SD Al Ikhlas Cipete, SD Islam yang Ramah Buat Anak

Dari sekian banyaknya pilihan SD Islam yang ada di Jakarta Selatan, SD Al Ikhlas di bilangan Cipete jadi salah satu SD Islam favorit. Berikut alasan dua orang teman saya yang jatuh hati dan memercayakan SD Al Ikhlas sebagai lembaga pendidikan untuk buah hatinya.

Mencari sekolah terbaik untuk anak memang nggak gampang, ya. Ada sederet pertimbangan yang perlu di check list satu persatu lebih dulu. Nggak sekedar melihat soal biaya, tapi juga soal menyamakan  visi dan misi. Iya, nggak, sih?

Oleh karena itulah, banyak orangtua yang melakukan survey ke beberapa sekolah lebih dulu.  Supaya punya gambaran sekolah dan tenaga pendidikan seperti apa yang kelak akan jadi ‘rumah’ kedua anak. Hal ini pun sempat saya lakukan, survei ke beberapa sekolah di wilayah Tangerang Selatan sebelum akhirnya memilih SD Al Fath, Cirendeu.

Ngomongin soal SD swasta khususnya yang ada di Jakarta Selatan, saat ini pilihannya memang sudah banyak banget, ya. Sampai pusing sendiri saat membuat daftar SD pilihan. Kalau diminta untuk menyebutkan satu-persatu saya juga nggak akan sanggup, hahahaa. Tapi, berhubung saya tinggal di wilayah Cilandak, Jakarta Selatan, saya cukup familiar dengan beberapa SD yang jadi incaran para orangtua. Selain SD Gemala Ananda, dan Al Azkar, SD Al Ikhlas di daerah Cipete juga banyak diminati.

Baca juga : Sekolah Ramah Anak Seperti Apa Sih?

IMG_20170411_141327

Setidaknya, ada beberapa teman saya yang memilih untuk melanjutkan pendidikan anaknya di SD Al Iklhas. Adalah Fitri ibu dari Aqilla dan Gina ibu dari Nesya yang berbagi cerita betapa kedua anaknya sangat menikmati belajar di SD Al Ikhlas.  Kebetulan anak kami dulunya memang satu TK. Mau tahu alasan mereka  jatuh hati pada SD Al Iklhas? Berikut obrolan saya bersama Fitri dan Gina.

Awalnya kenapa tertarik memillih Al Ikhlas sebagai lembaga pendidikan buat anak kalian?

Fitri : Sebenarnya keputusan memilih Al Ikhlas karena nggak terlepas SD ini merupakan SD Islam yang sudah lama berdiri kurang lebih 50 tahun, hal ini menggambarkan kualitas yang baik dari sekolah Al Ikhlas. Pendidikan agama islamnya cukup kuat.  Menurut kami Al Ikhlas merupakan salah satu SD Islam yang memiliki kualitas baik. Soal bayaran sekolah juga masih terjangkau.

Gina : Awalnya gue milih Alix itu karena gue dan suami basic-nya memang cari SD yang basic-nya agama. Kenapa Alix, karena menurut gue SD Alix ini sekolah yang sudah lumayan lama dibanding sekolah Islam di deket  rumah, daerah Cilandak. Pada awal pendaftaran mereka memang tetap mengadakan tes tetapi untuk tes tersebut nggak menekankan anak bisa membaca, tapi yang mereka tekankan ini anak siap tidak dari sisi psikisnya. Dan pada saat tes gurunya pun bilang kami tidak mengharuskan si anak bisa membaca karena itu memang tugas kami sebagai guru kelas 1.

Menurut  kalian, apa kelebihan Al Iklhas dibandingkan dengan sekolah yang lain?

Fitri : Setiap tahun tidak ada biaya pendaftaran ulang. Dan yang paling penting, tentu saja soal tenaga pengajar yang berkualitas termasuk soal fasilitas sekolah yang lengkap dan cukup baik. Menurut gue, ruang kelasnya juga nyaman dan menyenangkan, terlihat  kreatif.

Gina : Kalau menurut kacamata gue, kalau ngomongin soal kelebihan dr SD Alix bisa dilihat dari faktor guru di sana. Menurut gue, mereka sangat care dengan muridnya. Misalnya, ada salah 1 murid di kelasnya mereka belum mencapai target kurikulumnya, nah guru di sana punya cara tersendiri jadi mereka mengajarkannya sambil diajak bermain jadi murid di sana nggak terbebani. Dan untuk kegiatan ekstrakulikulernya juga mendukung minat anak dan berpeluang mengembangkan bakat anak. Dan setau gue, mereka punya visi dan misi  yang oke, banget. Menjadi sekolah Islam yang melahirkan siswa berjiwa pemimpin, cerdas, dan berakhlakul karimah. Sedangkan untuk misinya adalah melaksanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan berbasis akidah dan akhlak islami. Dan sejauh ini gue melihat banyak perubahan positif  dari Nesya.

IMG-20170411-WA0007*Nesya yang kini aktif mengikuti ekskul menari bersama gurunya 

Sebagai SD Islam, ceritain sedikit dong soal pembelajaran agama di sana? Terasa ‘berat’ nggak, ya, untuk anak-anak?

Fitri : Memang anak-anak diberi target untuk menghapalkan ayat-ayat Al Quran namun guru nya mampu membuat anak-anak suka dalam menghapal Al quran dengan tidak memberatkan si anak.

Gina : Kalau untuk pelajaran Islamnya sendiri nggak berat, kok, karena selama ini Nesya sangat enjoy. Padahal siswa kelas 1 diharapkan bisa menghapal surat An-Naba yang terdiri dari 40 ayat dan surat An-Naziat terdiri dari 46 ayat. Dan alhamdulillah Nesya sudah hapal, karna mereka diajarkan untuk menghapal dengan cara yang menyenangkan, lewat bernyanyi.

Salah satu yang jadi concern orangtua, soal jajanan. Di sana cukup ketat nggak sih, soal jajanan di kantin? Untuk anak-anak kelas 1 apa boleh bawa uang jajan atau diharuskan bawa bekal dan ikutan catering?

Fitri : Kondisi kantin cukup baik dan bersih, tapi untuk kelas 1 memang belum diperbolehkan membawa uang saku. Di Al Ikhlas nggak ada catering karena berdasarkan pengalaman sebelumnya banyak makanan yang terbuang karena anak – anak yang bosan dengan menu dari cateringnya.

Gina : Kalau soal kantin menurut gue kantin di sana cukup bersih dan makanan yg dijual juga banyak yang bergizi kok. Tapi untuk kelas 1,  guru memang menghimbau untuk anak-anak  membawa bekal dari rumah.

IMG-20170410-WA0013*Aqilla yang selalu semangat pergi ke sekolah :) 

Semua oran tua pasti punya harapan terhadap lembaga pendidikan anaknya, apa saja sih harapan kalian dengan sekolah Al Ikhlas? Apakah harapan tersebut sudah terpenuhi?

Fitri : Gue selalu berharap sekolah anak gue itu punya tenaga pendidik yang kooperatif, bisa menjelaskan pelajaran dengan baik sehingga anak dapat memahami pelajaran dengan baik, termasuk mengajarkan soal akhlak yang baik. Syukurnya gue melihat hal ini bisa didapatkan dari SD Aliks

Gina : Alhamdulillah, sejauh ini sudah sangat terpenuhi. Kenapa gue sama suami milih Alex ini kan supaya Nesya bisa lebih mengerti ternyata agama selain itu juga gue lihat dari pembentukan karakter Nesya banyak sekali perubahan dari Nesya. Dari awalnya dia termasuk  pemalu  tapi sekarang jadi jauh berani, terus lebih mandiri. Masalah sholat, Nesya aku ajungin jempol, soalnya setiap denger adzan langsung dia yang selalu ambil wudhu duluan.

—-

Thanks for sharing, ya, Fitri dan Gina… semoga penjelasannya bisa jadi referensi para mommies yang sedang memilih SD buat anaknya :)


Post Comment