banner-detik
LIFESTYLE

Bebas Gigitan Nyamuk, Ini 10 Tanaman Pengusir Nyamuk untuk Rumah

author

Mommies Daily07 May 2024

Bebas Gigitan Nyamuk, Ini 10 Tanaman Pengusir Nyamuk untuk Rumah

Gigitan nyamuk bisa berbahaya untuk kesehatan. Untuk mencegahnya, Mommies bisa tanam beberapa tanaman pengusir nyamuk ini di area rumah.

Mommies yang tinggal di Indonesia tentu sudah tak asing dengan nyamuk. Biasanya keberadaan nyamuk makin banyak di musim hujan. Tak hanya menggigit dan menimbulkan rasa gatal, gigitan nyamuk ini juga bisa membawa penyakit.

Cara terbaik untuk memerangi nyamuk adalah dengan memutus siklus hidup mereka, secara konsisten membersihkan genangan air. Namun nyamuk juga dapat diusir dengan semprotan serangga dengan aroma yang kuat, yang banyak di antaranya berasal dari tanaman yang biasa ada di kebun.

Ada deretan tanaman dengan dedaunan harum yang dapat mengusir nyamuk dan serangga pengganggu lainnya. Beberapa di antaranya merupakan tanaman herbal dengan banyak kegunaan, sehingga cocok ditanam di kebun dan juga di dapur.

Tanaman yang Bisa Mengusir Nyamuk di Rumah

In beberapa pilihan tanaman yang bisa Mommies tanam di rumah.

BACA JUGA: 7 Tanaman Hias Terbaik yang Membawa Energi Positif untuk Rumah

1. Lavender

Rumornya, nyamuk tidak menyukai aroma lavender, tapi kita manusia menyukainya. Tanaman klasik Mediterania ini dihargai karena daunnya yang berbulu halus, mekarnya yang berwarna ungu, dan aromanya yang kuat dan memabukkan.

Mommies bisa menanamnya di beberapa tempat yang tepat, terutama penanaman di tanah yang berdrainase tajam dan berkerikil-berpotensi untuk menjadi tanaman hias taman yang cantik.

2. Serai

Serai adalah salah satu tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia dan juga sering digunakan dalam masakan. Tanaman ini juga bisa tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh dengan air yang teratur.

3. Kemangi

Foto: Wikipedia

Ini juga termasuk tanaman pengusir nyamuk yang ampuh. Mommies bisa membuat pengusir nyamuk alami sendiri dengan kemangi kering dengan mudah. Cukup rendam secangkir kemangi kering dalam 1/2 cangkir air mendidih yang telah disaring, seperti saat membuat teh. Aromanya bisa mengusir nyamuk.

4. Marigold

Tanaman marigold memberikan warna taman yang mencolok serta aroma yang mudah dikenali, yang dikenal dapat mengusir nyamuk dan serangga lainnya.

5. Lemon

Tanaman ini sering digunakan dalam minuman dingin, salad hingga makanan utama. Aromanya membantu mengusir nyamuk. Cara menanamnya juga mudah, cukup di dalam pot dan sirami air dengan teratur.

6. Bawang putih

Baik saat memotong, memasak, atau makan, aroma bawang putih sangat melekat. Aromanya menempel di jari, peralatan, dan napas, dan kualitas itulah potensi senyawa allicin yang berminyak dan berbau yang tercipta saat siung bawang putih diurai yang membuatnya berpotensi sebagai pengusir nyamuk.

7. Catnip

Catnip, juga dikenal sebagai catmint, memiliki daun hijau cerah yang aromatik dan bunga-bunga kecil. Ini adalah tanaman dengan perawatan rendah yang tahan terhadap sinar matahari penuh dan penyiraman sedang hingga teratur.

8. Peppermint

Foto: Dinkes Kota Madiun

Peppermint, menawarkan aroma yang kuat dan segar. Peppermint juga dikenal dapat mengusir nyamuk. Mommies bisa jaga pertumbuhannya dengan menanamnya di dalam pot.

9. Rosemary

Rosemary adalah tanaman yang tidak membutuhkan banyak perawatan, selama diberi sinar matahari penuh dan penyiraman ringan hingga sedang di tanah yang memiliki drainase yang baik. Rosemary juga dikenal karena potensinya sebagai pengusir nyamuk, loh.

10. Geranium

Tanamlah geranium di dalam pot untuk membantu mengendalikan nyamuk di area rumah. Mommies bisa meletakkannya di sekitar teras rumah dan di area-area di mana keluarga ingin duduk-duduk tenang tanpa diganggu nyamuk.

BACA JUGA: 8 Tanaman Hias Penghilang Stres Terbaik untuk Rumah dan Kantor, Mudah Dirawat

Ditulis oleh: Imelda Rahma

CoverFreepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan