banner-detik
PARENTING & KIDS

Belajar dari Serial Netflix Mask Girl, Ini 7 Kesalahan Parenting yang Harus Dihindari Orang Tua

author

Katharina Menge29 Aug 2023

Belajar dari Serial Netflix Mask Girl, Ini 7 Kesalahan Parenting yang Harus Dihindari Orang Tua

Ternyata ada banyak kesalahan parenting yang digambarkan di serial Netflix Mask Girl dan bisa jadi pelajaran untuk para orang tua

Serial Netflix Mask Girl berhasil mencuri perhatian lewat kisahnya yang cukup gelap dan plot twist. Namun dari drama tersebut ternyata kita bisa banyak belajar dari kesalahan parenting para tokohnya yang membuat anak-anak mereka menderita.

Mask Girl berkisah tentang Kim Mo Mi, seorang pekerja perwira biasa yang saat kecil bercita-cita menjadi entertainer dan tampil di atas panggung. Sayangnya, dia tidak mendapat dukungan untuk mengejar mimpinya tersebut karena punya wajah yang dianggap ‘jelek’.

Karena memiliki bentuk tubuh yang indah, dia akhirnya memanfaatkan media sosial untuk aktif live dengan menggunakan topeng dan menjadi Mask Girl. Namun dia terjebak sebuah kasus yang tidak terduga.

Selain Kim Mo Mi, cerita juga akan fokus kepada sosok Joo Oh Nam, rekan kerja Kim Mo Mi. Dia tidak percaya diri karena merasa penampilannya jelek. Dia adalah penggemar Mask Girl dan mengetahui rahasia Kim Mo Mi.

Lewat serial Netflix yang satu ini, Mommies Daily pun merangkum deretan kesalahan parenting yang digambarkan dan bisa jadi pelajaran untuk para orang tua lainnya. Mommies dan Daddies bisa menonton serial ini bersama-sama, tetapi jangan ajak si kecil nonton bersama, ya. Karena tayangan ini tidak untuk anak-anak.

BACA JUGA: 10 Kesalahan Orang Tua Saat Berkomunikasi dengan Anak Remaja

Kesalahan Parenting di Serial Netflix Mask Girl

Berikut ini daftar kesalahan parenting yang ada di Mask Girl dan wajib dihindari oleh orang tua!

1. Tidak Mendukung dan Mematahkan mimpi anak

Sang tokoh utama, Kim Mo Mi, dikisahkan suka menyanyi dan menari. Dia juga gemar tampil di depan umum dan bercinta-cita menjadi penyanyi. Sayangnya, sang ibu, Sim Young Hee, justru menyuruh Mo Mi mengubur mimpinya karena dia dianggap tidak memiliki wajah yang cantik.

2. Tidak memuji pencapaian anak

Atas segala pencapaiannya di masa kecil, Kim Mo Mi ternyata tidak pernah mendapat pujian dari sang ibu. Bukannya dipuji, pancapaian dan mimpinya justru tidak dianggap. Padahal sangat penting untuk memuji prestasi anak, Moms, supaya dia termotivasi untuk belajar dan berusaha jadi lebih baik lagi.

3. Menyakiti anak lewat ucapan

Dengan mengatakan anaknya memiliki wajah yang jelek, secara tidak langsung ibu Mo Mi menyakiti anaknya sendiri. Kalimat negatif yang diucapkan orang tua akan tinggal terus di hati anak dan membuatnya jadi rendah diri. Hal itulah yang membuat Mo Mi mengubur mimpinya dan kemudian tercetus ide untuk menjadi Mask Girl untuk menyalurkan keinginannya.

4. Tidak memerhatikan kondisi anak

Selain Kim Mo Mi, sosok Joo Oh Nam juga jadi korban kesalahan parenting dari ibunya. Ibu Joo Oh Nam, Kim Kyung Ja, adalah single parent yang bekerja keras untuk membesarkan sang anak. Sayangnya, kesibukannya bekerja justru membuat Kyung Ja jadi kurang perhatian pada anaknya.

Dia pun tidak tahu kalau anaknya jadi korban bullying. Karena sering dirundung, Joo Oh Nam pun jadi lebih senang mengurung diri dan menonton tayangan dewasa.

5. Hobi membandingkan anak

Momen ketika Kyung Ja ditelpon Oh Nam juga sangat menyedihkan. Bukannya bertanya bagaimana kabar sang anak, ibunya malah menyeramahi sang anak sambil membandingkannya dengan anak tetangga. Meski sering memuji Oh Nam di depan orang, ketika bertemu atau berbicara langsung dengan sang anak, Kyung Ja justru selalu mengomel dan membuat Oh Nam jadi malas berhubungan dengannya.

Penting juga untuk diketahui orang tua, bahwa memuji anak di depan mereka langsung adalah hal yang perlu dilakukan. Tidak harus setiap saat, tetapi lakukanlah disaat yang tepat ketika dia mendapatkan pencapaian baru. Itu akan membuat anak tahu bahwa orang tuanya bangga dan menghargai dirinya.

6. Tak perhatian pada pergaulan anak

Ketika Kim Mo Mi dipenjara, anaknya yang bernama Kim Mi Mo diasuh oleh sang nenek. Sayangnya, beliau tidak memerhatikan pergaulan sang cucu. Jadi ketika gosip tentang Mask Girl kembali beredar di sekolah Mi Mo dan membuat dia dibully, sang nenek sama sekali tidak tahu.

Dia juga tidak tahu kalau Mi Mo berkelahi di sekolah dan menyakiti anak lain, hingga akhirnya dia tahu karena dipanggil ke sekolah.

7. Ajarkan anak membenci orang lain

Ketika rumor tentang anak Mask Girl menyebar, para ibu di sekolah Mi Mo membuat anak-anak mereka menjauhi Mi Mo. Efek selanjutnya, pada anak-anak puna akhirnya membully Mi Mo berdasarkan informasi yang mereka dapatkan dari orang tua masing-masing. Yuk, Mom, jangan ajarkan anak membenci orang lain hingga akhirnya jadi pelaku perundungan, ya.

 

@mommiesdaily Semoga kita tidak menjadi seperti ibunya Kim Mo Mi, ya, Moms. Mimpi dan cita-cita anak harus dihargai dan diarahkan, bukan dipatahkan. Kira-kira apalagi tips parenting yang bisa dipetik dari serial ini? #tiktoktainment #tiktoknews #parenting #tipsparenting #maskgirl ♬ Semua Aku Dirayakan – Nadin Amizah

BACA JUGA: Kesalahan Orang tua Saat Membesarkan Anak Balita, Nomor Tiga Paling Sering Terjadi

Foto: Instagram/netflixkr

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan