Now Reading
Bahan Makanan yang Bagus Untuk Sahur dan Buka Puasa

Bahan Makanan yang Bagus Untuk Sahur dan Buka Puasa

Tetap jaga kesehatan dengan bahan makanan yang bagus untuk sahur dan buka puasa berikut ini.

Tahukah mommies meski kita sedang berpuasa, tubuh tetap menjalankan aktivitasnya seperti biasa, seperti bernapas, mengoptimalkan semua fungsi organ dalam dan lain-lain. Makanya nih, penting banget memerhatikan asupan makanan selama sahur dan berbuka. Supaya metabolisme kita tetap terjaga.

Kami bertanya seputar tema ini ke pakar gizi, Bebby Astrika, SGz. Semoga membantu mommies menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk sekaligus tetap bugar dengan contekan bahan makanan yang bagus untuk sahur dan buka puasa.

Apa yang terjadi pada tubuh ketika puasa sejak subuh sampai magrib?

Saat tubuh berpuasa (tidak ada asupan makan di siang hari), sebetulnya metabolisme tubuh tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia untuk hidup. Jadi tubuh tetap butuh energi untuk menjalankan kebutuhan dasar seberti bernapas, menjaga suhu tubuh, mendukung fungsi jantung, bahkan perbaikan sel yang rusak. Aktivitas ini terus terjadi meskipun orang tersebut puasa. Kebutuhan kalori dasar disebut basal metabolic rate. Besarnya sekitar dua pertiga dari total pengeluaran energi.

Kenapa penting memerhatikan asupan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh, selama sahur dan berbuka?

Karena adanya kebutuhan dasar tubuh yang masih harus dipenuhi. Untuk memenuhi kebutuhan dasar ini, manusia perlu mendapatkan semua unsur gizi, dimulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Karena orang yang berpuasa hanya punya waktu terbatas untuk memenuhi kebutuhan makannya, maka sangat penting bagi kita pandai memilih makanan yang dibutuhkan tubuh. Termasuk kebutuhan cairan, karena tubuh harus tetap terhidrasi.

Sebisa mungkin hindari makanan yang komponennya gizinya tunggal atau hanya dua kandungan. Misalnya bakwan goreng (hanya karbohidrat dan lemak. Lemaknya juga lemak jahat). Lebih baik pilih makanan yang memang dibutuhkan tubuh dengan jumlah yang seimbang.

Bahan makanan yang bagus dikonsumsi saat sahur apa saja?

Gampangnya, sahur bisa diibaratkan dengan makan sarapan. Sarapan yang seimbang kan harus tetap ada karbohidrat, protein, lemak, maka saat sahur juga sebaiknya semua zat gizi tersedia. Tapi karena waktu yang lebih terbatas, maka bisa dipilih sumber-sumber makanan yang lebih praktis namun bergizi seimbang. Contoh: 

  • Karbohidrat (nasi putih, nasi merah, sereal (oat), pasta, mi, kentang); 
  • Protein (telur, telur ini paling enak memenuhi kebutuhan protein, selain gampang juga bernilai gizi tinggi, tinggal ditambah protein nabati, tempe atau tahu atau kacang-kacangan; ayam; daging; tahu; tempe); 
  • Lemak (alpukat, minyak jagung, minyak kedelai, minyak zaitun dan susu)
  • Sayur dan buah

Kalau bahan makanan yang bagus dikonsumsi saat berbuka puasa?

Meskipun waktu makan lebih panjang, namun tetap harus diperhatikan untuk berhenti makan setidaknya 2-3 jam sebelum tidur. Selama berpuasa, pengaturan jam tidur juga menjadi kunci agar bisa menjalani puasa dengan baik. Minimal tidur 6 jam, agar tubuh punya waktu untuk beristirahat. 

Namun, saat berbuka puasa, periode makan bisa dibagi menjadi dua kali. Saat berbuka (membatalkan puasa) dan setelah shalat tarawih, misalnya. Saat membatalkan berfungsi untuk mengembalikan kadar gula di dalam darah, sehingga konsumsi makanan manis sangat disarankan, dan makan setelah shalat tarawih untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Bahan makanan kurang lebih sama dengan saat sahur, tidak ada bedanya. Hanya diatur saja sedapat mungkin dalam satu hari tubuh mendapatkan jenis makanan yang bervariasi atau berbeda. Semakin bervariasi jenis makanan yang dikonsumsi maka semakin banyak zat gizi yang didapatkan tubuh.

Jika diperhatikan gizi seimbang tetap yang terbaik, ya, mom untuk tubuh. Karena meski tidak makan dan minum selama belasan jam, seluruh organ tubuh kita tidak puasa lho mengerjakan fungsinya. Jadi yuk, bijak mengonsumsi apapun selama sahur dan puasa.

Baca juga:

6 Hal Penting tentang Berpuasa di Rumah dari Ustaz Wijayanto

4 Rekomendasi Menu Takjil Sehat Rendah Gula

4 Pilihan Olahraga Supaya Puasa Terjaga, Aktivitas Tetap Lancar

Photo by Brooke Lark on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top