banner-detik
SELF

Benarkah Air Purifier Bermanfaat Melindungi dari Udara Buruk? Ini Kata Dokter Anak

author

RachelKaloh23 Aug 2023

Benarkah Air Purifier Bermanfaat Melindungi dari Udara Buruk? Ini Kata Dokter Anak

Sebelum checkout Air Purifier, ada baiknya simak dulu apa kata pakar (dokter anak), apakah benar bisa melindungi Anda dan keluarga dari udara buruk?

Semoga kita semua belum lelah untuk sama-sama mencari solusi atasi polusi. Benar, ini sudah ranahnya pemerintah memang, tapi setidaknya, kita sebagai warga bisa terus berusaha menjaga diri. Buat orangtua, tidak ada kekhawatiran yang lebih besar selain kesehatan anak. Apalagi mereka dengan riwayat alergi. Miris, ya, udara bersih itu kan hak manusia. Kalau sudah begini keadaannya, yang tadinya masih bisa menahan diri untuk nggak beli air purifier, sekarang beda cerita. Semacam ada tuntutan untuk punya, demi keselamatan keluarga. Namun, ada baiknya untuk menyimak dulu kata dokter anak berikut ini. 

kalimat afirmasi positif

Apakah air purifier benar bermanfaat melindungi dari udara buruk?

Salah seorang teman saya yang kebetulan baru saja membawa anaknya berobat, menanyakan hal ini pada dr. Nia Kurniati, Sp.A(K). Menurut beliau, penggunaan air purifier di dalam ruangan bisa sangat membantu, terutama bila ada anggota keluarga yang memiliki riwayat alergi, dengan syarat, harus digunakan sesuai dengan kapasitas. Misalnya kalau produk air purifier tersebut hanya bisa menjangkau kamar dengan luas 25m2, maka jangan gunakan di ruangan yang lebih luas dari ukuran tersebut. Selain itu, perhatikan juga apakah pintu ruangan terbuka saat air purifier menyala, karena bila ya, maka alat tersebut perlu bekerja lebih keras lagi untuk mem-filter udara yang masuk dari luar. 

Baca juga: Marak ISPA Pada Anak Saat Polusi Udara Meningkat, Orang Tua Harus Lakukan Ini

Peran filtrasi udara sebagai penentu kesehatan masyarakat

Menurut jurnal yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information, WHO Guidelines for Indoor Air Quality menyebut bahwa kualitas udara di dalam rumah, kantor, sekolah, pusat penitipan anak, gedung-gedung publik, fasilitas layanan kesehatan atau gedung-gedung swasta dan publik lainnya merupakan salah satu penentu kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Sejatinya, penyaringan udara bisa diwujudkan dengan memanfaatkan ventilasi ruangan atau jendela yang memang menjadi syarat utama pembangunan ruangan pada umumnya. Namun, pertukaran udara indoor dan outdoor dari ventilasi kini justru menjadi sebuah ancaman akibat udara yang kian tercemar polusi. Maka, kita tidak lagi bisa mengandalkan ventilasi sebagai alat filtrasi udara, melainkan perlu tindakan pengendalian lingkungan dengan menggunakan peralatan tambahan, seperti AC, pembersih ruangan portable, termasuk air purifier. 

Cara Kerja Air Purifier

Pada umumnya, air filter/air purifier yang tersedia saat ini menggunakan sistem filter berlapis, dari prefilter, filter karbon, filter antibakteri, dan filter HEPA. Filter HEPA yang biasanya digunakan di rumah sakit, memang telah memberikan kontribusi signifikan pada alat pembersih udara rumah. Filter HEPA menggunakan filtrasi mekanis untuk menghilangkan partikel di udara. Filter HEPA distandarisasi pada tingkat efisiensi minimum 99,97% untuk menghilangkan partikel berdiameter lebih dari atau sama dengan 0,3μm (1/83.000 inci). Artinya, untuk setiap 10.000 partikel berdiameter 0,3μm, 3 akan melewati filter, dan sisanya akan terperangkap oleh filter.

Bagaimana dengan kalung Air Purifier?

Sayangnya, sampai detik ini belum ada penelitian mengenai efektivitas alat ini yang kabarnya bisa digunakan untuk menyaring udara di sekitar anak. Namun, kalau kita mau lebih teliti, alat besar seperti air purifier saja punya batas kemampuan dalam bekerja menyaring udara di dalam ruangan. Kalau ruangan dianggap terlalu besar, maka kerja alat tersebut tidak akan maksimal. Lalu, bayangkan bagaimana sebuah alat yang ukurannya jauh lebih kecil ini bekerja melindungi udara di sekitar anak, apalagi ketika ia berada di luar ruangan. Mungkin akan lebih bijak bila kita saja yang membatasi kegiatan anak di luar ruangan, demi mengurangi risiko anak terpapar udara yang tercemar. 

Baca juga: Rekomendasi Air Purifier Terbaik untuk di Rumah, Harga Mulai Rp1 Jutaan

Share Article

author

RachelKaloh

Ibu 2 anak yang hari-harinya disibukkan dengan menulis artikel dan content di media digital dan selalu rindu menjalani hobinya, menjahit.


COMMENTS