Wajib Tahu! Ini 9 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Dibutuhkan Perusahaan

Education

Mommies Daily・31 Jul 2024

detail-thumb

Prospek kerja luas dan menjanjikan, intip daftar jurusan kuliah yang paling dibutuhkan perusahaan di bawah ini. Bisa jadi pertimbangan anak!

Bagi calon mahasiswa yang hendak kuliah pada ajaran baru 2024/2025, tentu sebagian diantaranya sudah menyiapkan universitas favorit yang diinginkan. Selain mempertimbangakan kampus, hal lainnya yang harus direncanakan dengan matang adalah memilih jurusan. Menentukan jurusan kuliah tidak hanya didasarkan pada minat saja, tetapi juga pada prospek kerja di waktu yang akan mendatang.

Sebelum mendaftarkan kuliah, calon mahasiswa perlu mengetahui hubungan jurusan kuliah yang diambil dengan kesempatan karir di masa depan. Banyak jurusan kuliah yang sedikit peminatnya, tetapi memiliki peluang kesempatan kerja lebih luas setelah lulus. Berikut ini beberapa jurusan kuliah yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

BACA JUGA: 6 Universitas Swasta dengan Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia, Bisa Jadi Pilihan Utama!

9 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan Perusahaan

Mulai dari desain komunikasi visual, hingga bahasa asing, simak daftar jurusan kuliah yang paling dibutuhkan oleh perusahaan di bawah ini, yuk!

1. Desain Komunikasi Visual

Jika Anda memiliki minat dalam menggambar dan berkreasi dengan bebas, maka jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) menjadi salah satu jurusan yang cocok untuk didaftarkan. Jurusan DKV merupakan studi yang mempelajari tentang penyampaian pesan menggunakan elemen desain grafis, seperti gambar, huruf, serta layout.

Prospek kerja jurusan DKV terkenal cukup banyak, meliputi Content Creator, Social Media Specialist, Animator, Illustrator, Desainer Interior, Desainer Produk, dan masih banyak lagi.

2. Kedokteran

Jurusan berikutnya yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan adalah kedokteran. Tidak asing lagi bagi sebagian orang, jurusan kedokteran memang terkenal karena menjadi jurusan favorit sejak dulu hingga sekarang. Dengan minimnya tenaga kesehatan yang masih dimiliki saat ini, jurusan kedokteran menjadi salah satu solusi yang tepat untuk dipilih karena sangat menjanjikan dan dibutuhkan, baik itu pada masa kini hingga masa depan.

3. Akuntansi

Meskipun sepintas jurusan ini hanya terlihat bermain dengan angka dan terkesan sempit, tetapi nyatanya jurusan akuntansi memiliki prospek kerja yang beragam, mulai dari kesempatan kerja di perusahaan startup, lembaga pemerintah, hingga multinasional pun bisa. Beberapa prospek kerja jurusan akuntansi, meliputi akuntan publik, auditor, analisis keuangan, konsultan pajak, akuntan pemerintah, aktuaris, hingga konsultan investasi.

4. Digital Marketing

Jurusan digital marketing merupakan program pendidikan yang mempelajari tentang strategi pemasaran digital, alat-alat digital, sampai dengan teknik dalam mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan. Selain menawarkan jenjang karir yang menjanjikan, digital marketing juga memiliki prospek kerja yang luas, seperti social media manager, content strategist, e-commerce specialist, digital marketing analyst, content marketing manager, SEO specialist, content strategist, dan masih banyak lainnya.

5. Data Sains

Jurusan kuliah selanjutnya yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan adalah data sains. Perkembangan teknologi internet yang semakin modern dan cepat, jurusan data sains menjadi program pembelajaran yang menjanjikan di masa yang akan datang. Program yang menggabungkan ilmu statistika, bisnis, dan ilmu komputer ini memiliki prospek kerja yang luas, seperti data engineer, data scientist, data analyst, business analyst, serta data architect.

Itulah beberapa jurusan kuliah yang paling banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan memiliki prospek kerja yang luas. Jika Mommies ingin melihat jurusan lainnya, bisa membaca di artikel Gampang Cari Kerja, 9 Jurusan Kuliah ini Banyak Dibutuhkan Perusahaan!

BACA JUGA: 8 Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia, Terakreditasi A!

Ditulis oleh: Nariko Christabel

Cover: Freepik