6 Pembersih Alami yang Ampuh untuk Berbagai Peralatan

Ditulis oleh: Saskia Elizabeth

Satu hal yang saya suka saat ditinggal mudik oleh ART adalah…. saya jadi punya kesempatan bersih-bersih rumah versi saya dengan memakai pembersih alami.

Saat ART pulang sebetulnya cobaan terberat buat saya bukan ribet mengurusi kegiatan rumah tangga seperti masak atau bersih-bersih, tapi melihat banyak barang yang saya miliki berubah menjadi tidak terawat. Ternyata saat mereka pulang dan saya turun tangan, saya menemukan beberapa hal yang rasanya membuat saya ingin telepon si ART lantas memberi nasihat.

Contohnya, wajan saya yang tergores dan bagian bawahnya hitam-hitam kena gosong tidak dibersihkan. Atau, ada noda nyempil di balik karpet, tempelan stiker yang masih melekat di storage makanan, glitter dari mainan anak-anak bertaburan di pojok lemari mainan, dan masih banyak lagi. Hal kecil tapi mengganggu banget, apalagi belinya bukan pakai daun kan ya.

Untungnya saya cukup aneh, di mana bersih-bersih menjadi kepuasan tersendiri buat saya. Jadilah selama liburan Lebaran saya “berpesta” membersihkan berbagai hal. Pembersih yang saya pilih adalah bahan-bahan yang alami. Kenapa bahan alami? Bahan alami cenderung membuat alat-alat juga lebih awet karena tidak mengandung unsur kimia, lebih mudah didapat. Tinggal tengok kulkas atau lemari dapur apabila cairan pembersih tidak ada. Bahan alami terkadang juga lebih manjur lho dari pembersih yang ada di toko.
Kalau penasaran boleh dicoba sendiri.

pembersih alami

*Image dari www.newearth.media/

1. Lemon atau jeruk nipis. Lebih dasyat efeknya sih lemon, tapi memang lebih mahal
Campurkan dengan baking soda maka dapat menghilangkan noda bandel pada bahan plastik (blender, tempat makan, talenan), membersihkan microwave, peralatan dapur lainnya berbahan kayu atau steel.

2. Cuka apel
Manfaatnya :
• Menghilangkan noda pada jendela.
• Campurkan cuka dengan garam dan baking soda maka dapat menghilangkan noda pada karpet.
• Campurkan dengan air maka dapat menghilangkan noda pada pakaian.
• Membantu membersihkan benda-benda yang terkena lem atau stiker yang lengket.
• Campurkan dengan baking soda untuk membersihkan kitchen sink dan oven.

3. Pecahan kulit telur yang sudah dibersihkan
Manfaatnya: Membantu membersihkan vas atau botol yang sudutnya tidak terjangkau atau susah dibersihkan. Masukkan kulit telur, campur dengan cairan pembersih dan air hangat lalu kocok. Permukaan kasarnya membantu mengangkat kotoran.

4. Minyak zaitun
Manfaatnya: Mengilangkan cat pada kulit Anda, membantu melembutkan goresan pada furnitur bahan kulit, campur dengan jus lemon maka dapat menghaluskan furnitur kayu Anda.

5. Tepung
Manfaatnya: Serbuk glitter dari mainan atau aksesori anak-anak dapat menempel di adonan tepung.

6. Garam
Manfaatnya: Dapat membersihkan kotoran pada peralatan masak yang terbuat dari iron dan membersihkan saringan sink dari kotoran membandel yang lengket dan menempel.

Kalau mommies lainnya punya tips lain mengenai bahan-bahan alami yang dapat membantu membersihkan, please share. I’m a clean freak! Always happy to get new info about cleanser!


Post Comment