banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

A Letter to My Kids About My Divorce

author

Mommies Daily13 May 2016

A Letter to My Kids About My Divorce

Ditulis oleh: Waristi Amila

Hi Kiddos, Sudah bertahun-tahun mommy menjadi orangtua tunggal bagi kalian, dan kalian memang tidak benar-benar mengerti alasannya – bukan karena mommy tidak mau menjelaskan tapi karena kalian terlalu berharga untuk dibebani dengan permasalahan dan keputusan yang kami (orangtua kalian) buat. Izinkan mommy memulainya dengan, “I am sorry”.

a letter to my kids about my divorce

Maaf karena kami tidak berhasil mempertahankan pernikahan kami sehingga membuat kalian harus tumbuh tanpa merasakan kehadiran seorang ayah dalam hidup kalian. Perpisahan ini membuat mommy harus menjadi ayah dan ibu sekaligus, hal yang hampir tidak mungkin berhasil karena mommy tidak tahu bagaimana cara menjadi ayah, tapi mommy bertahan sampai hari ini karena kalianlah kekuatan mommy.

Mommy juga terlalu sering ada di luar rumah, bekerja dari pagi sampai hampir pagi lagi, bahkan kadang tidak pulang berhari-hari. Mommy bukan tidak kangen kalian, bukan tidak ingin menghabiskan waktu bersama kalian, tapi mommy ingin kebutuhan kalian terpenuhi dan kalian mendapatkan hal yang jauh lebih baik dari yang mommy pernah raih walau itu berarti ada banyak hal yang terlewatkan dan kalian harus terbiasa tanpa mommy dalam hari-hari kalian.

Kalian mungkin tidak bertemu ayah kalian bertahun-tahun, tapi mommy yakin dia memikirkan kalian. Untuk mommy, kalian tidak perlu memilih harus bersama siapa, saat ini memang hanya ada mommy tapi kalaupun ayah kalian hadir suatu hari nanti, lapangkan hati kalian dan tertawalah bersamanya.

Mommy setuju kalau perceraian bukan hal yang baik, namun bukan berarti tidak akan ada hal baik dalam hidup kita setelahnya. Kalian adalah anak-anak yang baik dan luar biasa – dan hal baik akan datang untuk kalian. Jangan pernah kehilangan rasa percaya akan cinta kasih, karena sekarang pun kalian merasakan betapa banyaknya orang yang mencintai kalian, Kakek – Nenek, Opa – Oma, Om dan tante, sepupu kalian, sahabat-sahabat mommy, mereka semua mencintai kalian dan selalu ingin melindungi kalian.

Kalian tidak akan pernah sendirian, siapapun yang akan jadi bagian dari hidup mommy nantinya – dia tidak akan mengambil mommy dari kalian tapi dia akan jadi anggota tim yang sama serunya dengan kita. Kalaupun mommy tidak ada, jangan takut, kalian berdua adalah anak-anak kuat, kalian akan saling menjaga dan kalian akan memastikan kalau semua baik-baik saja.

Terima kasih, kalian adalah hal terindah yang diberikan Tuhan untuk mommy. Mommy tidak menyangka akan mendapat sosok guru, sahabat, dan team mate yang luar biasa dari dua orang anak yang lahir dari rahim mommy. Terima kasih untuk menjadi anak-anak yang baik dan tidak pernah berhenti memberi alasan untuk mommy merasa bangga dan bahagia. Kalian adalah alasan atas segala kebaikan yang terjadi dalam hidup Mommy.

Kalian akan tumbuh besar dan dewasa, dan ingatlah yang mommy katakan ini. Cinta itu ada, jangan kehilangan keyakinan hanya karena perjalanan hidup mommy. Bersikaplah positif dan jalani hidup kalian dengan semangat dan cinta. Namun, hingga hari itu tiba, nikmatilah masa kanak-kanak dan remaja kalian, and let me take care the rest.

I love you,

Mommy.

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan