Survei SD di Tangerang Selatan

Akhir tahun sudah di depan mata, sudah saatnya survei beberapa SD di wilayah Tangerang Selatan. Mari dimulai dengan Tara Salvia, Insan Cendekia Madania, Mumtaza dan Sinar Cendekia.

Rasanya, baru kemarin anak saya Bumi masuk kelompok bermain. Rasanya, baru kemarin saat anak sekolah, saya sebagai ibunya pun harus ikut beradaptasi. Lalu sekarang, tahu-tahu anak saya sudah mau masuk SD.

Wah, nggak berasa banget, ya!

Meskipun sejak menikah saya dan suami sudah mulai memerhatikan dan memilih asuransi pendidikan, kemudian perlahan-lahan belajar untuk investasi dalam bentuk LM, serta mencoba mengikuti Reksadana, tapi tetap saja ketika mengetahui biaya pendidikan masuk SD saat ini, rasanya mau pingsan, hahahaha. Dulu… saya sering mendengar beberapa teman yang bilang kalau biaya masuk SD itu sangat mahal, kenyataannya memang begitu. Biaya SD itu, real sehingga harus disiapkan sedini mungkin.

Minggu lalu, kami tim editorial MD sudah mengumpulkan data mengenai biaya masuk SD tahun ini, khususnya untuk di daerah Jakarta dan Bekasi. Kali ini saya ingin memberikan sedikit gambaran biaya SD di wilayah Tangerang Selatan. Maklum, rencananya tahun depan keluarga saya ingin pindah rumah di bilangan Tangerang Selatan. Oleh karena itu, saya dan suami pun mulai hunting ke beberapa sekolah. Awalnya, saya dan suami berniat menyekolahkan Bumi ke Sekolah Alam Bintaro, tapi setelah menimbang banyak hal akhirnya kami membatalkan niat ini.

Ada beberapa SD yang saya dan suami incar di antaranya adalah:

Tara Salvia

Tahun ajaran 2016-2017, SD Tara Selvia menerima siswa baru kelas 1 sebayak dua kelas, dengan kapasitas maksimal per kelas 24 siswa. Untuk calon siswa yang akan masuk ke sekolah ini, anak kita harus lebih dulu melalui proses observasi kelas dan observasi psikolog. Tujuan observasi ini sendiri untuk mendapatkan gambaran kematangan sosial emosi anak dalam memasuki jenjang pendidikan SD. Nggak Cuma calon siswa saja, kita pun sebagai orangtua akan melalui proses wawancara lebih dahulu.  Menurut pendapat saya, prosedur penerimaan siswa di sini tidak jauh berbeda dengan Sekolah Gemala Ananda di Lebak Bulus.

Berapa biayanya?

Tahun ini formulir pendaftaran dijual seharga Rp 550.000. Biaya ini mencangkup pelaksanaan observasi psikolog oleh Tim Psikolog yang ditunjuk sekolah, pelaksanaan observasi kelas, serta snack dan malam siang untuk calon siswa, pada saat pelaksaanan observasi kelas.

Setelah dinyatakan diterima sebagai siswa SD Tara Selvia tahun ajaran 2016-2017, kita diharuskan membayar Uang Pangkal sebesar Rp 35.000.000, yang dibayarkan paling lambat satu bulan setelah surat konfirmasi penerimaan dikeluarkan oleh sekolah. Jika belum membayarkan uang tersebut dalam waktu yang ditentukan, maka akan dianggap mengundurkan diri.

Uang pangkal  ini sudah termasuk biaya field trip di dalam area Jabodetabek. Ekstra kurikuler yang diberikan oleh sekolah, alat tulis serta buku tulis, dan buku-buku paket yang sifatnya dipinjamkan. Uang pangkal ini tidak termasuk SPP, seragam sekolah, ekskul yang diberikan oleh non guru Tara Selvia serta fasilitas tambahan seperti catering dan antar jemput. Sementara untuk biaya SPP ajaran tahun depan sebesar Rp 1.750.000.

Sebenarnya saya dan suami sudah jatuh hati dengan sekolah ini, sayangnya waktu pendaftaran saya terlambat sehingga masuk dalam cadangan. Jadi, buat Mommies yang ingin menyekolahkan anaknya di tahun ajaran 2017-2018, harus gesit mendaftarkan anaknya lewat situs resminya, ya. Dua menit terlambat, perdaftarannya sudah langsung tutup.

Insan Cendekia Madani

icm

Buat Mommies yang tinggal di wilayah Tangerang Selatan, khususnya BSD pasti sudah cukup familiar dengan sekolah yang satu ini, ya? Nah, beberapa waktu lalu, saya sempat survei sekolah ini. Hasilnya? Saya jatuh cinta, hahaha. Ternyata, Bumi pun punya perasaan yang sama.

Saya, sih, yakin kalau Bumi senang dengan sekolah ini karena atmosfernya yang sangat menyenangkan. Sekolah ini memang dikelilingi oleh pohon rindang. Belum lagi di area taman sekolah ini juga memiliki kolam ikan. Alhasil, waktu ke sini, Bumi anteng menikmati duduk-duduk di pinggir kolam ikan. Oh, ya, di sini juga terdapat kandang rusa, lho.

Karena sekolah ini adalah sekolah Islam, sudah terbanyang, ya, kalau visi sekolah ingin menjadi sekolah terdepan yang mengembangkan keunikan siswa untuk menghasilkan pemimpin berkarakter Islami dan turut bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat madani. Insan Cendikia Madani juga menggunakan kurikulum Cambridge dengan sistem pembelajaran active learning.

Tahun ajaran 2016/2017, ICM akan membuka 4 kelas untuk kelas 1, di mana setiap kelas akan diisi 20 orang siswa. Calon siswa yang akan masuk sekolah ini juga harus lebih dahulu melakukan observasi psikolog. Waktu ngobrol dengan salah satu gurunya, beliau mengatakan kalau di sana tidak menerapkan PR. Jadi semua worksheet akan dikerjakan selama di sekolah. Kalau memang sekiranya, siswa belum menyelesaikan baru tugas tersebut akan dibawa ke rumah.

Berapa biayanya?

Akhir Oktober kemarin ICM, sudah open house dan buka pendaftaran. Biaya pendaftarannya sebesar Rp 600.000, di mana biaya ini sudah termasuk biasaya observasi. Sedangkan untuk uang pangkalnya adalah RP 33.000.000. Biaya ini sudah mencangkup selama 6 tahun, artinya setiap kenaikan kelas tidak akan dipungut biaya lagi. Sedangkan untuk SPP-nya sebesat Rp 3.300.000. Uang SPP ini akan mengikuti inflasi, sehingga SPP setiap tahunnya akan mengalami kenaikan.

Bagaimana dengan Mumtaza Islamic School dan Sinar Cendekia? Ketahui biayanya di laman selanjutnya.


19 Comments - Write a Comment

  1. halooo mbaa,,,,,bagus banget artikelnya
    apalagi buat aku yang anaknya masih KB hehe,,,jadi masih ada waktu buat mikir2 dan timbang2 hehe.

    kalau sekolah lain seperti al fath, cikal harapan, aulady, ar raudhah sudah pernah survey belum ya?
    mau dunk klo ada reviewnya

Post Comment