banner-detik
EDUCATION

7 Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia Versi BAN-PT, Ada Binus!

author

Mommies Daily22 Jul 2024

7 Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia Versi BAN-PT, Ada Binus!

Tidak hanya negeri, universitas swasta ini juga memiliki jurusan psikologi terbaik dan unggulan. Bisa jadi rekomendasi kuliah anak. Cek daftarnya di sini!

Jurusan psikolog merupakan salah satu jurusan yang paling banyak diminati di Indonesia. Dikenal sebagai bidang keilmuan yang mempelajari tentang manusia dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku tersebut, jurusan ini dikenal sebagai salah satu jurusan yang mempunyai prospek kerja yang luas.

Mulai menjadi psikolog, HRD, dosen, konsultan, guru BK, atau bahkan psikiater. Selain universitas negeri, terdapat juga universitas swasta yang memiliki jurusan psikologi terbaik di Indonesia dan terakreditasi A.

BACA JUGA: 7 Universitas di Indonesia yang Punya Jurusan AI, Yuk, Intip!

8 Universitas Swasta dengan Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia

Berikut Mommies Daily telah merangkum beberapa universitas swasta dengan jurusan psikologi terbaik dan terakreditasi A di Indonesia berdasarkan Badan Akreditasi Nasional-Pendidikan Tinggi (BAN-PT).

1. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas swasta yang terletak di Yogyakarta ini memiliki jurusan psikologi dengan akreditasi A. Melalui kegiatan, pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, jurusan psikologi UII turut mengusung keunggulan Psikologi Islami. Lulusan psikologi UII memiliki peluang karir di berbagai profesi, seperti psikolog, penguji psikotes, manajer/staf Sumber Daya Manusia (SDM), konselor pendidikan, hingga dosen.

2. Universitas Tarumanagara (Untar)

Universitas swasta dengan jurusan psikologi unggulan berikutnya adalah Universitas Tarumanagara, atau yang kerap disebut dengan Untar. Universitas ini bahkan meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), yang berlaku sejak 19 September 2023 – 15 November 2027.

Untar menyediakan banyak kegiatan yang dapat mendukung keaktifan mahasiswa, meliputi Student Exchange, Konferensi Nasional dan Internasional, Penelitian, Magang, serta Pengabdian Masyarakat atau KKN.

3. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Selain Untar, Universitas Ahmad Dahlan atau UAD juga memperoleh akreditasi unggul oleh BAN PT. Universitas yang berdiri sejak tahun 1994 ini memiliki visi utama yakni menjadikan pusat pengembangan psikologi yang berbasis pada komunitas yang dijiwai nilai-nilai Islam serta diakui secara internasional. UAD menawarkan pembelajaran kreatif yang berlandaskan pada nilai kemuhammadiyahan dan keislaman.

4. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Fot: Freepik

Universitas Muhammadiyah Malang yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur ini juga memiliki jurusan psikologi terbaik dengan akreditasi A, loh, Mommies! UMM memiliki tiga program studi sejak tahun 2008, antara lain Sarjana Psikologi, Magister Sains Psikologi, dan Magister Profesi Psikologi. Selain itu, fakultas psikologi UMM juga membuka program kelas internasional untuk menegaskan jalan rekognisi internasional sebagai pusat kajian psikologi terapan berbasis nilai-nilai Islam di Asia Tenggara.

5. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Universitas swasta lainnya yang memiliki akreditasi unggulan adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta. PTS yang satu ini memiliki visi yakni menjadi pusat pendidikan dan pengembangan IPTEKS di bidang Psikologi Islam dan Indigenous yang memberi arah pada perubahan di tahun 2029. Tentunya akreditasi A yang diperoleh oleh UMS tidak lepas dari fasilitas lengkap yang dimiliki dan pengabdian masyarakat dari pihak dosen dan mahasiswanya.

6. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag)

Fakultas psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya atau yang kerap disebut Untag sudah berdiri sejak tahun 1985. Dengan memiliki misi yakni menghasilkan lulusan sarjana psikologi yang kompetensinya diakui secara nasional dan internasional, Untag memiliki empat program studi, antara lain Prodi S1 Psikologi, Prodi Magister Psikologi, Prodi Magister Psikologi Profesi, dan Pendidikan Profesi Psikologi.

7. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Universitas swasta yang terakhir yang memiliki predikat unggulan adalah Universitas Bina Nusantara atau Binus. Fakultas psikologi Binus memberikan kesempatan kepada lulusan mahasiswa dengan prospek kerja yang luas, meliputi HRD, konsultan karir, dosen psikologi, psikoterapis, UX analyst, hingga menjadi market researcher.

Nah Mommies, itulah beberapa universitas swasta dengan jurusan psikologi terbaik di Indonesia dengan akreditasi A versi BAN-PT. Jadi, universitas swasta mana yang jadi favorit Mommies? Semoga bermanfaat informasinya!

BACA JUGA: 10 Universitas dengan Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia 2024, UI Peringkat Pertama

Ditulis oleh: Nariko Christabel

Cover: Freepik

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan