banner-detik
EDUCATION

10 E-Book untuk Anak Belajar Membaca, Dilengkapi Gambar Menarik!

author

Dhevita Wulandari08 May 2024

10 E-Book untuk Anak Belajar Membaca, Dilengkapi Gambar Menarik!

Selain buku fisik, e-book online juga sudah banyak di internet, dari yang gratis hingga berbayar. Ini beberapa e-book yang bisa bantu anak belajar membaca.

Buku dengan gambar dan ilustrasi biasanya tidak pernah gagal menarik perhatian anak usia dini. Apalagi kalau Si Kecil belum bisa membaca. Selain menarik, buku yang berisi kombinasi gambar dan cerita dapat menstimulasi anak untuk mau belajar membaca dengan semangat.

Kebiasaan untuk mau belajar membaca buku bisa dimulai sejak anak masih bayi dengan membacakan buku untuknya. Tentunya, buku yang dibacakan harus sesuai dengan usia anak.

Belajar membaca di usia dini juga memberi banyak manfaat bagi anak. Mulai dari merangsang perkembangan fungsi otak, mendapatkan kosa kata baru, meningkatkan daya ingat, melatih pola bahasa, mengasah keterampilan berpikir, meningkatkan imajinasi, meningkatkan kreativitas, menumbuhkan rasa empati, hingga menumbuhkan kedekatan emosional antara orang tua dan anak.

Maka dari itu, jika Mommies memiliki anak yang masih bayi, baduta, dan balita, ini saat terbaik untuk mengajarkan anak belajar membaca sesuai dengan tahapan usianya.

Rekomendasi E-Book untuk Anak

Ini beberapa rekomendasi e-book berbahasa Indonesia yang bisa menstimulasi dan membantu anak untuk belajar membaca.

1. Ayo, Belajar Membaca AIEUO

Foto: Gramedia

Buku ini cocok untuk anak Mommies yang masih belum mengenal huruf, seperti anak pra-TK dan TK yang ingin melanjutkan ke SD. Pembelajaran dimulai dengan semua suku kata, lalu masuk ke tahap merangkai suku kata menjadi kata.

2. Tolong Temukan Ibuku

Foto: ebookanak

Seekor anak burung tidak menemukan ibunya saat ia terbangun dari tidurnya. Petualangan anak burung pun dimulai untuk menemukan ibunya, meski dengan perjuangan yang berat karena ia masih belum bisa terbang.

BACA JUGA: 13 Web Edukasi Gratis yang Interaktif, Anak Jadi Senang Belajar

3. Chipko Mulai Tumbuh!

Foto: ebookanak

Buku ini menceritakan perjuangan seorang gadis bernama Kiki. Ia merupakan seorang gadis Bhotiya yang pemberani untuk menyelamatkan pohon-pohon di desa dengan gerakan Chipko. Uniknya, cara menyelamatkan pohon-pohon tersebut adalah dengan memeluknya.

4. Meera dan Ameera

Foto: ebookanak

Menceritakan tentang kisah persahabatan antara Ameera, seorang anak perempuan dan Meera, seekor landak dengan duri warna-warni. Kedua sahabat ini selalu merasakan petualangan seru setiap harinya, meski masalah yang muncul tidak bisa dihindari dan harus dihadapi.

5. Ketika Hujan Ikan

Foto: Bookbot

Memiliki genre petualangan, e-book ini diadaptasi dari “The Day It Rained Fish” yang ditulis oleh Ramendra Kumar dan Delwyn Remedios. Mengisahkan dua orang sahabat yaitu Avanti dan Ballu yang berjanji untuk tidak tiup lilin lagi karena bisa membuat terjadi hujan kodok.

6. Kucing di Pegunungan Ghat

Foto: bookbot

Suka memotret binatang, Paman Sandi merupakan seorang fotografer yang suka pergi ke tempat-tempat unik. Ia pernah menemukan seekor kucing saat ia berjalan ke Ghat Barat. Kali ini, dia kembali ke sana untuk mencoba menemukan kucing tersebut.

7. Kuda Nil Ingin Menari

Foto: bookbot

Hipo adalah seekor kuda nil yang senang menari. Selain menari, Hipo juga senang dan menyukai pagi hari. Di buku ini, anak bisa menemukan keseruan menari bersama Hipo.

8. Bagaimana Cara Pesawat Bisa Terbang

e-book belajar membaca

Foto: bookbot

Sering ditanyakan anak, bagaimana sih cara pesawat bisa terbang? Jawabannya ada di sini. Buku ini menceritakan bahwa kita juga bisa terbang dengan menggunakan pesawat dan melihat pemandangan yang jauh berbeda serta indah.

9. Yoyo yang Hilang

e-book belajar membaca

Foto: ebookanak

Saat sedang mencari yoyo yang hilang, seorang anak ini malah menemukan hal-hal lainnya. Kira-kira apa, ya?

10. Aum, Aum, Dinosaurus!

Foto: bookbot

E-book terakhir ada Aum, Aum, Dinosaurus. Menceritakan kehidupan Dino yang menyenangkan, ternyata para dinosarus di sini menyukai rumput, lho!

Ini Dino. Mereka suka bersama. Tapi ini tidak! Mereka suka rumput. Tapi ini tidak! Apa kamu suka Dino?

BACA JUGA: Talents Mapping, Bantu Kenali Bakat untuk Anak Maupun Orang Dewasa

Cover: rawpixel.com on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan