Kunci Memilih Tim Juara

Bagi Mommies yang kini berperan sebagai pemimpin apakah pernah kesulitan memilih tim yang nantinya bisa menjadi juara? Berikut ini, kami berikan kunci memilih tim juara.

Kunci Memilih Tim Juara

Image: www.vorkspace.com

Tak semua orang berbakat menjadi pemimpin, jika Mommies memiliki ciri sebagai pemimpin – Anda beruntung! Karena dipercaya memimpin banyak orang sekaligus bisa mencari potensi mereka yang menjadi anggota tim Anda.  Dan ujung-ujungnya Mommies harus bisa melakukan penilaian terhadap bawahan dengan efektif, hal ini juga bisa dilakukan dalam rangka mencari tim yang bisa Anda andalkan kan?

Setiap orang yang Mommies pimpin pasti deh memiliki keterampilan dan pengalaman yang berbeda-beda. Hal ini pasti menjadi tantangan tersendiri ketika harus menyatukan mereka dalam sebuah tim. Perbedaan ini ada baiknya Mommies cermati, supaya bisa dikelola dengan baik agar performa tim menjadi optimal. Selain itu agar Mommies bisa mengenali kunci keberhasilan suatu tim mari kenali bersama, kunci memilih tim juara.

Karakteristik Tim Juara

Mommies tentu familiar dengan pertandingan bola, yaaa walau tidak resmi menjadi fan base salah satu club bola. Tapi saya yakin Anda tahu bahwa dalam sebuah pertandingan sepak bola, sebuah tim yang keluar sebagai juara tidak semuanya terdiri dari pemain-pemain kelas bintang. Yang ada adalah tim yang anggotanya memainkan perannya masing-masing untuk memenangkan pertandingan. Di sinilah, kombinasi dari peran setiap orang di dalam tim penting untuk membentuk tim juara (high-performing team). Tim juara perlu memiliki seseorang yang berorientasi pada visi dan tujuan tim serta mampu menyusun strategi dan mengarahkan anggota timnya untuk menuju tujuan tersebut. Tidak kalah pentingnya, tim juara juga perlu memiliki seseorang yang berorientasi pada proses dan prosedur dalam mengimplementasikan strategi yang ditetapkan tim, seseorang yang mampu berinovasi untuk memperbarui cara-cara yang sudah lama digunakan, serta seseorang yang menjaga harmonisasi dan kolaborasi antara anggota tim. Tim yang sukses perlu memiliki orang-orang yang saling melengkapi dan mengisi peran-peran tersebut secara seimbang.

Hogan Assessment Team Report

Ternyata nih, Mommies anggota tim yang terlalu berorientasi pada proses kerja bisa jadi mengabaikan harmonisasi hubungan antara anggota tim. Sebaliknya, tim yang terdiri dari orang-orang yang teralu berorientasi pada relasi interpersonal bisa jadi lupa akan tujuan tim yang lebih utama dan lebih strategis. Melalui Hogan Personality Assessment, tim dapat memperoleh informasi mengenai peran orang-orang yang ada di dalamnya. Dengan informasi yang akurat, peran anggota tim dapat dikelola dengan lebih efektif.

Hogan Personality Assessment juga dapat membantu tim dalam mengidentifikasi perilaku anggota tim yang berpotensi menimbulkan konflik ketika tim berada dalam situasi yang penuh tekanan. Selain itu, Hogan Personality Assessment juga dapat mengidentifikasi nilai-nilai personal anggota tim yang berpengaruh terhadap kohesivitas tim. Dengan memahami informasi mengenai kekuatan dan kekurangan kolektif tim, tim dapat merancang strategi agar dapat secara optimal meningkatkan efektivitas dalam interaksi dan koordinasi. Tim juga dapat mendorong seluruh anggotanya untuk bekerjasama dengan lebih sinergis dan produktif.

Artikel ini ditulis oleh Rizkiana Shadewi, bergabung dengan Experd pada tahun 2012, perempuan yang sedang meneruskan studi S2 jurusan Psikologi ini sangat menyukai travelling sebagai penyeimbang antara karier, studi serta kehidupan pribadinya.


Post Comment