banner-detik
EDUCATION

7 Cara Jitu Anak Paham Materi Pelajaran, Nomor 4 Efektif Dilakukan

author

Mommies Daily29 Oct 2023

7 Cara Jitu Anak Paham Materi Pelajaran, Nomor 4 Efektif Dilakukan

Dibandingkan membaca buku berulang kali, ternyata ada banyak cara jitu dan lebih efektif agar paham materi pelajaran bagi anak.

Mengajarkan anak-anak dalam memahami pelajaran bukanlah tugas yang mudah bagi sebagian orang tua. Ada beberapa materi pelajaran yang memang sulit dipahami anak. Selain itu, konsentrasi belajar anak bisa saja terganggu. Entah karena handphone, televisi, atau justru bermain dengan orang rumah. Tidak dapat dipungkiri, kegiatan belajar memang butuh tingkat konsentrasi yang tinggi dan suasana yang mendukung. Namun, Mommies tak perlu khawatir ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk membantu anak-anak memahami materi pelajaran dengan lebih cepat dan efisien. 

Tips Bantu Anak Kuasi Materi Pelajaran

Berikut adalah 7 tips yang dapat Mommies coba untuk membantu anak menguasai materi pelajaran dengan lebih baik.

1. Membuat mind map sendiri

Salah satu cara untuk memahami materi pelajaran adalah dengan membuat mind map terlebih dahulu. Mind map adalah suatu kerangka yang disusun dengan mengelompokkan ide-ide menjadi bentuk visual atau gambar, yang membantu dalam mengingat dan memahami kerangka materi yang ada. Dengan mind map, anak akan lebih mudah mengerti materi secara rinci. Mind map bisa menjadi pilihan bagi anak yang lebih suka belajar secara visual.

BACA JUGA: Kenali Pendidikan Vokasi, Lulusannya Bisa Langsung Kerja!

2. Membuat catatan kecil

Cara memahami materi pelajaran dengan cepat yang selanjutnya adalah dengan membuat catatan kecil. Saat guru memberikan penjelasan penting dalam suatu materi, Si Kecil bisa mencatat hal tersebut agar tidak terlupa di kemudian hari. Mommies bisa mengajarkan anak membuat catatan di post-it atau kertas berwarna yang menarik perhatian. Jika memungkinkan, anak juga bisa mempersiapkan satu buku untuk menulis poin-poin penting yang bisa dibaca berulang-ulang. 

3. Menggaris bawahi atau highlight bagian yang penting

Menggaris bawahi hal-hal penting dalam setiap materi akan membantu dalam memahami maksud atau poin dari materi yang disampaikan guru. Mommies bisa menyorot poin-poin penting menggunakan pulpen atau highlight dengan stabilo. Dengan demikian, setiap kali anak ingin mempelajari satu materi, mereka sudah tahu bagian mana yang penting untuk dipelajari secara mendalam.

Tidak perlu lagi membaca semua halaman satu per satu. Poin-poin ini akan membentuk struktur dan konsep, sehingga anak akan dapat memahami gambaran besar dari materi yang sedang dipelajari.

4. Sering-sering latihan soal

Belajar sebanyak apapun tidak akan berguna jika tidak dilengkapi dengan latihan soal. Latihan mengerjakan soal dapat menguji seberapa jauh pemahaman anak terhadap suatu materi. Setelah mengerjakan soal, Mommies bisa membantu anak untuk mengevaluasi jawabannya. Dengan latihan soal yang cukup, anak bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian atau evaluasi materi pelajaran.

5. Mencari teman belajar

Terkadang, anak merasa sulit konsentrasi saat belajar tanpa pendampingan. Maka itu, Mommies bisa mencari teman belajar untuk melakukan belajar secara kelompok. Pastikan jika teman belajar anak lebih memahami materi dan bersedia mengajari.

Dengan teman belajar, anak dapat melakukan brainstorming atau diskusi dalam memahami materi yang sulit. Namun, Mommies tetap harus mengawasi anak-anak saat belajar kelompok karena ada kalanya anak terdistraksi saat belajar dengan temannya.

6. Membuat jadwal belajar

Selanjutnya, Mommies bisa membantu anak membuat jadwal belajar harian untuk memastikan waktu yang produktif dalam belajar. Penerapan jadwal belajar bisa Membantu menciptakan kebiasaan belajar yang teratur dan disiplin , juga mengajarkan anak tentang pentingnya time management dan tanggung jawab. Mommies bisa memprioritaskan mata pelajaran yang sulit. Jangan lupa untuk meluangkan waktu istirahat yang seimbang dalam jadwal belajar, ya!

7. Mencari referensi belajar

Buku yang disediakan sekolah bukanlah satu-satunya sumber belajar untuk anak, lho. Di era digital saat ini, Mommies bisa mencari referensi belajar dari mana saja, khususnya di internet. Mulai dari buku materi, worksheet, sampai video edukatif yang disertai soal dan pembahasan. Sumber-sumber tersebut bisa saka memperluas ilmu anak dibandingkan materi yang ditunjukan dalam buku sekolah. Namun, jangan lupa untuk selalu mendampingi anak saat belajar dari internet, ya. 

BACA JUGA: 7 Kampus dengan Jurusan Komunikasi Terbaik, Selalu Diminati Tiap Tahun

Ditulis oleh: Azahra Syifa

Cover: Photo by Gustavo Fring on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan