Desain Eksterior Rumah, Apa yang Harus Diperhatikan?

Membangun rumah impian keluarga tentu bukan perkara yang mudah. Banyak hal yang perlu dipersiapkan dengan matang, termasuk desain eksterior yang matang.

desain eksterior rumah*foto dari : rumah4minimalis.com

Sering kali, antara resolusi dan realisasi dalam hidup ini tidak berbanding lurus, yah. Kalau mau dijabarkan satu persatu, contohnya tentu banyak sekali. Saya masih ingat, di penghujung tahun 2013 lalu saya sempat menulis beberapa resolusi yang ingin segera diwujudkan. Salah satunya adalah merenovasi rumah second yang belum juga terwujud sampai detik ini. Kenyataannya, perkara renovasi rumah memang nggak mudah karena banyak hal yang perlu disiapkan lebih dulu. Termasuk menyiapkan dananya, yang bisa kita pilih lewat berbagai cara termasuk melakukan kredit bangun rumah.

Walaupun sempat tertunda, tapi saya dan suami sama-sama optimis kalau rencana renovasi rumah bisa segera kami wujudkan. Paling nggak, saat ini kami sudah survei dan konsultasi dengan berbagai pihak yang terkait. Termasuk orang-orang yang kompeten di bidang desain eksterior. Biar bagaimana pun, bagi saya dan suami, desain eksterior rumah sama pentingnya dengan desain interior.

Desain eksterior rumah ini tentu meliputi perancangan sisi luar rumah mulai dari fasad rumah hingga pemilihan cat dinding rumah yang tepat. Dengan kata lain, pemilihan warna cat dinding rumah disesuaikan dengan betuk fasad rumah yang telah dirancang. Di satu sisi, pemilihan warna cat dinding rumah menjadi unsur penting dari desain eksterior karena fungsinya untuk mempercantik tampilan luar rumah. Ternyata, ada tiga hal yang harus diperhatikan agar eksterior rumah semakin cantik. Yuk simak tipsnya :

Kesan yang ingin ditampilkan

Memilih warna cat ternyata nggak bisa asal tunjuk, ya. Soalnya, pemilihan warna cat dinding ini sebaiknya lebih dulu mempertimbangkan karakter dan kesan rumah yang ingin ditonjolkan. Kalau ingin rumah berkonsep minimalis modern, perpaduan warna jingga, abu-abu, biru dan merah akan memberikan kesan pribadi yang ceria dan modern.  Sedangkan kalau ingin menampilkan karakter pribadi yang tegas dan elegan, warna-warna yang bersifat calm seperti krem, putih, hijau muda dapat menjadi pilihan. Pilihan warna tersebut sering terlihat menghiasi rumah minimalis karena unsur warnanya yang mudah dikombinasikan satu sama lain serta memberikan kesan positif.

Kesesuaian dengan furnitur rumah

rumah minimalis

Hal penting lainnya adalh berkaitan dengan pemilihan furnitur yang dipakai. Furnitur seperti meja dan bangku teras, lampu taman, pagar dan lainnya juga ikut menentukan karakter rumah. Pilihlah warna cat dinding eksterior yang sesuai atau serasi dengan furnitur eksterior rumah. Tentu saja pemilihan warna ini tidak boleh sembarangan karena memengaruhi segala aspek yang ada.

Kesesuaian dengan fasad dan karakter rumah

Hal  lain yang juga harus diperhatikan adalah kesesuaian karakter warna dengan karakter rumah itu sendiri. Untuk karakter rumah tropis, pilihlah warna yang menegaskan nuansa alam seperti coklat, putih, hijau muda atau biru. Cobalah kombinasi warna coklat dan krem pada aksen eksterior rumah yang menggunakan material kayu atau batu alam. Sedangkan bagi Anda yang menginginkan rumah berkarakater modern, warna jingga, abu-abu dan merah dapat menjadi alternatif. Cobalah kombinasikan warna cerah jingga dan merah pada aksen kotak persegi bingkai jendela untuk menonjolkan bingkai tersebut.

Sekarang, saya jadi makin paha, kalau desain eksterior rumah harus disiapkan dengan matang. Tentunya, lenih dulu memperhatikan karakter rumah, dengan pemilihan warna cat dinding serta furnitur yang ingin dipilih.  Aaah, kalau begini saya jadi nggak sabar ingi berkreasi dan membangun rumah impian. Doakan, ya….

 

*Artikel ini merupakan hasilkerja sama dengan balkonie.com