Now Reading
Jenis dan Rekomendasi Sunscreen, Jangan Malas Pakai!

Jenis dan Rekomendasi Sunscreen, Jangan Malas Pakai!

Ibarat kuliah yang perlu wisuda untuk dianggap selesai, skincare juga membutuhkan sunscreen untuk ‘mengunci’ dan menjadikan semua produk dapat bekerja dengan maksimal di kulit. Berikut rekomendasi sunscreen berdasarkan tekstur dan formatnya.

Well, ngerti banget kalau memilih sunscreen itu susah-susah gampang karena kebanyakan teksturnya nggak nyaman. Cek di sini aneka sunscreen yang nyaman digunakan untuk setiap jenis kulit!

Hujan maupun cerah, saat sejuk bahkan bersalju sekalipun, sinar matahari tetap menembus masuk ke bumi dalam dua bentuk: UV A dan UV B. UV A terbukti mampu menembus lapisan kulit yang lebih dalam sehingga dapat menyebabkan noda hitam dan memicu tanda penuaan seperti keriput. Sedangkan UV B menyebabkan kulit terbakar atau menggelap, tergantung dengan jenis kulit mommies. Cek gambar di bawah untuk tahu Fitzpatrick type mommies!

Itulah mengapa diciptakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV. Mengapa harus digunakan bersamaan dengan skincare? Ibarat anak sedang menderita cacingan parah, sebanyak apapun mommies memberikan makanan, apakah bisa diserap gizinya dengan baik?

Begitu juga dengan sunscreen dan skincare, tidak peduli seberapa mahal dan canggih skincare yang mommies pakai, kalau masih panas-panasan tanpa sunscreen sih … podo wae. Apa lagi ternyata sinar matahari bisa menembus jendela! Wajib waspada nih mommies yang kerja di samping jendela.

Nah, saat ini hanya ada dua jenis sunscreen yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen, di mana physical sunscreen menggunakan titanium dioxide dan zinc oxide yang dianggap GRASE oleh FDA USA dan banyak sekali jenis active ingredients dalam chemical sunscreen yang masih kontroversial dan disebut masuk ke aliran darah.

Well, saya sendiri lebih memilih mineral sunscreen terutama saat mommies sedang TTC dan hamil. Namun sebagai self-proclaimed beauty enthusiast, saya akan kasih bocoran aneka sunscreen yang nyaman banget dipakai di semua jenis kulit dan jenis-jenisnya!

Rekomendasi Sunscreen Berdasarkan Tekstur:

Cream

Good ol’ sunscreen (or sunblock)! Rata-rata memiliki tekstur creamy yang meninggalkan jejak putih atau whitecast karena tekstur ini mengandung minyak untuk membantu melarutkan active ingredients seperti titanium dioxide dan zinc oxide. Bagi sebagian orang, mungkin tekstur sunscreen ini kurang nyaman tetapi sunscreen dengan tekstur cream ini sangat cocok digunakan oleh mereka yang memiliki kulit kering. Kandungan minyak di dalamnya membantu mencegah penguapan air dari kulit dan bonus waterproof!

Lotion

Setelah cream, ada juga sunscreen dengan tekstur lotion yang lebih cair daripada cream tetapi masih mengandung kandungan minyak. Lotion sendiri dikategorikan sebagai emulsi dikarenakan terbentuk dari formula oil in water atau water in oil yang memberikan kesan nyaman dan ringan tetapi tetap melembapkan. Jelas dong kalau tekstur yang satu ini paling cocok untuk kulit kombinasi dan normal.

Gel 

Eits, jangan bayangkan gel ini seperti aloe vera gel yang transparan dan sangat ringan ya! Sunscreen gel biasanya mengandung lebih banyak air dan terbuat dari organic active ingredients seperti oxybenzone, avobenzone, dan octinoxate. Rasanya pasti nyaman sekali dan mudah meresap! Pemilik kulit berminyak pastinya akan suka sekali dengan tekstur yang satu ini.

