banner-detik
BEHAVIOR & DEVELOPMENT

Be My Baby, Always..

author

kirana2114 Apr 2010

Be My Baby, Always..

[caption id="attachment_738" align="alignright" width="235" caption="Darris, 10 bulan"][/caption]

Mampir ke blognya salah satu online soulmate saya, Lita BananaTalk atau cheeky_one at FemaleDaily :), saya merasa seperti mengaca. Persis di hari-hari ini juga saya menyadari bahwa saya belum pernah begitu menikmati mengurus bayi dari newborn.

Jaman anak pertama (anak kedua masih sih :D), saya antusias banget pengen bocah cepet nambah kepinterannya. Terutama, pastinya, kepinteran yang biasa ditanyain orang-orang (yes, I'm guilty as charged!). Seperti misalnya tengkurap, duduk, turun dari kasur kaki duluan ketimbang hidung duluan, sampe ke jalan. Gigi nggak, soalnya nggak bisa diajarin keluar cepet hehehehehh...

Pas D1 sekitar 6 bulan, lagi rame-ramenya Glenn Doman. Saya sampe bikin kartu flash sendiri buat ngenalin kata-kata. Seminggu saya coba. D1 bengong doang. Dasar sayanya nggak telaten juga, akhirnya males deh nerusin :P.

[caption id="attachment_737" align="alignleft" width="235" caption="Dellynn, 10 bulan"][/caption]

Waktu itu saya masih tinggal bareng orang tua. Jadi walau tetep saya yang urus bocah-bocah, tapi campur tangan orang lain (bisa bantuan maupun gangguan :D) pasti ada. Mau cobain metoda A ato B pasti adaaa aja yang komentar. Milestone anak juga adaaa aja yang nanyain. Nanya doang sih nggak apa apa. Tapi karena serumah kan jadi tiap hari keliatan. Apalagi kalau sudah muncul mbok kamu ginikan, kamu gitukan. Nah kalo keliatan nggak melakukan gini dan gitu ya nanti ditanya-tanya lagi, kok nggak gini-gitu, kan biar cepet pinter. Blah...

Dari sisi saya sendiri juga jadinya terprovokasi untuk selalu melatih anak bisa sesuatu walau kadang di luar umurnya. Belum waktunya duduk sudah diajarin duduk. Belum waktunya berdiri sudah diajari berdiri biar cepet jalan. Padahal yaa, seberapa dini pun mulai ngajarin kalo belum masuk jadwalnya ya nggak akan jalan-jalan.

Baru di anak ketiga saya bener-bener bisa bebas dan membebaskan. Terpisah dari orang tua, tinggal di kontrakan, beda kota pula :)). Rumah bisa dibuat childproof. Walau susah dibilang babyproof, tapi sudah lumayan mendinglah ketimbang di rumah orang tua yang kesana nggak boleh ada ini itu, kesini nggak boleh ada anu. Ya namanya rumah yang udah lewat masa kecilnya :D. Baru kali ini saya bisa mengawasi tumbuh kembang bayi, ketimbang melatih bayi jadi anak. Bisa cuek uyel-uyel bayi 3 bulan yang ditengkurapin belum bisa angkat kepala. Santai memandangi bayi 5 bulan yang belum bisa tengkurap. Nggak pusing liat bayi 11 bulan masih melata hahahahha...

[caption id="attachment_736" align="alignright" width="207" caption="Devan, 10 bulan"][/caption]

Cuma Devan yang melewati fase cruising dalam proses belajar jalannya. Darris dan Dellynn begitu mulai berdiri-berdiri langsung dititah. Mereka berdua bener-bener jalan di usia 13 dan 12 bulan. Cuma Devan yang bisa melata sampai puas, walau bikin kumal baju lungsuran :D (biar aja kali ya udah kumal 2 turunan ini hihihihi). D1-D2 dulu kalo sampe melata bisa rame sama neneknya, bakal disuruh ganti baju berapa kali tuh sehari.

Tapi belakangan saya justru kuatir. Jangan-jangan justru kesantaian saya, keinginan saya untuk menikmati perkembangan demi perkembangan ini membuat Devan lebih lambat ketimbang kakak-kakaknya (ok, yes I know milestone is milestone, pardon my mom-ego :P). Saya takut dia keasyikan jadi bayi karena saya 'dukung'. Sekarang Devan lagi seneng merangkak. Dan dia sendiri sepertinya menikmati 'ketidakterpaksaan' ini. Sebetulnya udah bisa berdiri tanpa pegangan. Tapi masi ga pede untuk melangkah. Tiap dipancing melangkah, buru-buru duduk lagi.

So, maybe I just have to keep enjoying the moment, right?

It won't happen again..

Forever they'll be my baby...

*I shed my tears while searching for the pics :)

Share Article

author

kirana21

FD/MD resident


COMMENTS