Now Reading
Cegukan Terus Menerus, Apa Penyebab dan Bagaimana Menghentikannya?

Cegukan Terus Menerus, Apa Penyebab dan Bagaimana Menghentikannya?

annisast
ibu kaget

Cegukan pasti pernah dialami semua orang, dari bayi hingga dewasa. Tapi kalau cegukan terus menerus, apa penyebabnya dan apakah berbahaya?

Cegukan itu menyebalkan ya! Saya sendiri seringkali sebal kalau tiba-tiba cegukan. Kemarin selama beberapa hari, suami pun cegukan berkali-kali dalam sehari. Saya yang mendengarnya saja terganggu ahahaha.

Cegukan disebabkan oleh kontraksi otot yang memisahkan perut dan diafragma. Udara terlalu cepat masuk ke paru-paru dan berkontraksi secara tiba-tiba sehingga muncul cegukan.

Penyebab luarnya bisa dari makanan pedas, minuman bersoda, menelan terlalu cepat, perubahan suhu, atau sedang merasa gugup. Bisa juga karena kebiasaan minum alkohol atau merokok.

Tapi jika terjadi cegukan terus menerus apalagi jika muncul dalam waktu yang lama sampai lebih dari 48 jam, sudah waktunya mommies memeriksakan diri ke dokter ya!

Cegukan terus menerus yang sudah lebih dari 48 jam bisa jadi tanda gangguan saraf, sistem pencernaan, gangguan otak, jantung, bahkan gangguan mental seperti anoreksia. Pun rasanya tidak nyaman dan bisa membuat tidur serta makan terganggu. 

Bagaimana cara menghentikan cegukan? Dari detikHealth, berikut cara menghentikan cegukan untuk orang dewasa:

  • Tarik napas dalam dan tahan napas untuk beberapa saat. Ulangi beberapa kali.
  • Bernapas pelan dan teratur di kantong kertas. 
  • Minum air sambil menahan napas. Ulang beberapa kali.
  • Makan sesuatu yang manis.
  • Duduk, peluk lutut tekan ke arah dada tahan 2-4 menit.

Jika terjadi pada bayi, jangan panik! Begini cara mengatasi cegukan pada bayi:

  • Ubah posisi menyusui dan pastikan posisi menyusui benar. Cegukan pada bayi bsia terjadi karena saat menyusu, bayi ikut menelan udara.
  • Memeluk sambil menepuk pelan punggung bayi. Posisikan bayi seperti berdiri, kepala bersandar di bahu kita. Usahakan sampai ia bisa bersendawa.
  • Beri makan sedikit-sedikit dan jangan terburu-buru. 

Cegukan pada bayi seharusnya tidak berbahaya. Namun jika terjadi terlalu sering dan membuat mommies mulai khawatir, tidak ada salahnya dikonsultasikan dengan dokter ya!

Demikian penyebab dan cara menghentikan cegukan terus menerus. Mommies pernah mengalaminya?

Baca:
7 Cara Merawat Vagina Agar Sehat dan Bahagia
7 Rekomendasi Skin Care Lokal untuk Merawat Kulit Selama #dirumahaja

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top