ada salahnya mengulas kembali secara singkat kurikulum IPC ini.

Kurikulum IPC adalah kurikulum yang dirancang secara komprehensif untuk anak usia 5-11 tahun. Kurikulum ini menerapkan student centered dan fokus pada pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengeksplorasi tema-tema internasional yang menarik. Sehingga anak mampu dibentuk menjadi pribadi dan karakter yang baik, dan tidak terdepan di bidang akademis dan hafalan.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa sekolah Internasional yang menerapkan kurikulum ini untuk pada anak didiknya. Sekarang Mommies Daily akan membahas deretan sekolah tersebut. Sudah siap?

BACA JUGA: Biaya Masuk SD, SMP, dan SMA Internasional, Ada yang Biaya Pendidikannya Sampai 400 Juta

Daftar Sekolah yang Menerapkan Kurikulum IPC di Indonesia

Ini dia daftar sekolah yang menerapkan kurikulum IPC!

1. Focus Independent School (FIS)

Sekolah yang menerapkan kurikulum IPC adalah Focus Independent School di Solo, Jawa Tengah. Sekolah ini mengintegrasikan kurikulum nasional dengan kualifikasi berstandar internasional sebagai sarana penunjang pengalaman belajar. Di sini setiap siswa menjadi pusat pembelajarannya diri sendiri.

Kurikulum IPC diterapkan pada jenjang Primary School, sementara kurikulum IEYC diterapkan di Early Years Program. Deretan kurikulum ini memungkinan tiap siswa memenuhi kebutuhan masing-masing pada tahap perkembangan dan pendidikan dasar mereka yang penting.

Alamat: Jalan K.S. Tubun No.27, Manahan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah, 57139
Telepon: 0271 725 257, 081282735283
Website: fis.sch.id
Instagram: @fis.sch.id

2. Nord Anglia School

Di Nord Anglia School Jakarta, kurikulum IPC diterapkan pada Primary Program usia 5-11 tahun. Sekolah ini menggunakan perpaduan English National Curriculum dan International Primary Curriculum (IPC), sehingga pembelajaran dilakukan secara ketat, terkini, dan terfokus secara global.

Kombinasi ini membuat anak-anak tetap belajar mata pelajaran tradisional English National Curriculum, lalu kemudian dipadu dengan IPC yang memungkinan anak-anak untuk mengeksplorasi dan menghubungkan banyak hal dalam pembelajaran dengan segala hal yang ada di sekitar mereka.

Alamat: Jalan NIS, Jl. Kenanga Terusan Jl. Ampera Raya No.1, RT.4/RW.3, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 12560
Telepon: 021 782 3930 (General), 0811 972 7979 (Admission)
Website: nordangliaeducation.com/nas-jakarta
Instagram: @nasjakarta

3. Kinderstation School

Kurikulum IPC di Kinderstation School juga diterapkan pada jenjang SD, tepatnya di SD Cahaya Bangsa Utama. Secara garis besar, sekolah ini berorientasi internasional yang berkomitmen mendorong setiap siswa mencapai potensi maksimalnya, baik dalam pembelajaran maupun pengembangan sosial.

Di lingkungan sekolah dan proses belajar mengajar, sekolah ini menerapkan bahasa Inggris. Tak hanya IPC, SD Cahaya Bangsa Utama juga mengombinasikannya dengan Kurikulum Nasional dengan 12 mata pelajaran utama yang diajarkan.

Alamat: Jl. KH Muhdi, Corongan, Maguwoharjo, Corongan, Maguwoharjo, Sleman, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Telepon: 0274 485 411, 0851 0082 0758
Website: kinderstationschool.sch.id
Instagram: @kinderstationprimary

4. British School Jakarta

Sekolah berikutnya yang menerapkan kurikulum IPC adalah British School Jakarta (BSJ). Kurikulumnya diterapkan pada program Sekolah Dasar untuk Kelas 1- 6 yang dirancang untuk memberikan pendidikan menyeluruh berdasarkan Kurikulum Nasional Bahasa Inggris (ENC) dan Kurikulum Dasar Internasional (IPC).

Alamat: Bintaro Jaya Sektor 9, JI. Raya Jombang, Pondok Aren, Tangerang 15427
Telepon: 021 745 1670
Website: www.bsj.sch.id
Instagram: @britishschooljkt

5. Sekolah Royal Tunas Mulia

Sebagai bagian dari Regality Academy, Sekolah Royal Tunas Mulia merupakan Sekolah Dasar Internasional bergengsi yang berlokasi di Jakarta Pusat Selatan. Sekolah ini menerapkan International Primary Curriculum (IPC) pada sekolah dasarnya, sementara untuk SMP menggunakan International Middle Years Curriculum (IMYC).

Sekolah Royal Tunas Mulia sengaja memupuk karakter para siswanya melalui Personal Goals yang ada di IPC, serta keterampilan kepemimpinan, melalui penerapan program The Leader In Me.

Alamat: The Kuningan Place, Jalan Kuningan Utama Lot 15, Lumina Tower, 9th floor, 12960 Jakarta, Indonesia
Telepon: 0811-8899-400
Website: regalityacademy.sch.id
Instagram: @regalityacademy

BACA JUGA: 10 Sekolah Terbaik dengan Kurikulum IB di Jabodetabek, Ini Daftarnya

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan