Asik! Warga Jakarta Punya Banyak Ruang Publik Terpadu Ramah Anak

Aaah senangnya ketika tahu Pemerintah DKI Jakarta kian serius dengan pengadaan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak. Ini dia beberapa di antaranya yang sudah diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama.

Kalau lihat film-film luar negeri yang ada adegan anak-anak lagi asik bermain di taman kota, saya suka iri deh, Kayaknya enak banget di sana, taman kota bertebaran sehingga anak-anak bisa aktif main di luar ruang. Nggak perlu pusing nyari lokasi *__*.  Nggak kayak di Indonesia (eaaaaa….. curhat).

Coba deh, seberapa banyak sih tempat bermain di luar ruang yang aman dan nyaman untuk anak-anak? padahal aktivitas fisik dan bermain di luar ruangan untuk anak itu punya efek yang bagus untuk tumbuh kembangnya. Kalau kata Ratih Ibrahim, Psikolog Anak dan Keluarga. Berdasarkan teori Howard Gardner tentang multiple intelligence, pada dasarnya indera kita terbuka terhadap semua stimulasi yang ada di lingkungan sekitar, ada kecerdasan berpikir, berbicara, bergerak, psikomotor (halus maupun kasar), kecerdasan ruang, musik, kecerdasan alam (naturalistik intelligence ) – termasuk stimulasi yang terjadi saat seorang anak bermain di luar ruangan.

Asik! Warga Jakarta Punya Ruang Publik Terpadu Ramah AnakImage: www.news.metrotvnews.com

Dan akhirnyaaaaaaaa ya Mommies, berbahagialah, Mommies yang tinggal di Jakarta, kini aneka stimulasi yang barusan saya sebutkan bisa dilakukan di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), sebuah program Pemprov DKI Jakarta untuk mencapai predikat Jakarta sebagai “Kota Layak Anak”. Sejauh ini, dari hasil pencarian saya di berbagai sumber, Jakarta sudah mempunyai 7 RPTRA, dan akan diperbanyak hingga mencapai 60!

Ini dia titik lokasi RPTRA yang bisa Mommies datangi bersama si kecil:

  1. RPTRA Baharia, Gandaria Selatan. Baharia, singkatan dari Bersama Anak Hidup Aman Raih Mimpi. Alamat: Jalan Bahari I, RT. 09 / RW. 07, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12420.
  1. RPTRA Sungai Bambu, diresmikan pada 18 Mei 2016 oleh Ahok. Alamat: Bawah Jalan layang Tol yang menghubungkan Cawang dan Tanjung Priok. Tepatnya di Jl. Jati Raya RW 06, Kelurahan Sungai Bambu, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.
  1. RPTRA Kenanga, Cideng. Dibangun di atas lahan 1.653 m, dan diresmikan pada 30 Mei 2015. Alamat: Jalan Tidore RT 02/05, Kelurahan Cideng, Gambir, Jakarta Pusat.
  1. RPTRA Kembangan, letak RPTRA ini di seberang Wali Kota Jakarta Barat. Alamat: Jalan Kompas RT 07/01, Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.
  1. RPTRA Tanjung Elang Berseri, Kepulauan Seribu. Tepatnya terletak di Pulau Pramuka. Baru saja diresmikan September lalu oleh Ahok. Alamat: Kepulauan Seribu, Pulau Pramuka.
  1. RPTRA Rasamala, dibangun di atas tanah seluas 1.800 meter, Alamat: Rasamala III, RT.3/RW.13, Menteng Dalam, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  1. RPTRA Dahlia, dibangun di atas lahan seluas 5.070 meter persegi. Alamat: Kelurahan Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Semua RPTRA yang saya sebutkan mayoritas punya fasilitas berupa, aneka permainan untuk anak, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), lapangan multi fungsi ruang rapat serbaguna, taman, area jogging, posyandu, ruang laktasi, dan toilet. Bahkan ada menanam tanaman obat dan sayuran, lho, Mommies di area RPTRA.

RTPA Akan DiperbanyakSumber: www.liputanindonesianews.com

Di tengah pemberitaan tentang si Bapak DKI 1 ini, yang kita semua sudah tahu ya, hebohnya seperti apa, hal-hal seperti ini, IMHO…layak untuk diapreasiasi. Penemuan saya berikutnya, RPTRA urutan 1-4 yang saya sebutkan tadi, dilengkapi dengan CCTV dan bisa diakses online, artinya nih, dimanapun Anda berada, keadaan RPTRA di sana bisa Mommies akses lewat PC atau handphone.

Salut deh untuk Pak Ahok dan Tim, semoga predikat Jakarta sebagai “Kota Layak Anak” lewat 60 RPTRA segera terwujud! Kalau Bapak terpilih lagi, jangan lupa dilanjutkan, ya. Walau saya ini warga Tangerang Selatan dan nggak bisa ikut pemilihan Gubernur DKI juga :D.

Baca juga:

Mengapa Bermain di Luar Itu Penting

Tempat Wisata Ramah Balita di Jakarta

10 Destinasi Akhir Pekan (Tanpa Mall) Bersama Keluarga


Post Comment