banner-detik
EDUCATION

6 Universitas Swasta dengan Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia, Bisa Jadi Pilihan Utama!

author

Mommies Daily25 Jul 2024

6 Universitas Swasta dengan Jurusan Hukum Terbaik di Indonesia, Bisa Jadi Pilihan Utama!

Merencanakan sekolah anak di fakultas hukum terbaik? Sederet universitas swasta ini bisa jadi pilihan. Cek daftar lengkapnya di bawah ini!

Jurusan hukum masih menjadi salah satu jurusan universitas favorit di Indonesia. Bukan hanya mengandalkan perguruan tinggi negeri, banyak juga kampus hukum berkualitas yang didukung oleh pihak swasta, loh, Mommies.

Hukum tidak hanya merupakan pilihan karier yang bagus tapi mempunyai masa depan cerah. Menekuni bidang hukum sebagai karier menawarkan peluang untuk kehidupan profesional yang sukses dan memungkinkan orang untuk berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat.

Terlebih lagi sekarang jurusan hukum juga diperlukan di berbagai bidang industri. Nah, memilih kampus hukum yang tepat adalah keputusan penting yang dapat memengaruhi lintasan karier anak.
Sangat penting untuk mengevaluasi pilihan dengan cermat dan mempertimbangkan beberapa faktor sebelum membuat keputusan.

Jika Mommies menganggap kampus hukum yang baik hanya kampus negeri, itu tidak sepenuhnya benar, loh. Buktinya sederet universitas swasta ini punya jurusan hukum terbaik.

BACA JUGA: 8 Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia, Terakreditasi A!

6 Universitas Swasta dengan Jurusan Hukum Terbaik dan Favorit

Cek deretan universitas swasta yang punya jurusan hukum terbaik di Indonesia ini!

1. Universitas Kristen Indonesia

Alamat: Jl. Mayor Jendral Sutoyo No.2, RT.5/RW.11, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur

Kalau Mommies berdomisili di Jakarta dan sekitarnya, ada satu universitas swasta yang jurusan hukumnya sudah menjadi favorit selama berpuluh-puluh tahun. Bahkan banyak mahasiswa dari luar Jakarta bahkan luar pulau Jawa yang secara khusus datang untuk kuliah di sini.

Tak heran karena jurusan ilmu hukum yang ada pun sangat banyak. Beberapa bidang ilmu tersebut di antaranya Hukum Pidana, Hukum Perdata, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Internasional, Hukum Ekonomi, hingga imu Praktisi Hukum.

Selain itu, lokasi kampus ini juga sangat strategis dan bisa dicapai dengan banyak pilihan transportasi umum.

2. Universitas Katolik Parahyangan

Alamat: Jl. Ciumbuleuit No.94, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung

Kalau yang ini merupakan salah satu kampus swasta favorit di Bandung. Universitas Katolik Parahyangan juga memiliki kampus hukum ternama, loh. Sarjana Universitas Katolik Parahyangan berhasil meraih akreditasi “Unggul” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
Kelima Prodi favorit di sana adalah Ekonomi Pembangunan, Ilmu Administrasi Bisnis, Fisika, Manajemen, dan tentu saja Ilmu Hukum.

Lokasi kampus swasta ini sangat nyaman dan saat ini sudah strategis dengan banyaknya kost serta apartemen. Cocok sebagai tempat belajar anak Mommies, ya.

3. Universitas Surabaya

Alamat: Jl. Tenggilis Mejoyo, Kali Rungkut, Kec. Rungkut, Surabaya, Jawa Timur

Jika Mommies tinggal di area Jawa Timur, ada satu kampus swasta ternama yang fakultas hukumnya sangat didamba oleh calon mahasiswa. Fakultas Hukum Universitas Surabaya bisa dibilang yang terbaik yang ada di Jawa Timur.

Hal ini terlihat dari lulusannya yang berkualitas. Dalam konteks penerimaan profesi praktisi hukum, lulusan kampus hukum dari sini banyak memperoleh posisi strategis.

Foto: Pexels

4. Universitas Trisakti

Alamat: Jl. Letjen S. Parman No.1 Kampus A, RT.6/RW.16, Grogol, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat

Kampus swasta yang dikenal dengan nama Kampus Pahlawan Reformasi ini punya banyak jurusan populer dan berkualitas. Salah satunya adalah jurusan hukum yang sudah akridetasi A. Setelah masuk ke jurusan hukum, anak akan diajar untuk memilih peminatan yang lebih sesuai dengan tujuan karier mereka.

Daftar peminatan yang disediakan bagi mahasiswa hukum adalah hukum bisnis, hukum perdata, hukum internasional, hukum pidana, hukum agraria, hukum tata negara, dan hukum acara. Pengajar di kampus swasta ini juga dikenal berkualitas dengan jangkauan alumni yang ada di berbagai perusahaan serta kantor hukum terkenal.

5. Universitas Atma Jaya

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.51 5, RT.004/RW.4, Karet Semanggi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan

Selain Trisakti dan UKI, ada satu lagi kampus swasta di Jakarta yang jurusan hukumnya cukup diperhitungkan, yaitu Universitas Atma Jaya. Salah satu yang membuat jurusan hukum ini bergengsi adalah adanya National Moot Court Competition (NMCC) Piala Frans Seda.

Ini merupakan sebuah Kompetisi Peradilan Semu yang diikuti oleh banyak universitas lainnya dan menjadi ajang untuk menunjukkan wawasan hukum para mahasiswa.

6. Universitas Islam Indonesia

Alamat: Kaliurang St No.Km. 14,5, Krawitan, Umbulmartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta

Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia menjadi salah satu universitas swasta dengan program studi terbaik di Indonesia. Bahkan fakultas hukum mereka masuk dalam daftar fakultas terbaik di dunia.

Selain mendapat peringkat A akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (2018), Fakultas Hukum ini juga telah dinobatkan sebagai Program Studi Hukum Jenjang Sarjana dari Perguruan Tinggi Swasta pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi internasional dari ASEAN University Network on Higher Education for Quality Assurance (AUN-QA) pada tahun 2019 dengan peredikat Better then Adequate.

BACA JUGA: 6 Universitas Tertua di Dunia, Nomor 1 Bukan Harvard atau Oxford!

Ditulis oleh: Imelda Rahma

Foto: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan