banner-detik
EDUCATION

Anak Remaja Kesulitan Belajar? Psikolog Pendidikan Ungkap Solusinya!

author

Mommies Daily12 May 2024

Anak Remaja Kesulitan Belajar? Psikolog Pendidikan Ungkap Solusinya!

Anak remaja Mommies sedang kesulitan belajar di sekolah? Tenang dan jangan panik, begini cara mengatasinya menurut Psikolog Pendidikan.

Setiap orang tua pasti ingin anaknya punya prestasi dan nilai yang bagus. Sayangnya, tidak semua anak mampu beradaptasi dengan setiap tantangan dan mata pelajarannya di sekolah. Jika Mommies sedang menghadapi kondisi seperti ini, sebaiknya hindari menyalahkan anak secara langsung. Sebab, saat memasuki fase remaja, anak sedang mengalami masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa dan ada banyak hal yang mereka hadapi, salah satunya masalah belajar.

Selain memengaruhi proses pembelajarannya di sekolah, masalah belajar juga akan mengganggu perkembangan mereka. Untuk mengatasi hal tersebut, Mommies Daily berkesempatan untuk bertanya pada Binky Paramitha I., M.Psi, Psikolog, seorang Psikolog Pendidikan mengenai kesulitan belajar pada anak remaja dan cara mengatasinya. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

Tanda-tanda Anak Remaja Sedang Mengalami Masalah Belajar

Jangan lupa dicatat, ini tanda-tanda anak remaja Mommies lagi punya masalah belajar. Menurut Psikolog Binky, masalah belajar pada anak remaja biasanya bisa dilihat dari nilai pelajarannya ada yang menurun atau kehilangan motivasi belajar. Biasanya, anak juga jadi kurang semangat untuk berangkat ke sekolah, ada yang hanya ingin bermalas-malasan di rumah sampai mau bolos sekolah.

BACA JUGA: 9 Aplikasi Belajar yang Menyenangkan, untuk Balita hingga Remaja

Faktor yang Memengaruhi Masalah Belajar pada Anak Remaja

Pada sesi wawancara, Psikolog Binky juga menjelaskan faktor yang memengaruhi masalah belajar pada anak remaja sebagai berikut.

Masalah belajar remaja, terutama yang baru muncul ketika remaja usia SMP ke atas biasanya karena ada masalah dalam pengelolaan emosi, hubungan sosial, atau keterampilan belajar yang belum dimiliki. Contohnya, ada masalah dalam pertemanan, keluarga, atau masalah adaptasi lingkungan. Kemampuan anak tersebut juga bisa dipengaruhi ketika ia masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta menghadapi tantangan lebih besar dan anak tidak mampu mengimbanginya.

Ada empat masalah belajar yang sering dialami oleh anak remaja, di antaranya yaitu, nilai buruk, bolos sekolah, underachieve, dan masalah perilaku di sekolah.

remaja sulit belajar

Foto: Kindel Media on Pexels

Cara Mengatasi Masalah Belajar pada Anak Remaja dan Strategi Belajar yang Efektif

Sebelum mengatasi masalah belajar pada anak, Mommies sebaiknya cari tahu terlebih dahulu masalah utama atau akar masalahnya agar bisa melakukan intervensi atau tindakan sesuai dengan kebutuhannya. Berikut cara yang bisa Mommies lakukan untuk mengatasi masalah belajar pada anak remaja sesuai dengan yang dihadapinya.

  1. Kalau masalahnya di akademis atau kemampuan anak, Mommies harus mencari tahu dulu apa yang bisa membuat anak belajar lebih optimal, misalnya mengulang pelajarannya di sekolah dengan remedial dibantu oleh gurunya.
  2. Jika akar masalahnya karena pertemanan atau proses adaptasi yang membuat anak jadi demotivasi, bisa dibantu dengan konseling Psikolog atau konsultasi ke sekolah.
  3. Terakhir, jika anak mengalami masalah perilaku di sekolah sampai membuatnya mengalami masalah belajar, bisa dibantu dari sisi konsultasi dengan guru BK, konselor, dan Psikolog.

Setelah berhasil mengatasinya, Mommies bisa menerapkan strategi belajar yang efektif dengan cara membantu anak memahami apa yang menjadi kekuatan dirinya, hal apa yang dapat memotivasi/mendukung kemampuan belajar anak, begitu pula sebaliknya. Mommies juga bisa mengajarkan beberapa skill yang dapat membantu anak belajar, seperti keterampilan mencatat, mencari informasi, merangkum, dan mind map.

BACA JUGA: 10 E-Book untuk Anak Belajar Membaca, Dilengkapi Gambar Menarik!

Itu dia penjelasan terkait masalah belajar pada anak remaja dan cara mengatasinya. Semoga penjelasan dari Psikolog Binky bisa membantu Mommies, ya!

Ditulis oleh: Shandya Pricilla

Cover: Andrea Piacquadio on Pexels

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan