MDInsight: Berbagi Password Social Media dengan Pasangan, Yeay or Nay?

Menurut hasil survey kami pada 1200 millennial Mommies, sekitar 65% dari mereka berbagi password akun social media dengan suami. Apa alasannya? Dan, untuk 35% yang tidak mau berbagi, pasti juga memiliki alasan tersendiri. Lantas, mommies masuk ke kategori yang mana?

Kalau berdasarkan pengalaman pribadi saya, saya tahu password social media suami, namun suami nggak tahu password social media saya, hahaha. Sebenarnya bukan karena saya kepo, tapi lebih kepada karena suami dulu gaptek. Awal-awal yang bikinin akun social media suami, ya juga saya, istrinya. Jadi mau nggak mau saya pasti tahu password-nya pak suami. Ajaibnya, saya dan suami tidak berteman di social media. Toch, kami masing-masing masih bisa memantau isinya karena settingan privacy-nya bukan khusus untuk teman aja.

Yang menjadi masalah ketika saya tahu password social media suami, rasa ingin tahu tuh malah menjadi-jadi lho. Bawaannya mau memantau dan cek isi FB messanger-nya. Kan kesel sendiri jadinya saya. Belum lagi, baru beberapa hari lalu saya salah posting. Harusnya posting di FB saya, malah keposting di FB suami. Untung bukan yang aneh-aneh, hanya nge-share artikel dari mommies daily :D. Dan, untungnya lagi suami nggak komplein.

Beda cerita sama teman saya, suaminya sangat posesif sehingga meminta semua password akun social media milik teman saya itu. Akhirnya teman saya juga ikut-ikutan dong merasa harus memiliki passwordnya suami.

MDInsight: Berbagi Password Social Media dengan Pasangan, Yeay or Nay?  - Mommies Daily

Ternyata, kalau dari hasil survey yang pernah dibuat oleh Mommies Daily pada 1200 millennial mommies, 65% dari para mommies ini berbagi password lho dengan pasangannya. Ditelusuri lagi tentang alasannya, secara garis besar ada dua alasan kenapa pasangan suami istri berbagi password:

1. Karena suami orangnya pelupa berat, jadi saya yang bantu mengingatkan password social medianya. Otomatis saya harus tahu, dong.

2. Kalau saya sih, saya yang gaptek, jadi password ikutan aja apa kata suami. Ditambah saya pelupa. Malas kan kalau setiap kali mau login harus ganti password terus karena lupa.

Lalu, bagaimana dengan 35% yang enggan berbagi password social media? Saat ditanya apa alasannya mereka tidak suka berbagi password social media, berikut jawabannya:

1. Jangankan berbagi password, berteman di social media aja juga nggak. Karena saya merasa kami butuh kehidupan sendiri-sendiri di dunia maya.

2. Akun email dan social media sendiri-sendiri. Password juga masing-masing nggak ada yang tahu. Kami belajar untuk menjaga komitmen saling percaya, termasuk di dalamnya belajar untuk tetap menjaga ranah privacy masing-masing di social media.

Jadi, sebenarnya, mereka yang berbagi bukan karena kepo juga, biasanya karena salah satu terlalu malas mengingat atau gaptek. Dan mereka yang tidak berbagi, bukan karena mereka menyembunyikan rahasia, namun karema mereka berusaha untuk respek satu sama lain dan saling percaya.

Kalau mommies dan pasangan, masuk ke golongan yang 65% atau yang 35%?


Post Comment