banner-detik
NUTRITION & FITNESS

10 Makanan untuk Meningkatkan Produksi Kolagen dalam Tubuh

author

Dhevita Wulandari28 Sep 2021

10 Makanan untuk Meningkatkan Produksi Kolagen dalam Tubuh

Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan dan berperan penting bagi tubuh. Mengonsumsi 10 makanan ini dapat meningkatkan produksi kolagen dengan baik.

Saat ini semakin banyak orang mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen karena mempunyai banyak manfaat bagi tubuh dan juga bagi kesehatan kulit. Kolagen merupakan salah satu protein yang berguna untuk menyusun struktur dalam tubuh seperti gigi, tulang, sendi, dan otot.  Kolagen juga merupakan komponen utama bagi kulit dan mempunyai manfaat yang baik untuk memberikan hidrasi, elastisitas, dan memperkuat kulit.

Diproduksi secara alami di dalam tubuh, produksi alami kolagen dapat berkurang sebanyak 1,5% setiap tahunnya karena bertambahnya usia yang dimulai sejak umur 25 tahun dan karena gaya hidup yang tidak baik. Maka dari itu, dibutuhkan asupan pendukung seperti makanan yang dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh seperti berikut ini.

Daging ayam

Selain menjadi makanan favorit, daging ayam juga sering dikonsumsi untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Jaringan daging putih pada daging ayam terutama yang terdapat di bagian leher dan tulang rawan menjadi sumber yang paling banyak memproduksi dan kaya akan kolagen. Mengonsumsi daging ayam yang mengandung kolagen yang cukup juga baik untuk kesehatan, terutama dalam mengobati radang sendi.

Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash

Putih telur

Tidak sebanyak yang terdapat pada daging ayam, namun kandungan jaringan ikat pada putih telur memiliki prolin yang merupakan asam amino dasar yang dibutuhkan untuk memproduksi kolagen.

Kerang dan ikan

Makanan laut seperti kerang dan ikan memiliki tulang dan ligamen yang terbuat dari kolagen. Pada daging ikan, kolagen yang terkandung lebih sedikit dibandingkan yang terdapat pada kerang. Namun, pada bagian lain seperti pada sisik atau kulit, mata, dan kepala mengandung kolagen tinggi yang baik dikonsumsi untuk produksi kolagen bagi tubuh.

Bawang putih

Bawang putih mengandung sulfur tinggi yang dapat mencegah kerusakan kolagen. Namun harus diingat, konsumsilah secara cukup dan tidak berlebihan. Karena, apabila dikonsumsi secara berlebihan dan tidak matang malah akan menyebabkan munculnya penyakit seperti sakit perut hingga pendarahan.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Produk Mengandung Kolagen untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kacang

Mulai dari kacang tanah, kacang almond, kacang mete, hingga kacang hazelnut dipercaya mengandung protein yang tinggi dan juga mengandung asam amino. Pada kacang mete, terdapat seng dan tembaga yang jika dikonsumsi dapat membantu produksi kolagen dalam tubuh.

Jeruk

Mengandung vitamin C yang tinggi sekitar 70 mg pada jeruk ukuran sedang, buah jeruk sangat bermanfaat bagi kesehatan karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas berkat antioksidan yang dimilikinya. Namun bukan hanya itu, ternyata jeruk juga memproduksi pro-kolagen sebagai perkursor atau senyawa lain tubuh untuk kolagen. Sehingga, jeruk sangat baik dikonsumsi setiap hari dengan cukup sebagai penghasil kolagen alami.

Tomat

Memiliki sumber vitamin C seperti jeruk, tomat juga mengandung antioksidan dan likopen yang tinggi untuk menjaga kesehatan kulit. Tomat mengandung sekitar 30 persen nutrisi yang penting untuk kolagen yang dihasilkan dari satu buah tomat berukuran sedang.

Buah beri

Semua jenis buah beri seperti stoberi, blueberry, raspberry, blackberry, dan beri lainnya mengandung kolagen dan antioksidan yang tinggi. Jenis-jenis buah beri ini dapat melindungi kulit dengan baik dari kerusakan.

Photo by William Felker on Unsplash

Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung klorofil yang dapat meningkatkan prekursor kolagen pada kulit. Kangkung dan bayam adalah jenis sayuran hijau yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kolagen. Selain itu, sayuran hijau juga baik untuk menurunkan berat badan, mencegah penyakit jantung, menjaga kesehatan mata dan sistem percernaan tubuh.

Kaldu tulang

Melansir dari Healthline, merebus tulang hewan dalam air dipercaya dapat mengekstrak kolagen. Hal ini dikarenakan kaldu tulang terbuat dari tulang dan jaringan ikat yang mengandung kolagen, kalsium, magnesium, asam amino, dan nutrisi lainnya. Perlu diingat bahwa setiap kaldu tulang tidak sama karena tergantung dari kualitas tulangnya. Meski begitu, kaldu tulang tetap memiliki kandungan kolagen yang baik untuk dikonsumsi tubuh.

Photo by Bluebird Provisions on Unsplash

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan