banner-detik
EDUCATION

10 Sekolah yang Menerapkan Kurikulum Cambridge, dari SD hingga SMA

author

Dhevita Wulandari22 Nov 2023

10 Sekolah yang Menerapkan Kurikulum Cambridge, dari SD hingga SMA

Kurikulum Cambridge bisa menjadi pilihan bagi orang tua yang ingin pendidikan kelas Internasional untuk anak. Ini beberapa daftar sekolahnya di Jabodetabek.

Pendidikan berkualitas menjadi landasan penting bagi perkembangan anak-anak di masa depan. Bagi orang tua di wilayah Jabodetabek yang mencari sekolah dengan kurikulum berstandar internasional, kurikulum Cambridge menjadi pilihan yang menjanjikan.

Kurikulum ini dirancang untuk memberikan standar pendidikan internasional yang tinggi dan dapat diakui secara global. Ada sekian sekolah mulai dari tingkat SD sampai SMA berkurikulum Cambridge yang memberikan pengalaman belajar komprehensif dan mendukung perkembangan akademis murid. 

Berikut adalah rekomendasi 10 sekolah dengan kurikulum Cambridge di Jabodetabek. 

1. Al Azhar Rawamangun

Alamat: Jl. Sunan Giri No.1, RT.2/RW.15, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
Telepon :(021) 47867777
Website: yapi.sch.id

Al Azhar Rawamangun dikenal menjadi salah satu sekolah berbasis agama Islam yang menggunakan kurikulum Cambridge. Sekolah ini mempunyai jenjang pendidikan dari Playgroup hingga SMP. Selain pengembangan karakter, sekolah ini juga fokus mendidik muridnya dengan berbagai nilai agama, serta skill yang berguna. Al Azhar Rawamangun juga memiliki ekstrakurikuler dan aktivitas menarik untuk para muridnya.

BACA JUGA: 5 Daftar Sekolah yang Menerapkan Kurikulum IPC untuk Siswa SD Mereka

2. Bina Tunas Bangsa School

Alamat: Jl. Pluit Timur, Pluit, Kec. Penjaringan, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450
Telepon: (021) 6698888
Website: btbschool.org

Selanjutnya, ada Sekolah BTB yang terdiri dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Sekolah ini memiliki kurikulum Cambridge dan juga IB. Bagi siswa tingkat 7 dan 8, Sekolah BTB menggunakan program ‘Cambridge Lower Secondary’, sementara Program ‘Cambridge Lower Secondary 2’ digunakan bagi murid tingkat 9 dan 10 dengan ujian internasional IGCSE pada akhir tahun pelajaran di tingkat 10. Sistem pengajaran BTB School meliputi penyesuaian untuk keunikan individu, menyediakan struktur dan evaluasi, serta meningkatkan kebaikan individu. 

3. Global Nusantara School

Alamat: Taman Meruya Ilir Jalan Taman Meruya Blok L, RT.4/RW.2, Meruya Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11620
Telepon: 021-58902899/081118992899
Website: gns.sch.id

Global Nusantara School terdiri dari jenjang TK sampai SMP, dan menggunakan Kurikulum Cambridge sebagai kurikulum inti. Sekolah ini menawarkan jalur Sertifikasi Cambridge International Examination (CIE) yang diakui secara internasional dan juga Sertifikasi Pendidikan Nasional Indonesia. Global Nusantara School menerapkan pembelajaran aktif yang menyenangkan dan berfokus pada akademik dan pembentukan karakter. 

4. Mentari School Indonesia

Alamat: Jl. Perigi Baru No.7A, Parigi Baru, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15228
Telepon: (021) 7458937
Website: www.mentarischool.com

MIS Bintaro terdiri dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Sekolah berdedikasi mewujudkan pendidikan sosial, emosional dan pengetahuan untuk generasi muda. Untuk mendukung pembelajaran yang beragam, MIS Bintaro memiliki banyak kurikulum. Selain Cambridge, ada juga kurikulum IBPD and National Curriculum. Sekolah ini memiliki fasilitas mewah dan beragam, mulai dari lapangan, playground, laboratorium, sampai perpustakaan. 

