Now Reading
Bagaimana Menantu Idaman Para Mertua? Ini Jawabannya

Bagaimana Menantu Idaman Para Mertua? Ini Jawabannya

menantu dan mertua

Setiap orang tua pasti ingin anaknya mendapatkan pasangan terbaik. Dari sudut pandang mertua, sebenarnya bagaimana menantu idaman mereka?

Saat menikah, Mommies tidak hanya menjalin hubungan dengan suami saja, tetapi juga keluarganya. Selain memberikan perhatian dan kasih sayang kepada pasangan, Mommies juga harus melakukan hal yang sama kepada orang tuanya alias mertua.

Mertua sendiri juga pasti ingin menantunya memiliki sifat dan karakteristik terbaik untuk anaknya. Namun, sebenarnya menantu idaman mertua itu yang seperti apa, sih?

Kriteria menantu idaman menurut mertua:

Baik hati

Ketika ditanya ke para mertua bagaimana karakteristik menantu idaman menurut mereka, sebagian besar menjawab menantu yang memiliki sifat baik hati. Mereka ingin sang menantu selalu sopan dan menunjukkan sikap positif di depannya.

Oleh sebab itu, sebaiknya Mommies selalu berperilaku baik kepada mertua, ya. Hargai mereka agar terjalin hubungan yang harmonis. Sebab, selain Mommies yang memiliki peran baru sebagai menantu, orang tua pasangan juga pasti berusaha beradaptasi saat menyambut kehadiran orang baru dalam keluarganya.

Kesamaan pandangan

Mertua biasanya ingin memiliki menantu yang memiliki pandangan dan keyakinan yang sama dengan anak dan keluarganya. Bagi beberapa orang tua, kesamaan pandangan ini sangat penting. Wahyuningsih, 56 tahun, mengatakan bahwa hal ini bahkan menjadi faktor utamanya saat memilih menantu.

“Pertama-tama harus punya pandangan yang sama biar nggak sering cekcok dan berantem. Kalau dasarnya sudah sama, ada kesesuaian nilai-nilai yang diterapkan dalam keluarga,” ungkapnya.

mertua dan menantu
Jalin hubungan yang baik dengan mertua agar bisa menjadi menantu idaman.

Jujur

Para mertua juga ingin memiliki menantu yang jujur. Bagi mereka, kejujuran adalah hal penting dalam pernikahan. Menurut Sri Kusrini, 60 tahun, menantu yang memiliki sifat jujur berarti ia menghormati dan menghargai pasangannya. “Sifat jujur ini juga penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam rumah tangga, seperti perselingkuhan,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan Margaretha (62). Menurutnya, contoh kejujuran ini bahkan sebaiknya sudah harus ditunjukkan sejak masih pacaran dengan sang anak. Misalnya, dengan tidak membohongi pasangannya terkait hal apa pun dan tidak menutupi latar belakang keluarganya.

Menyayangi mertua seperti orang tua sendiri

Meskipun bisa dibilang sebagai orang baru dalam keluarga pasangan, tetapi ternyata mertua membuka hati dan rumahnya lebar-lebar untuk menantu. Oleh sebab itu, mertua juga mengharapkan sang menantu bisa menyayanginya seperti orang tua sendiri. Elia Rosna (52) misalnya, ia ingin menantunya tidak berjarak dan memperlakukan dirinya sama seperti ibu kandung.

Sebagai contoh, Mommies bisa sering berkunjung ke rumahnya, mengajak ngobrol, dan memberikan hadiah untuk mertua. Jangan ragu untuk menunjukkan kasih sayang kepada mertua ya, Mommies!

orang tua, mertua
Sayangi mertua seperti ayah ibu kandung sendiri.

Terbuka kepada mertua

Nah, menyayangi mertua seperti orang tua sendiri tadi berkaitan dengan bersikap terbuka kepada mertua. Biasanya, mertua ingin selalu mendapatkan informasi tentang anaknya (dan cucu!) yang sekarang sudah tidak tinggal lagi dengannya. Mereka ingin selalu terhubung dan terupdate dengan kabar terkini.

Oleh sebab itu, cobalah untuk selalu memberitahu mertua tentang peristiwa penting. Rangkul mereka dalam keluarga kecil kita. Mommies juga bisa sering-sering mengirim foto anak ke mertua agar mereka senang melihat perkembangan cucunya.

Bertanggung jawab dan mandiri

Bertanggung jawab juga menjadi kriteria penting bagi mertua. Mereka tidak ingin anak kesayangannya ‘jatuh ke tangan yang salah’. Sang menantu harus tahu apa kewajibannya dan sebisa mungkin untuk memenuhinya. “Pokoknya nggak macem-macem,” kata Sumari (61).

Selain itu, sang menantu juga diharapkan untuk memiliki sikap mandiri dan tidak terlalu bergantung kepada pasangannya.

Itulah kriteria-kriteria menantu favorit dari para mertua. Mommies yang mana, nih?

BACA JUGA:

Pilihan Me time Bersama Mertua

5 Sosok Mertua di Drakor yang Jadi Kesayangan

10 Tipe Mertua, yang Mana Mertua Anda?

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top