Al Azkar, SD Islam Berlandaskan Ukhuah Islamiah

Mommies domisili di wilayah Cilandak dan lagi hunting sekolah buat si kecil tahun depan? Coba baca pengalaman teman saya yang menyekolahkan kedua anaknya di SD Al Azkar ini dulu, deh. Siapa tahu bisa jadi referensi.

Hampir dua tahun lalu, ketika sedang hunting sekolah untuk Bumi, salah satu list yang masuk daftar list selain Sekolah Gemala Ananda adalah sekolah SD Al Azkar. Buat mommies yang tinggal di wilayah Lebak Bulus, Cilandak mungkin sudah cukup familiar dengan sekolah satu ini.

Namun, karena pertimbangan akan segera menyudahi nebeng tinggal rumah orangtua, saya pun akhirnya memilih sekolah yang lokasinya nggak jauh dari rumah saya sendiri di kawasan Pamulang. Makanya sebelum Bumi masuk SD, saya langsung survei ke beberapa SD di kawasan Tangerang Selatan. Memilih sekolah anak itu kan memang harus realistis. Termasuk realistis, mampu atau tidak dengan biayanya, tahu sendiri dong biaya sekolah anak itu nggak murah?

SD Al azkar_mommiesdaily*foto : sekolah.data.kemdikbud.go.id

Baca juga : Ask Expert : Memilih Skolah Anak

Balik lagi ke SD Al Azkar, saya sendiri sudah banyak mendapatkan referensi yang mengatakan kalau sekolah ini bagus. Punya beberapa keuggulan dibandingkan sekolah yang lain. Rupanya, hal inilah yang akhirnya membuat Nira, dan suaminya memercayakan kedua anak lelakinya untuk sekolah di sana. Oh, ya, sekedar informasi, salah satu anaknya Nira memang teman satu sekolah semasa kelompok bermain dan TK. Meskipun anak-anak kami sudah pisah sekolah, tapi WAG ibu-ibunya masih tetap on. Ya, hitung-hitung menjaga tali silaturahmi bukan?

Dari namanya saja, sudah bisa ketebak, ya, kalau sekolah ini merupakan sekolah Islam. Iya, SD Al Azkar memang salah satu SD Islam di bawah naungan Yayasan Darul Azkar. Yayasan yang banyak bergerak dalam ragam kegiatan dakwah Islam yang didasari oleh ukhuah islamiah.

Kalau merujuk arti dari ukhuwah islamiah, saya sendiri tentu berharap sekolah anak saya punya dasar seperti ini. Biar gimanakan, kita memang mahluk sosial yang nggak bisa hidup sendiri, perlu bantuan dan bersaudara dengan yang lain. Dan ukhuwah islamiah bisa diartikan sebagai persaudaraan  di mana bisa mengajarkan ke kita semua penting sekali untuk menumbuhkan perasaan kasih sayang, persaudaraan, kemuliaan, dan rasa saling percaya terhadap sesama.

Kalau Nira mengaku, ada beberapa alasan yang membuatnya memilih SD Al Azkar. Apa saja? “Pertimbangan mencari sekolah, yang utama aku cari sekolahnya tuh yang sekolah islam dan  lokasi dekat dari rumah. Maklum, aku kan jemput antar sendiri. Kelebihan lain yang aku cari juga yang parkiran sekolahnya luas, ahahhaa. Dan ternyata, Al Azkar punya dua-duanya. Nilai plus lain, tapi bukal utama adalah SD Al Azkar ini termasuk sekolah bilingual,” papar Nira.

Metode belajarnya di sana seperti apa, sih, Nir?

SD Al  Azkar ini menurut aku, sih, mengadopsi system belajar active learning. Jadi ada diskusi, team work sama ada presentasi gitu juga. Selain itu, memang sih, metode belajarnya setiap habis bab yang dijelaskan, anak-anak  akan dapa task atau formative… ya, kata lain dari ulangan mingguan gitu, deh,  Awalnya, sih,  memang terasa berat. Tapi lama-lama  aku justru  melihatnya anak-anak jadi terbiasa dihadapi dengan test.

Selama anak-anak sekolah, pernah ada keluhan atau komentar hal yang membuat mereka enjoy sekolah?

Alhamdulillah sejauh ini nggak pernah ngeluh, kok. Karena anakku dua-duanya laki dan  aktif banget, mereka justru senang banget lapangan basket dan lapangan bolanya yang luas.

Katanya, di Al Azkar mengadopsi kurikulum Singapore juga ya? Khususnya utk beberapa mata pelajaran. Bisa tolong dijelaskan sedikit soal hal ini?

Iya betul. Buku pelajaran English, Math dan Science memang kita pakai buku terbitan Singapore. Jadi di 3 mata pelajaran tersebut guru yang mengajar juga mengunakan bahasa Inggris. Cuma memang mereka nggak terlalu ‘ketat” dalam penilaian bahasa inggrisnya. Maksudnya, walaupun ditest pertanyaan yang diberikan pakai Bahasa Inggris, anak-anak masih tetap bisa menjawabnya dalam Bahasa Indonesia.

SD Al Azkar kan sekolah Islam terpadu, ya. Apa di sana juga harus tahfidz Al Quran?

SD Al Azkar nggak mengharuskan anak muridnya untuk tahfidz Al Quran, kok. Program mereka kelas 6 paling nggak bisa khatam Al Quran saja. Sementara surat2 yang harus dihafal adalah surat-surat pendek saja. Terus terang, waktu itu ada dua sekolah yang diicar, tapi yang sekolah satu itu mewajibkan anak-anak untuk  tahfidz Al Quran. Aku malah nggak berani masukin anak-anak ke sekolah itu karena menurutku terlalu berat buat anak SD. Jadi, buat aku dan suami sebenarnya asal anak-anak  tahu tentang dasar agama dan bisa mengaji itu sudah lebih dari cukup untuk anak tingkat SD, ya.

Oh, ya, untuk ajaran tahun ini, SD yang lokasinya di Jalan Karang Tengah Raya No.30-A Rt.4/Rw.4, Lebak Bulus, Cilandak, RT.6/RW.4, Lb. Bulus, Cilandak, uang pangkalnya sebesar Rp 31.030.000, sedangkan untuk SPP-nya adalah Rp 1.500.000.

Baca juga : Biaya Beberapa SD di Jakarta Depok dan Bogor

Gimana, ada yang tertarik atau memang sudah mengincar SD Al Azkar untuk si kecil? Semoga obrolan bersama Nira yang saya tuangkan dalam bentuk tulisan ini bisa bermanfaat, ya.

 

 


Post Comment