5. Sekolah Bunda Mulia

Alamat: Jl. Lodan Raya No. 2, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Indonesia 14430
Telepon: (021) 690974/08111-833-550
Website: bundamulia.sch.id

Sekolah Bunda Mulia memiliki jenjang TK sampai SMA. Sekolah ini memiliki Cambridge International curriculum yang disesuaikan dalam The Cambridge Pathway, dimana setiap jenjang memiliki tahapan sendiri. Mulai dari Cambridge Primary untuk anak usia TK-SD sampai Cambridge Advanced untuk anak SMA yang ingin bersiap ke jenjang kuliah. Sekolah Bunda Mulia meyakini bahwa pengalaman belajar murid seharusnya memiliki makna dan relevansi ketika diperluas ke dalam kehidupan nyata. 

BACA JUGA: 10 Sekolah Terbaik dengan Kurikulum IB di Jabodetabek, Ini Daftarnya

6. Sampoerna Academy

Alamat: L’Avenue Building, Jl. Raya Pasar Minggu No.Kav. 16, RT.7/RW.9, Pancoran, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12780
Telepon: 0813-3000-3002
Website: sampoernaacademy.sch.id

Sekolah kurikulum Cambridge berikutnya adalah Sampoerna Academy. Sekolah ini menerapkan program Trilingual dan STEAM (Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika) dalam pembelajarannya. Melalui cabang yang juga tersebar di BSD, Sentul, Medan, dan Surabaya, Sampoerna Academy terdiri dari jenjang TK sampai SMA. menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan siswa dari setiap tingkat. Selain kurikulum Cambridge, sekolah ini juga menerapkan IEYC (International Early Year Curriculum) dan Kurikulum IB. 

7. Madania School 

Alamat: Telaga Kahuripan, Bogor, Tegal, Kec. Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16330
Telepon: (0251) 8602777
Website: madania.sch.id

Madania School menjadi sekolah swasta pilihan di Bogor dari jenjang Kindergarten sampai Higher Secondary yang setara dengan TK sampai dengan SMA. Sekolah ini menawarkan tiga kurikulum berupa kurikulum Cambridge, juga IB dan Kurikulum Nasional. Misi Madania School yaitu mendidik muridnya menuju kesadaran akan Tuhan, perwujudan standar kelas dunia, kehidupan dengan karakter mulia, dan perwujudan nilai-nilai Indonesia. 

8. Global Sevilla

Alamat: Pacuan Kuda, Jl. Pulo Mas Jl. Pulo Mas Jaya, RT.12/RW.16, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13210
Telepon: (021) 47882288
Website: globalsevilla.org

Global Sevilla adalah sekolah yang memiliki jenjang Kindergarten, Primary, dan Secondary. Kurikulumnya terdiri dari  Cambridge Primary, Cambridge Lower Secondary, Cambridge IGCSE, dan Cambridge A-Level. Sekolah ini Global Sevilla School menyertakan kegiatan mindfulness dalam program pembentukan karakter sekolah, dan berdedikasi menciptakan generasi dengan skill seperti interpersonal, leadership, dan problem solving. Sekolah ini juga memiliki cabang di Puri Indah, lho. 

9. Raffles Christian School

Alamat: Jalan Gedung Hijau Raya I No.1, RT.15/RW.13, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310
Telepon: (021) 75903342
Website: raffles-international.org

Terakhir, ada Raffle Christian School sebagai sekolah berbasis Kristen yang menerapkan kurikulum Cambridge. Sekolah ini rutin memberi penghargaan Outstanding Cambridge Learners Award pada murid-muridnya. Hampir sama dengan lainnya, sekolah ini menawarkan jenjang pendidikan dari Pre-Primary sampai dengan Secondary. Sekolah ini juga memiliki cabang di Kelapa Gading, Pondok Indah, dan Kebon Jeruk.

10. Sekolah Bakti Mulya 400

Alamat: Jl. Gedung Pinang No.2, RT.14/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
Telepon: (021) 7653629
Website: baktimulya400.sch.id

Sekolah Bakti Mulya 400 terdiri dari jenjang SD sampai SMA, dan menjalani tiga kurikulum yaitu kurikulum Islam, Nasional dan Internasional. Untuk kurikulum internasional, sekolah ini bekerja sama dengan Cambridge Assessment International Education. Pada tingkat sekolah dasar, diterapkan ujian akhir tahap dasar. Pada tingkat sekolah menengah pertama, diterapkan ujian akhir IGCSE, dan pada tingkat sekolah menengah atas, diterapkan ujian akhir tingkat AS Level. Bakti Mulya 400 dikenal sering melibatkan murid mereka untuk kompetisi internasional, sampai pertukaran budaya agar mendapat wawasan global. 

BACA JUGA: Mengenal Kurikulum SPC yang Berasal dari Singapura dan Populer di Indonesia

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Photo by Pavel Danilyuk on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan