Now Reading
6 Tanda Tubuh Kelebihan Vitamin D

6 Tanda Tubuh Kelebihan Vitamin D

Meskipun sangat dibutuhkan, tetapi mengonsumsi vitamin D secara berlebihan juga bisa berbahaya. Berikut tanda tubuh kelebihan vitamin D. 

Vitamin D sangat penting karena membantu sel-sel tubuh tetap sehat dan berfungsi seperti seharusnya. Saat ini, ia bahkan disebut-sebut sebagai salah satu vitamin yang mampu mengurangi gejala COVID-19. Vitamin ini diketahui dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengurangi inflamasi akibat virus SARS-CoV-2.

Namun, apabila dikonsumsi terlalu banyak, vitamin D dapat mencapai level ‘beracun’. Kondisi kelebihan vitamin D ini sering disebut sebagai hypervitaminosis D dan menyebabkan kondisi bernama hypercalcemia. Meski kasusnya jarang ditemukan, tetapi kondisi tersebut tidak dapat diabaikan karena bisa menyebabkan kondisi serius pada tubuh.

Ali Webster, Director of Research and Nutrition Communication, International Food Information Council, menjelaskan beberapa tanda tubuh kelebihan vitamin D yang harus kita waspadai.

Berikut 6 tanda tubuh kelebihan vitamin D:

Sering mual
Menurut Webster, konsumsi vitamin D yang berlebihan dapat meningkatkan  kalsium di aliran darah. Selanjutnya, ini bisa menimbulkan berbagai masalah, seperti mual-mual atau bahkan sampai muntah. Jika Mommies sering merasa mual setelah minum vitamin D, ada indikasi jumlahnya terlalu banyak.

Dehidrasi

Mommies juga berisiko mengalami dehidrasi jika terlalu banyak mengonsumsi vitamin D. Gejala dehidrasi meliputi kenaikan suhu tubuh, tekanan darah rendah, keram otot, hingga sembelit. Jika Mommies mengalaminya setelah mengonsumsi vitamin D, pertimbangkan untuk menguragi separuh dosisnya.

lelah dan mengantuk

Merasa kelelahan

Muntah dan dehidrasi memang bisa membuat tubuh menjadi lemah. Namun, tanda lain dari kelebihan vitamin D adalah kelelahan yang dirasakan tubuh padahal Mommies tidak banyak beraktivitas sebelumnya. Mommies juga akan kehilangan nafsu makan yang akan semakin memperburuk rasa kelelahan tersebut.

Detak jantung tidak teratur

Hypercalcemia bisa mengurangi atau mengubah kemampuan sel jantung untuk berfungsi. Seseorang dengan kadar vitamin D dan kalsium yang tinggi di dalam darah juga dapat mengalami penumpukan kalsium di katup jantung.

Pada akhirnya, kedua hal tersebut membuat detak jantung tidak teratur atau terlalu cepat, dan rasa nyeri di dada. Jika Mommies mengalami gejala tersebut, bisa jadi vitamin D yang dikonsumsi berlebihan.

nyeri dada

Memiliki masalah pencernaan

Peningkatan kadar vitamin D dan kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan seperti sakit perut, sembelit, dan diare. Meskipun, kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal lainnya, tetapi ingat kembali apakah Mommies merasakannya setelah mengonsumsi vitamin D.

Mengalami nyeri sendi dan otot

Jika ada terlalu banyak kalsium yang beredar di aliran darah, tubuh mungkin tidak memiliki cukup hormon untuk mengikat mineral ke tulang secara efektif. Akibatnya Mommies akan mengalami nyeri sendi dan otot. Dalam kasus yang lebih parah, kelebihan vitamin D justru dapat membuat tulang rapuh dan mudah patah.

Itulah 6 tanda tubuh kelebihan vitamin D. Perhatikan gejalanya ya Mommies agar kondisinya semakin tidak parah. Selain itu, jika ingin mengonsumsi suplemen vitamin D, ada baiknya melakukan konsultasi dulu dengan dokter untuk mengetahui seberapa banyak yang dibutuhkan tubuh.

BACA JUGA:

10 Makanan dan Minuman yang Mengandung Vitamin D

Tips Agar Anak Mendapat Cukup Vitamin D Walau Jarang Keluar Rumah

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top