Oil 

Hah sunscreen bertekstur oil? Jangan salah kaprah ya, bukan carrot seed oil melainkan benar-benar sunscreen dengan tekstur oil. Meskipun tidak lazim digunakan di wajah, sunscreen ini digemari untuk digunakan di tubuh saat beraktivitas di pantai karena akan memberikan kesan healthy glow skin dan pastinya waterproof. Buat mommies yang pingin kelihatan sexy saat menggunakan pakaian terbuka, wajib cobain sunscreen oil!

Rekomendasi sunscreen berdasarkan format:

Masih percaya gak mommies kalau sunscreen SPF 50 itu lebih baik daripada SPF 30? Well, myth busted! Sebenarnya pada sunscreen tidak hanya angka atau index yang harus kita lihat, tapi juga load alias seberapa banyak kita pakai dalam satu kali aplikasi dan aplikasi ulang setelah berkontak dengan air. Nah, ini dia beberapa format sunscreen yang bisa jadi pertimbangan sesuai dengan jenis kulit mommies.

Liquid 

Empat jenis sunscreen di atas adalah sunscreen liquid. Memang sih, kebanyakan sunscreen adalah liquid dan jujur moms, sulit yah kalau harus re-apply pakai sunscreen cair! Selain harus bersihkan wajah terlebih dahulu, mommies bisa aja sih apply langsung dengan bantuan puff cushion itupun kalau nyaman re-apply di atas makeup dan segala kotoran yang menempel. Oleh karena itu, saya sih lebih suka menggunakan sunscreen cair sebagai first apply apalagi sekarang sudah banyak pilihan teksturnya seperti brand favorit saya, Supergoop! punya pilihan sunscreen transparan (Unseen Suncreen), matte dan pore blurring (Matte Screen), dan glowing tapi nyaman (Glow Screen)!

Powder

Nah, ini adalah salah satu alternatif yang paling nyaman untuk kulit berminyak saat re-apply sunscreen! Sunscreen dalam bentuk powder ini sangat populer di Korea Selatan dalam bentuk pact. Namun, di Amerika dan Eropa dalam bentuk portable brush untuk re-apply kapan pun dan di mana pun! Perlu diingat bahwa powder sunscreen tidak bisa digunakan sebagai first apply sunscreen ya karena tidak cukup tahan lama!

Stick 

Bagi yang malas menggunakan sunscreen, sunscreen dalam format stick bisa jadi pilihan. Sunscreen stick biasanya memiliki dua tipe: berbahan dasar oil sehingga memberikan kesan glowing yang cocok sekali untuk memilik kulit kering dan berbahan dasar silicone yang terasa matte untuk kulit berminyak. Meskipun tidak terlalu saya sarankan sebagai first apply sunscreen, tetapi sunscreen stick ini sah-sah saja digunakan sebagai first apply sunscreen dan re-apply sunscreen. Selama mommies rajin menggunakan sunscreen, boleh aja kok!

Mist 

Buat yang gak suka repot harus pegang-pegang wajah, sunscreen mist bisa diandalkan untuk menjadi re-apply sunscreen. Biasanya sunscreen mist ini mengandung alkohol agar lebih mudah dikeluarkan dari botolnya (yang biasanya botol aerosol) sehingga pas sekali untuk digunakan oleh kulit berminyak. Namun, ada juga kok yang mengandung minyak dan air sehingga dapat digunakan untuk kulit kering atau kombinasi. Perlu diingat, setelah menggunakan sunscreen mist harus menunggu setidaknya 15-20 menit sebelum terpapar sinar matahari lagi ya!

Nah mommies, ternyata sunscreen jaman now gak cuma itu-itu aja. Apa lagi yang masih pakai sunscreen tebal yang bikin kulit jadi abu-abu monyet—duh ketinggalan jaman banget! Sekarang udah banyak banget pilihan sunscreen dengan tekstur dan format yang beragam untuk mommies jajal. Inget ya mom, bayi di atas 6 bulan itu wajib lho pakai sunscreen, apa lagi mommies-nya yang pingin tampil prima hingga tua nanti? Demikian rekomendasi sunscreen kami, happy sunscreen-ing moms! 

Sumber foto: reviews.femaledaily.com and supergoop.com

Baca juga:
10 Rekomendasi Skincare dan Makeup Untuk Kulit Wajah Glowing
8 Rekomendasi Skincare Aman Untuk Ibu Hamil

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top