3 Alat Olahraga yang Wajib Ada di Rumah

Berawal dari rasa bosan, saya kepikiran untuk menambah koleksi alat olahraga untuk di rumah. Syaratnya: Ukurannya nggak bikin repot dan mudah dibawa ke mana saja. Ini 3 alat olahraga yang wajib ada di rumah.

Bertahun-tahun berolahraga di rumah dan sesekali menjalani kegiatan olahraga di lingkungan outdoor, terkadang membuat saya jenuh juga loh! Makanya, beberapa waktu lalu, saya dan suami memutuskan untuk membeli dua peralatan olahraga. Tujuannya untuk variasi gerakan. Tapi saya juga mau dong memiliki peralatan olahraga yang tidak merepotkan saat digunakan (maklum ya, ada dua anak kecil di rumah) dan mudah dibawa kemana saja. Dan inilah peralatan olahraga (yang menurut saya), wajib untuk dimiliki di rumah. Di antaranya ialah :

Mat

Bagi saya pribadi, mat memiliki banyak kegunaan dan bisa digunakan untuk jenis olahraga apapun. Sebut saja yoga, pilates, olahraga beban (dengan beban tubuh kita sendiri ya) hingga cardio bisa dilakoni di atas mat. Bahkan, meditasi pernapasan pun bisa dilakukan di atas mat. Bagi saya, mat ini harus dimiliki deh! Yang harus diperhatikan, ada banyak brand dan ketebalan mat yang beredar di pasaran. Ada baiknya Mommies mencari informasi mengenai mat yang dibutuhkan.

Resistance Tube

Resistance Tube

Ini kali pertama saya memiliki resistance tube. Fugsinya untuk melatih otot dada, lengan dan punggung. Penggunaannya juga tidak menyusahkan, meskipun untuk Mommies yang baru pertama kali mencobanya. Alat ini memiliki level tertentu dan untuk penggunaan di awal, alangkah baiknya jika Mommies memulainya dari level satu. Ada banyak gerakan olahraga yang bisa Mommies praktikkan dengan resistance tube. Jadi, Mommies nggak akan mati gaya. Boleh saya katakan, inilah salah satu peralatan olahraga yang gampang digunakan dan gampang dibawa kemanapun. Termasuk dibawa saat liburan.

Wrist Weights

Wrist weights

Saya pun menyukai alat olahraga yang satu ini. Buat yang malas menggenggam dumbell seperti saya, maka silakan memiliki wrist weights di rumah. Walaupun alat ini diposisikan di pergelangan tangan, tapi tidak menyusahkan untuk bergerak bebas selama berolahraga. Selain itu, wrist weights bukan hanya bisa digunakan untuk melatih otot bagian atas (lengan, punggung, dada) tetapi bisa juga digunakan untuk membangun massa otot kaki. Bisa dibilang, inilah alat olahraga yang hemat dan bisa digunakan kapan pun.

Lantas, apakah wrist weights hanya digunakan ketika kita melakukan olahraga beban? Buat saya pribadi sih nggak. Wrist weights juga bisa digunakan ketika kita melakukan olahraga cardio seperti jogging, jalan santai, jalan cepat dan aerobik. Sekadar saran, gunakan saja wrist weights dengan beban 1 kilogram ketika kita berolahraga dengan ritme menengah hingga cepat untuk membantu proses pembentukan massa otot.

Nah, itu dia beberapa peralatan olahraga yang saya miliki. Sebenarnya sih, tanpa alat tambahan pun kita masih bisa berolahraga dan hasilnya tetap bisa membentuk badan dengan baik. Hanya saja, melakukan olahraga yang dibantu dengan alat akan membantu proses pembentukan otot lebih cepat. Dan bisa menjadi variasi dalam berolahraga supaya nggak mudah bosan. Satu lagi yang menjadi poin terpenting bagi saya dalam membeli peralatan olahraga, yaitu dibeli karena memang dibutuhkan. Jangan sampai kita membeli peralatan olahraga, namun akhirnya hanya didiamkan di pojokan rumah.

Jadi, Mommies sudah putuskan mau memiliki alat olahraga seperti apa? Yang punya masukan atau informasi tambahan, boleh loh ceritakan alat olahraga yang dimiliki di rumah pada kolom komentar. Stay fit ya, Mommies!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Post Comment