banner-detik
LIFESTYLE

9 Hal yang Harus Dipertimbangkan Jika Ingin Membeli Car Air Purifier

author

Fannya Gita Alamanda16 Nov 2023

9 Hal yang Harus Dipertimbangkan Jika Ingin Membeli Car Air Purifier

Jalan raya terkenal dengan tingkat polusi udara yang tinggi. Saat kita berjam-jam terjebak kemacetan di dalam mobil, bayangkan seberapa banyak udara kotor yang kita hirup. Di sinilah (car) air purifier dapat membantu kita.

Saat ini, meskipun tinggal di pinggiran kota dengan niat menghindari udara buruk khas kota besar, ada beberapa aktivitas yang tetap menuntut kita beberapa kali dalam seminggu harus bepergian ke pusat kota. Belum lagi kalau punya hewan peliharaan dan senang mengajaknya berkendara.

Jika memiliki kondisi seperti ini, Mommies dan Daddies butuh yang namanya car air purifier. Alat ini berfungsi untuk menjaga udara di dalam kabin mobil bebas dari polutan dan partikulat lainnya. Namun, alat atau teknologi apa pun baru akan berfungsi maksimal dan bermanfaat, jika kita paham produk seperti apa yang kita butuhkan. Jadi, Mommies dan Daddies perlu tahu hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan dengan cermat jika ingin membeli air purifier untuk di mobil.

Berbagai sumber polusi udara di dalam mobil

Ada banyak sekali penyebab buruknya kualitas udara di dalam kendaraan. Beberapa yang disebutkan di bawah ini adalah sumber polusi paling umum yang mungkin ditemui.

  • Bau tidak sedap
  • Asap rokok
  • Karbon monoksida dan asap knalpot dari mobil lain
  • Karbon dioksida
  • Bulu hewan peliharaan
  • Partikulat (bentuk-bentuk polusi udara) seperti debu, jamur, serbuk sari, dan bakteri.

BACA JUGA: Benarkah Air Purifier Bermanfaat Melindungi dari Udara Buruk? Ini Kata Dokter Anak

Sebagian besar penyebab buruknya kualitas udara adalah gas (empat unsur pertama dari daftar di atas). Gas sulit dihilangkan dengan alat pembersih udara, terutama yang berukuran kecil untuk mobil, karena ukuran gas sangatlah kecil sehingga butuh penyaring yang canggih. Bulu hewan peliharaan, debu dan serbuk sari merupakan partikulat di udara dan lebih besar dari gas. Untuk menghilangkannya, Mommies dan Daddies memerlukan air purifier berbasis HEPA.

Pertimbangkan sembilan hal ini saat membeli air purifier

Demi menjaga kesehatan, kita memang harus berupaya lebih. Salah satunya dengan membeli car air purifier dan memasangnya di kendaraan. Ini untuk memastikan bahwa Mommies dan keluarga bepergian tanpa menghirup udara yang tercemar. Dalam penelitian terbaru, ditemukan bahwa kualitas udara dalam ruangan bisa lebih buruk daripada polusi lingkungan, sehingga menyebabkan sejumlah masalah kesehatan pada anak-anak dan orang dewasa.

Jadi, apa yang kita butuhkan dari car air purifier? Apa saja fitur penting yang harus dicari ketika ingin membeli air purifier untuk kendaraan? Perhatikan sembilan hal penting ini.

1. Teknologi pemurnian udara

Karena pembersih udara bervariasi dalam hal kualitas, Mommies dan Daddies bisa memilih salah satu produk air purifier dengan teknologi efektif seperti filter HEPA, filter karbon, atau ionizer. Masing-masing mempunyai kelebihan tersendiri. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Penggantian penyaring

car air purifier

Foto: Image by Freepik

Cermati, apakah pembersih udara yang sedang Mommies dan Daddies pilih-pilih memerlukan penggantian filter. Beberapa produk memiliki filter yang dapat dicuci pakai, sementara yang lain memerlukan penggantian rutin. Perhatikan juga biaya dan pemeliharaan yang dibutuhkan produk air purifier yang membuat tertarik.

PAGES:

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS